Menyulap Sampah Kaca menjadi Bisnis Daur Ulang, Wow!

Sampai saat ini sampah merupakan masalah serius di negeri ini, terutama di kota-kota besar dengan jumlah penduduk yang melebihi batas. Dengan teknologi yang tepat,  sampah yang tadinya menjadi masalah sebagai barang buangan, kotor, berbau, menimbulkan penyakit dan mencemari lingkungan dapat menjadi peluang bisnis daur ulang.

Sampah anorganikbisa membantu mengembangkan industri daur ulang (recycling). Kertas bekas akan di daur ulang oleh industri kertas, sampah plastik dan kaca akan di daur ulang menjadi bahan baku industri, sedangkan sampah organik dapat mengembangkan industri pengolah kompos menjadi pupuk organik dan juga dapat diolah menjadi industri energi/industri bahan bangunan.

Daur ulang adalah salah satu cara yang digunakan untuk meminimalkan jumlah sampah yang ada untuk meningkatkan nilai ekonomisnya menjadi barang-barang yang berguna. Daur ulang merupakan proses untuk
mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru.

Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik. Meskipun mirip, proses pembuatan kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam, tidak dikategorikan sebagai proses daur ulang. Daur ulang lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi.

menara kaca

Salah satu usaha daur ulang adalah daur ulang pada produk berbahan kaca. Banyak cara yang digunakan oleh para pengrajin untuk menyulap sampah kaca menjadi bisnis daur ulang dengan cara memanfaatkan kaca-kaca bekas sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan. Salah satunya adalah benda seni berupa kerajinan gelas dari bahan pecahan kaca. Selain terkesan mewah, bentuknya yang unik akan menarik para konsumen. Ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan dengan kerajinan berbahan baku pecahan kaca.

Bahan yang dibutuhkan adalah pecahan kaca atau pecahan botol bekas, toples bekas dan apa saja yang berbahan kaca. Bahan baku tersebut dibersihkan dari bahan kontaminan, dicuci hingga bersih dan dilebur dalam tungku pemanas bersuhu 1.500 derajat Celcius selama 24 jam. Setelah benar-benar meleleh, selanjutnya kaca itu dibentuk sesuai dengan keinginan. Dapat juga dipakai sebagai bahan bangunan dan jalan. Sudah ada Glassphalt, yaitu bahan pelapis jalan dengan menggunakan 30% material kaca daur ulang. Proses lainnya yang juga bisa dilakukan adalah bahan kaca yang sudah didapat dilakukan pemotongan dan dimodifikasi sesuai desain yang diinginkan misalnya dalam bentuk mainan maupun kerajinan.

Berbagai bentuk dapat di bentuk dari limbah-limbah kaca itu menjadi bentuk baru dengan nilai tambah didalamnya. Mulai vas, kap lampu, maupun bentuk baru berupa mainan, antara lain, berbentuk senjata api, kereta api, mobil, helikopter, sepeda motor, andong, becak, dan alat musik drum, gapura, lampu hias dan yang lainnya. Harga yang ditawarkan pun cukup bervariasi yaitu mulai dari Rp 20 ribu hingga Rp 15 juta tergantung ukuran dan tingkat kerumitan proses pembuatan.

Sumber gambar: http://www.treehugger.com/files/2007/08/now_thats_what.php,  http://menara-kaca.blogspot.com/

278 Komentar

  1. Semangat ibu, selamat anda telah menjadi sumber inspirasi pembaca lainnya khususnya anda berhasil membuat terobosan yg luar biasa. Sekali lagi selamat dan sukses.

  2. Saya punya ide kreatip dengan limbah kaca,tapi saya terbentur dengan modal,kira kira ada solusi ga ?

  3. pak numpang tanya kira2 bisa ndak buatkan tabung kaca untuk sisa(bong rokok timur tengah) jika bs sy pesan banyak

  4. Tolong minta nomer telp pengrajin tasbih dari limbah kaca dong yg alamatnya d desa plumbon gambang kec.gudo kab.jombang jawa timur, saya butuh banget minta infonya ya tlg kirim aja k alamat email saya. Makasih. D tunggu banget yaa

  5. mohon diberikan informasi mengenai mesin, harga per kg dan ketesediaan stock limbah kaca

  6. Agan_agan yg tau alat pelebur kaca apa Nama nya dan Jual nya d mna kasih tau ya masalah info x

  7. Saya jga minat untuk usaha daur ulang kaca&dimna kah sya bisa belajar/mesin buat melebur kacanya berapaan harganya?

  8. kalau saya mau jual kaca bekas clear daerah jogja kmn y mas
    mohon saran nya dan balas k email saya nuno.pereira.bks@gmail.com
    Terima Kasih

  9. Saya ada stok kaca bekas banyak tebal 10-12mm(bukan tempered), mau dijual segera, ada yg minat? Lokasi Jakarta, hub. Email saya erwindo@gmail.com

  10. Selamat pagi,,, saya tertarik untuk usaha daur ulang kaca/gelas. Dimana bisa beli 1 paket mesin pengolahannya ?

    apa ada insentif tertentu dari pemerintah yang membantu pengusaha daur ulang limbah kaca/gelas ? apa berupa pajak dsb.

    terima kasih.

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk informasi mesin UKM bisa Bapak Benny peroleh di Anekamesin.com yang beralamatkan di Jl. Magelang KM. 13 Triharjo, Sleman Yogyakarta atau bisa juga menghubungi (0274) 6945 660 atau SMS 081 227 799 912. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

  11. saya mhn info lbh laanjut..pesen mesin pelelehan kaca dimana dan alamat usaha ini dimana..biar bs belajar..makasih

Comments are closed.