Sukses Kembangkan Warhole Store “Bisnis Sepatu”

Sekarang ini bisnis tidak melulu dijalankan oleh orang tua maupun orang yang sudah berkeluarga. Kini banyak anak muda yang mulai terjun dalam dunia bisnis. Bahkan tak sedikit yang berhasil dan meraih kesuksessan. Nah kali ini BisnisUkm.com berkesempatan mengunjungi sebuah store sepatu yang dimiliki seorang pemuda. Berawal dari 10 pasang sepatu kini Ia sukses memiliki brand dan memiliki gerai sendiri. Yuk langsung saja kita simak bagaimana kisah inspiratifnya.

Sukses kembangkan Warhole Store “Bisnis Sepatu”

Founder dan Owner

Seorang pemuda bernama Hamid Muhammad Rosyid merupakan founder sekaligus owner dari Warehole Store. Warehole Store ini berdiri pada bulan November 2017. Pada awal mulanya Ia berbisnis ini bermula dari jualan pakaian second, Ia mencari di pasar loak second yang bermerk. Nah kalau beli yang baru kn mahal yang 1 kaos saja bisa mencapai harga 500.000 ribu. Sedangkan di second bisa mendapat harga 30.000 – 50.000. Nah kemudian Ia jual kembali dengan harga 100.000 sampai harga 150.000. Jadi margin yang didapatkan cukup lumayan.

Pada awalnya Ia memulai menjual kaos second ini paling jauh mencari kaos untuk dijual sampai Tabanan, Bali. Namanya pasar Kodok, nah di pasar ini khusus pakaian second sisa – sisa eksport, sisa pakaian orang lain tapi yang bermerk. Kebanyakan barang – barang tersebut dari luar negeri dan dijual di Indonesia.

Awal Mula Bisnis Sepatu

Dari sanalah Ia mengaku mencari barang – barang yang sekiranya bermerk Layak jual dan kemudian Ia tawarkan di online pada waktu itu. Pada kala itu Ia menjual kaos kaosnya tersebut di Facebook. Sebelum jualan Ia mengaku memang sejak zaman dulu menggunakan pakaian second bermerk.

Jadi menurut pengakuannya saat SMA dulu uang saku yang dimiliki cukup terbatas. Kala itu Ia mengaku mendapat uang jajan hanya 10.000 ribu saja. Sehingga untuk membeli baju saja cukup sulit. Akhirnya Ia menemukan pasar loak yang menjual barang – barang second bermerk. Sudah sejak di bangku sekolah Ia menyukai barang bermerk namun dengan harga yang murah.

Berawal dari hobinya sendiri membeli barang – barag second Ia menjajal untuk dijual. Dan hasilnya pun ternyata cukup menguntungkan. Akhirnya Ia pun menekuni bisnis tersebut selama kurang lebih 1 tahun.

Produk Warehole Berani Bersaing

Untuk produk di Warehole Store ini harga bisa bersaing dengan retail resminya. Barang yang dijual ditempat ini merupakan barang original. Brand luar dan produk lokal. Untuk produk luar harganya bisa setengah bahkan hingga 70% dari harga retail resminya. Jadi misal kalian membeli di mall dengan harga 1 juta di Warehole Store ini kalian bisa dapatkan harga 500.000 atau bahkan 300.000 saja. Barang – barang yang dijual di Warehole Store ini dijamin original. Jadi disini ini ada garansi, ketika tidak yakin disini original maka uang akan kembali.

Untuk memperkenalkan dan memasarkan produk di Warehole Store ini jadi mengedukasi para masyarkaat apabila kalian bisa membeli barang original namun dengan harga yang cukup terjangkau. Dari pada membeli produk KW dengan harga 200.000 padahal dengan 400.000 kalian bisa dapetin produk ori. Pastinya akan lebih bangga karena produk aslinya. Nah untuk meyakinkan konsumen dengan cara mengedukasi seperti itu dan juga promosi.

Pembeda Warehole Dengan Toko Lain?

Lalu apa yang membedakan Warehole dengan toko lain? Yang pertama harga berani bersaing. Bisa dicoba langsung distore tidak hanya online. Jadi konsepnya one stop shopping. Sehingga semua barang ada disini. Tidak semua toko snikers itu ada pparelnya lengkap dari atas sampai bawah. Tapi kalau di Warehole dari atas mulai topi, kacamata, pakaian, jaket, celana, tas, snickers. Itu semua ada di Warehole. Jadi kalau kalian mau ganteng bisa dateng ke Warehole Store begitu kata ownernya.

Target Pasar

Target pasar tentunya khusus untuk anak muda, karena produknya memang untuk anak muda khususnya. Namun makin kesini Ia juga menyediakan untuk semua kalangan, yakni orang tua dan untuk anak kecil.

Terutama baby kids, dari yang umur 5 bulan sudah tersedia. Untuk orang tua biasanya sepatu running dan sejenisnya. Dimana biasanya di mall harganya 1 juta di Warehole ini hanya 400.000 – 500.000. Jika dulunya hanya menyediakan untuk anak muda kini sudah mulai merambah ke orang tua.

Strategi Pemasaran

Target pasarnya melalui online di Fecebook karena dulunya belum marak instagram. Lalu setelah ada instagram Ia pun mengikuti pasar. Kemudian dulu untuk yang wilayah Jogja bisa COD (cash on delivery). Memang agak repot karena harus kesana – kemari. Kemudian setelah itu dicoba untuk membuka toko dan bagaimana respon masyarakat. Maka terus dikembangkan jika kurang maksimal maka akan dimaksimalkan kembali.

Untuk saat ini paling marak marketing melalui instgaram karena dilihat untuk pangsa pasarnya disana cukup menjanjikan. Terutama untuk instagram add, promote pad begitu strateginya, kemudian give away untuk customer. Yang feedbacknya mencari orang untuk follow ig, mengetahui lokasi.

Istimewanya Bisnis Sepatu Snicker

Menurut pengakuan owner Warehole sekrang ini bisnis sepatu snicker masih menjadi barang candu. Ketika sudah membeli satu produk. Kemudian esok ada barang baru pasti ingin membeli dan memilikinya. Ia juga meyakini bisnis sepatu masih akan terus berjalan. Selama orang masih punya kaki pasti masih ada kesempatan dan prospeknya bagus. Tinggal inovasinya saja, dengan menjual pelengkapnya.

Bahkan kini Ia juga mulai menyediakan parfume sepatu, alat untuk menjaga bentuk sepatu. Sampai sedetal itu Ia menjual perlengkapan. Harapannya selalu punya target kedepan. Bisnisnya harus ada visi dan target. Ketika ada visinya pasti akan terpacu untuk mendapatkan hasilnya. Kedepanya ingin membuka cabang, paling dkeat ini target ingin membuka di Solo.

Kemudian selanjutnya membuka kemitraan, namun bukan franchse yang mana lokasinya selain Jogja dan Solo.Ini untuk menyediakan bagi orang – orang yang tidak bisa dijangkau seperti di daerah – daerah lain. Jadi kedepannya Ia ingin Warehole Store ini dikenal oleh seluruh Indonesia.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba