Sukses Memulai Bisnis Distro

outlet distroMenggunakan barang-barang brended, mengunjungi distro, factory outlet dan tempat-tempat yang menyediakan berbagai barang branded, merupakan lifestyle beberapa anak muda di kota besar. Ini yang membuat banyak owner sukses dengan menekuni bisnis fashion, sekaligus bukti bahwa eksistensi clothing dan distro masih bertahan hingga sekarang. Dan mulai banyak lagi yang menginvestasikan modalnya ke bisnis ini.

Clothing adalah istilah untuk menyebut perusahaan pembuat T-shirt. Istilah lengkapnya adalah Clothing Company atau perusahaan yang memproduksi pakaian jadi di bawah merek sendiri, clothing merupakan kategori untuk merek yang mengeluarkan produk pakaian jadi. Pakaian jadi ini sebagian besar adalah t-shirt yang kemudian berkembang ke berbagai perlengkapan yang menunjang gaya hidup seperti kemeja, sepatu, kacamata, jam tangan bahkan mp3 player.

Sedangkan distro merupakan singkatan dari distribution store atau distribution outlet yang fungsinya menerima titipan dari berbagai macam merek clothing company lokal yang memproduksi sendiri produknya( t-shirt, tas, dompet, jaket, dan lain-lain) yang belum punya pemasaran sendiri ataupun sekedar untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan, maka tentunya clothing company sangat berhubungan baik dan saling membutuhkan.

Distro memiliki sifat eksklusif atau cenderung tidak menjual banyak produk untuk setiap desainnya. Beberapa Clothing Company memang membatasi kuantitas produknya dengan hanya satu kali produksi untuk satu desain. Distro juga memiliki suasana akrab sehingga konsumen merasa nyama untu mampir dan berbelanja.

Walaupun bisnis distro terkesan indie, namun efeknya bisa menggeser merek-merek lokal yang bermodal beser. Keunggulan distro adalah penyediaan produk yang memiliki desain yang sangat eksklusif baik berupa tulisan atau gambar yang memiliki makna lebih yang bisa menarik perhatian orang-orang muda yang selalu ingin tampil beda.

distroJika Anda sudah siap melangkahkan kaki di bisnis ini, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal yang mungkin terlihat sederhana namun ini akan membuat bisnis Anda siap bersaing. Langkah pertama yang harus kita lakukan dalam memulai bisnis distro atau clothing company adalah:

1. Memilih nama dan mendesain logo perusahaan.

Nama tersebut harus menarik perhatian dan kepercayaan dari calon konsumen potensial yang kita sasar, Sebelum memutaskan nama perusahaan, pertimbangkan dulu konsep desain logo. Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang tenaga desainer ahli untuk menyampaikan tipe, karakter atau konsep melalui logo atau simbol, Oleh karena pentingnya logo maka tidak heran para pengusaha besar berani mengeluakan dana yang sangat besar untuk membayar konsultan atau desainer handal. Sebaiknya desain logo atau lambang tidak rumit, cukup dengan kata aau gambar yang sederhana namun bisa mewakili konsep anda dan mudah di ingat tentunya.

2. Coba untuk menghubungkan nama atau logo dengan bidang bisnis atau konsep bisnis.

3. Mencari atau mengefaliasi pasar yang menjadi target pemasaran. Cara manual dalam mencari segmen pasar adalah melalui promosi mulut ke mulut pada teman-teman atau komunitas yang kita punya. Kemudian bisa membuat brosur untuk promosi atau membuat stiker logo untuk dibagikan secara gratis kepada teman-teman atau komunitas. Memulai usaha clothing dapat dimulai dengan modal yang tidak begitu besar, yang paling penting memiliki kemampuan, memiliki tekad yang kuat, komunikatif dan memiliki ruang lingkup atau komunitas.

sumber gambar : Tim Bisnis UKM

94 Komentar

  1. gan gimna cara ngebuang barang nya .sedang kan kan saya produk si kaos distro…saya bingung cara ngebuang nya
    .

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com, untuk membantu Bapak Adam mempromosikan bisnis kaos distro, berikut ini kami informasikan beberapa konsep pemasaran yang bisa dijalankan, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  2. Aku ga tau apa” ttg usaha distro,dan minim pengalaman ttg bisnia,
    tpi aku tertarik untuk punya usaha itu,.
    Bisakah aku di kasih sedikit pencerahan ttg hal itu boss,.?

  3. saya berminat jadi pengusaha distro
    Kayaknya gampang , tapi apa semudah itu
    Apa modalnya harus gedhe

    • modalnyaa sktr 800jt,tpi tu udah total,mulai dari gaji kryawan,biaya produksi, pajak , n pnyusutan prlatan

  4. Untuk yang ingin memulai bisnis clothing atau distro, bisa mengunjungi website kami.

    Anda tidak perlu modal untuk menyetok barang, karena dengan menjadi member kami Anda bisa melakukan sistem dropsipping.

    Jadi ketika ada pembeli saja, anda melakukan pemesanan. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang takut rugi dan barang tidak laku.

    Keuntungan menjadi member kami adalah, anda akan mendapatkan cashback Rp. 250.000 setiap 50 pcs pembelian. Jadi ketika anda dalam 30 hari bisa menjual produk kami sebanyak 50 pcs maka Anda akan mendapatkan bonus Rp. 250.000.

    Setiap produk yang Anda jual, anda mendapatkan keuntungan Rp. 20.000 per pcs dari harga di catalog yang sudah kami siapkan untuk anda.

    Jadi total keuntungan Anda adalah (Rp. 20.000 x 50 pcs ) + cashback Rp. 250.000. Jadi total keuntungan yang anda dapat adalah Rp. 1.250.000,- Lebih besar dari UMR kalo anda jadi karyawan.

  5. rencana saya akan memulai bisnis distro,tapi saya belom tau bagaimana cara saya berhubungan dengan distro di bandung yg bisa jadi partner bisnis.

  6. mantabbb…
    kira2 dalam kalkulasi awal bisa berapa juta ya unutk proses berdirinya????
    maaf ini belom hitung hasil gan hanya unutk membuka saja gitu (modal) ?

  7. Saya tertarik dg bisnis distro. Saya di sumatera barat,bgaimana cra saya terhubung dg distro dbandung yg bs jd pathner bisnis.

  8. bagai mana cara mencari grosir kaos2 seperti D’MOCHIST,KIDDROCK,VOLCOM,347,dsb tanpa harus bertanya melalui pemilik distro?

    • konsep dlm stategi pemasaran dgn sasaran daerah yg d tuju
      cr baju d bandung sementara distro dl br choting

  9. TOLONG BERI SEDIKIT PENCERAHAN, MASTER….
    ADA TAU TEMPAT GROSIR TERMURAHKAN??
    ATO TEMPAT PENJUAL MESIN CETAKAN BAJU YANG BAGUS DAN MURAH??
    TOLONG KIRIM KE EMAIL SAYA….

  10. Selamat siang .
    Saya sangat tertarik dengan bisnis ini dan saya ingin memulainya .
    Tapi kendalanya saya belum berpengalaman dalam bisnis ini. Dan ngga tau marketingnya gimana .
    Udah gtu ga tau agen/distributor (yg branded/bukan) .
    Tolong ya kasih infonya ke email saya ini .
    Mksh

  11. minta tolong nama2 distributor yg nyediain baju2 murah dong,mau gabung jg gimana ya? minta tolong buat estimasi biaya awal, mohon bimbingannya ya

Comments are closed.