Susu Kedelai, Minuman Fungsional Kaya Protein

susu-kedelai1Kedelai memiliki nilai gizi yang sangat baik dan memiliki cukup banyak vitamin dan mineral. Kadar protein kedelai cukup tinggi, yaitu mencapai 35,6 % (berat kering), bahkan pada varitas unggul kadar proteinnya dapat mencapai 40 % – 43 %.

Dibandingkan dengan beras, jagung, tepung singkong, kacang hijau, daging, ikan segar, dan telur ayam, kedelai mempunyai kandungan protein yang lebih tinggi, hampir menyamai kadar protein susu skim kering.

Bila seseorang tidak boleh atau tidak dapat makan daging atau sumber protein hewani lainnya, kebutuhan protein sebesar 55 gram per hari dapat dipenuhi dengan makanan yang berasal dari 157,14 gram kedelai. Asam-asam amino lysine, leusin, dan isoleusin merupakan asam amino yang terdapat dalam jumlah yang cukup tinggi.

Susu kedelai adalah salah satu hasil pengolahan yang merupakan hasil ekstraksi dari kedelai. Protein susu kedelai memiliki susunan asam amino yang hampir sama dengan susu sapi sehingga susu kedelai seringkali digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi mereka yang alergi terhadap protein hewani.

Susu kedelai merupakan minuman yang bergizi tinggi, terutama karena kandungan proteinnya. Selain itu susu kedelai juga mengandung lemak, karbohidrat, kalsium, phosphor, zat besi, provitamin A, Vitamin B kompleks (kecuali B12), dan air. Namun perhatian masyarakat kita terhadap jenis minuman ini pada umumnya masih kurang.

Susu kedelai ini harganya lebih murah daripada susu produk hewani. Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi dan peralatan yang sederhana, serta tidak memerlukan keterampilan khusus. Penggunaan air sumur dapat menghasilkan susu kedelai dengan rasa yang lebih enak.

Untuk memperoleh susu kedelai yang baik, kita perlu menggunakan kedelai yang berkualitas baik. Cara pembuatan susu kedelai adalah sebagai berikut:

SUSU  KEDELAI

Bahan:
Kedelai 1 kg
Gula
Garam
Jahe/pandan/penambah rasa lain
Air 3 liter

Alat :
Waskom
Panci
Kompor
Blender
Kain saring

Cara Pembuatan :

  1. Kedelai direndam dalam air selama 1 malam
  2. Direbus selama 15 menit pada suhu 70 derajat Celsius
  3. Ditiriskan dan didinginkan, kemudian dikupas dan dicuci sampai bersih
  4. Diblender dengan penambahan air sebanyak 3 liter untuk setiap kg kedelai kering
  5. Dididihkan sebentar, lalu disaring menggunakan kain saring
  6. Filtrat yang diperoleh adalah susu kedelai yang sudah siap ditambah gula dan penambah rasa

(Sumber gambar: http://hidupsehatonline.com/)

114 Komentar

  1. Saya ingin bertanya, Apa pengawet yang alami agar susu kedelai bertahan lama? terima kasih dan mohon bantuannya. dan bagaimana cara membuat susu kedelai bubuk, trimakasih kami rtunggu jawabanya

  2. Pak, saya sedang usaha susu kedelai, namun pasarnya masih terbatas yang pagi saja, karena sese yang saya buat hanya bisa bertahan max sampai jam 12.30 pm, padahal matang sekitar jam 2.30 am. Saya ingin tahu, gmn caranya biar bisa awet, minimal sampai esok hari lagi, tanpa bahan pengawet n kulkas. Mohon bantuannya, Pak. Tq. GBU

  3. Hello..
    saya sedang menjalani usaha susu kedelai, mohon petunjuk & bantuannya..
    akhir2ni saya buat susu kedelai kok tidak berhasil ya.. padahal cara & ukuran pembuatan sama seperti yg sebelumnya,penyebab susu kedelai pecah / menggumpal / bahkan hampir mjd tahu itu apa ya??????
    oya ciri2 kacang kedelai yg baik utk buat susu kedelai yg bgmn????
    Mohon bantuannya..

    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih ^^

  4. saya punya rencana ingin buka usaha susu kedelai. bisa minta resep susu kedelai yang enak? dan bahan pengawet alami supaya susu kedelai bisa tahan lama?kira2 sampai berapa lama susu kedelai bisa tahan? ciri kacang kedelai yang baik seperti apa ya? dan saya rencana ingun membuat susu kedelai aneka rasa, tapi dari buah asli bukan menggunakan essens, bagaimana menurut bapak? terimakasih..
    0274-413263, 08176068056

  5. Saya ingin bertanya, Apa pengawet yang alami agar susu kedelai bertahan lama? terima kasih dan mohon bantuannya.

  6. mohon informasi cara pembuatan susu kedelai(detail),tahan brp lama,bagaimana agar tahan lebih lama,
    trima kasih

  7. mau mencoba usaha susu kedelai tapi belum tahu cara detailnya.
    mohon bantuannya :
    1. cara mengetahui kualitas kedelai yang baik
    2.cara membuat detail
    3.ketahanan susu kedelai dengan dan tanpa bahan pengawet
    4.prospek usaha susu kedelai
    terima kasih dan sukses…..

    02199073646

  8. Seperti pertanyaan2 yang sudah banyak di ajukan, saya membutuhkan info tentang:
    1.Berapa lama susu kedelai bisa bertahan (dalam bentuk kering & cair,di simpan dengan suhu biasa & suhu dingin).
    2.jika ingin menggunakan bahan pengawet, merek apa yang aman?
    3.bagaimana cara membuat susu kedelai serbuk?
    4.mesin untuk packing susu cair, &serbuk,dimana saya bisa dapat info yg akurat, termasuk harganya.
    terimakasih.

  9. Salam kenal…kakak saya baru mencoba memulai usaha pembuatan susu kedelai, untuk itu mohon bantuan serta informasi mengenai beberapa hal, yaitu :
    1. Susu kedelai tanpa pengawet tahan berapa lama?
    2. Dapatkah ditambahkan bahan pengawet? apa namanya? belinya dimana? berapa takarannya? apakah ada efek sampingnya jika susu kedelai diberi bahan pengawet?
    3. Bagaimana seharusnya warna susu kedelai yang baik?
    4. Bagaimana mengatasi susu kedelai yang menggumpal?
    5. Rasa apa saja yang bisa dicampur untuk susu kedele selain coklat dan natural?
    6. Adak efek samping negatif jika mengkonsumsi susu kedelai dengan jangka waktu yang lama?
    Terima kasih dan sukses selalu…
    BR, arikamaya, 021-32223796

  10. SALAM SEJAHTERA….AKU MOHON BANTUAN PETUNJUK BAGAIMANA CARA UNTUK MEMBUAT SUSU KEDELAI MENJADI AWET/TAHAN HINGGA BEBERAPA MINGGU MASALAHNYA AKU MAU MENJUAL MINUMAN SUSU KEDELAI MENGGUNAKAN CUP.SEBAIKNYA AKU MENGGUNAKAN BAHAN APA DAN TAKARANNYA/PERBANDINGANNYA BERAPA. ATAS PETUNJUK DAN PERHATIANNYA SAYA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH. 081584640024

  11. nama saya anis, saya ingin memulai bisnis susu kedelai rumahan, tolong beri tau trik trik agar bisnis saya cepat berkembang, terimakasih…..
    no hp. 081326066494

  12. Mohon bantuan pencerahan. Nama saya Rafiif saat ini saya baru menjalankan usaha susu kedelai sekala rumah tangga dalam wadah cup disegel, permasalahan saya saat ini adalah mengenai ketahanan kualitas susu kedeleai saya tidak sampai satu minggu. Saya bertanya mengenai: 1.bagaimana cara membuat agar susu kedelai awet dalam kemasan cup ataupun kantung plastik biasa?
    2.apakah perlu penambahan bahan pengawet? kalau perlu merk yang disarankan apa dan belinnya dimana?Apakah aman dikonsumsi?
    3.campuran apa saja yang dapat membuat susu lebih enak diminum dan tidak bauh dan berlendir?
    4.Jika ingin menambah rasa merk perasa apa yang disarankan(kalau bisa pas buat usaha kecil)?.
    Demikian pertanyaan saya, saya ucapkan beribu terimaksih atas bantuan pencerahannya. semoga kita semua dapat menjadi wirausahawan yang sukses. Amin
    No HP. 085 63 868868

  13. salam kenal….
    saya sedang melakukan trial susu kedelai yg pas dan ekonomis untuk usaha.
    sering saya dapati warna kedelai yg tdk bagus ( tidak seprti warna susu sapi).
    dan saat penyimpanan ada endapan yg jelas nampak (padahal sdh berkali2 di saring). dan juga terdapat endapan/lapisan pada permukaan atas (menempel di bungkus plastik).

    trimakasih,
    aris
    arisankim@gmail.com

  14. pengawet buat susu kedelai yang sesuai dengan standar kesehatan seperti apa?dan perbandingannya seperti apa?

    maju terus susu kedelai…….
    saya butuhkan tentang :
    1.proses pembuatan susu kedelai agar awet dalam kemasan plastik dan tidak menggumpal.
    2.bahan bumbu cmpuran untuk membuatnya yang mak nyus.
    3.jika menginginkan rasa buah/ coklat sebaiknya menggunakan bahan apa
    Tolong Dong siapa aja,butuh banget soalnya.
    makasih semuanya

  15. waduh ,ko belum ada jawaban ya? bagi teman teman yang punya info yang saya butuhkan tentang :
    1.proses pembuatan susu kedelai agar awet dalam kemasan plastik dan tidak menggumpal.
    2.bahan bumbu cmpuran untuk membuatnya yang mak nyus.
    3.jika menginginkan rasa buah/ coklat sebaiknya menggunakan bahan apa
    Tolong Dong siapa aja,butuh banget soalnya.
    makasih semuanya

  16. ass, kami baru blajar membuat susu kedelai, tp kmrn koq baruu 1/2 hr sdh basi ya……mohon bantuannya gmn carax agar susu kedelai bisa lebih tahan lama, pake bahan pengawet apa? atau mungkinn cara proses pembuatanx yg salah yaa…tlg dijelasin. tks bnyk ats bantuannya

    HP 08125597074

  17. Mohon info bahan pengawet apa yang diperbolehkan ditambahkan ke susu kedelai supaya bisa tahan lama ?

  18. aya fitri tolong bantu saya dengan menjawab pertanyaan saya ya…
    1.cara penbuatan susu kedelai yang baik,
    2.apa saja bumbu / campuran agar susu lebih enak di minum tidak hanya tidak berbau langu.
    3.andai kita menginginkan rasa buah / coklat / lainnya bahan apa yang kita tambahkan.
    3.bagaimana membuat susu awet dalam kemasan plastik
    Mohon agar Bapak / Ibu menjawab pertanyaan saya ini,karena yang minggu kemarin belum mendapat tanggapan. harap kirim di E mail / no HP saya.
    terimakasih.
    f.nadeak@yahoo.com

  19. Dh bisnisukm.com, saya tertarik dengan usaha susu kedelai. Seperti pertanyaan2 dari rekan2 sebelumnya, saya mau dong dikirimkan artikel atau materi2 yang membahas tentang cara pembuatan susu kedelai yang baik, pengawetan, prospek usaha susu kedelai dan informasi yang perlu diketahui bagi pemula.
    Ditunggu informasinya ya mas…. :-)
    salam
    Saiful

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  20. saya Raka yang minggu kemarin menanyakan soal:
    1.cara penbuatan susu kedelai yang baik,
    2.apa saja bumbu / campuran agar susu lebih enak di minum tidak hanya tidak berbau langu.
    3.andai kita menginginkan rasa buah / coklat / lainnya bahan apa yang kita tambahkan.
    3.bagaimana membuat susu awet dalam kemasan plastik
    Mohon agar Bapak / Ibu menjawab pertanyaan saya ini,karena yang minggu kemarin belum mendapat tanggapan. harap kirim di E mail / no HP saya.
    terimakasih.
    rakawahyuni@yahoo.co.id
    (081 231 651 642)

  21. Salam hormat.Saya Raka yang sedang menjalankan usaha susu kedelai sekala kecil.Yang ingin saya tahu: 1.bagaimana cara membuat agar susu kedelai awet dalam kemasan plastik.2.apakah perlu penambahan bahan pengawet,adakah yang baik dan Tidak berbahaya.3.bumbu /campuran apa saja yang dapat membuat susu lebih enak diminum bukan hanya tidak berbau langu.4.jika ingin menambah rasa buah,coklat atau lainnya sebaiknya menggunakan apa? demikian,mohon jawaban dikirim melalui E mail atau Hp saya.terimakasih.
    rakawahyuni@yahoo.id.com
    [081 231 651 642]

  22. bapak/ibu..
    saya butuh informasi lengkap mengenai mesin u/ membuat sule, dan juga bahan pengawet u sule supaya lebih tahan lama.

    terimakasih

  23. saya minta tlg untuk menginformasikan tips2 agar susu kedele lebih awet,,, maklum lah baru mau usaha baru,,,,buat nambah2 uang saku kuliah

  24. maaf pak, saya mau tanya bagaimana susu kedelai yang telah disimpan dalam keadaan panas didalam botol gelas bisa tahan lama?

  25. Met siang Bpk/Ibu…..saya berkeinginan utk merintis usaha susu kedelai,untuk itu saya mengharap petunjuk, bimbingan dan asuhan buat kami agar kami bisa menjalankan usaha ini mulai dari awal dapat berjalan lancar, AMIN….
    atas perhatiannya kami ucapkan banyak-banyak terima kasih….kami tunggu info dan tips-tips dalam usaha ini.(HP:081236016343)

  26. saya juga ingin menanyakan hal yang sama, agar lebih awet tapi tidak menggunakan bahan pengawet bisa gak pak ???? makasih

Komentar ditutup.