Tertarik Jadi Pengusaha Sukses? Cobain Bisnis Kolam Pemancingan Ikan

tertarik-jadi-pengusaha-sukses-cobain-bisnis-kolam-pemancingan-ikan

Bisnis kolam pemancingan bisa kamu cobain lho buat kamu yang tertarik menjadi pengusaha sukses. Bisnis yang satu ini dianggap cukup menjanjikan. Sebenarnya apapun yang dikerjakan, bila ditekuni dengan baik dan benar serta bisa melihat peluang bisnis, tentu akan menuai hasil yang besar. Setidaknya, begitulah kiat bisnis yang dilakoni jika ingin jadi pengusaha sukses.

Misalnya saja jika ingin menjadi pengusaha sukses bisnis kolam pemancingan ikan. Maka anda harus mengetahui pasar yang akan dituju. Sekarang ini Bisnis kolam pemancingan ikan telah menjadi tren bagi semua kalangan, bukan saja untuk para penghoby memancing, tapi sekarang telah merambat untuk semua orang.

Kenapa seperti itu? Iya karena memancing dikolam siapa saja bisa melakukannya.  Dengan memancing di kolam pemancingan, setiap orang akan dapat dengan mudah memancing ikan tanpa trik dan keahlian khusus, karena biasanya para pemilik kolam akan menyediakan ikannya dalam keadaan lapar sehingga mudah untuk dipancing. Jadi semua orang bisa memancing dengan tidak harus bersusah payah dan kepanasan untuk mendapatkan ikan.

Ingin Jadi Pengusaha Sukses? Cobain Bisnis Kolam Pemancingan Ikan

1. Peluang Bisnis

Jika kita bisa melihat peluang bisnis, bisnis kolam pemancingan bisa menjadi bisnis yang menggiurkan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup lumayan. Selain karena memancing siapa saja bisa melakukannya, tentunya yang memiliki hobi memancing pun lumayan cukup banyak.

2. Prospek

Bisnis ini dianggap prospeknya sangat cerah dan terbuka luas untuk siapa pun yang ingin terjun mengelola. Hal ini dikarena bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang tidak akan mati ditelan perkembangan zaman. Ini dibuktikan sejak zaman dahulu bisnis ini sampai sekarang tak pernah sepi penggunjung. Semakin banyaknya.

3. Memulai Bisnis

Lantas apa yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis ini? Memulai bisnis ini tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya adalah menyiapkan lahan untuk membuat kolam pemancingan, menyiapkan berbagai bibit ikan, kolam tambahan membuat sarana prasarana dan menyiapkan fasilitas alat pancing dan lain-lain.

4. Pengolahan Bisnis

Pengelolaan bisnis kolam pemancingan ini relatif cukup mudah dan persaingannya tidak terlalu ramai. Kolam pemancingan banyak sekali penggemarnya mulai dari penggemar mancing, keluarga yang butuh rekreasi, anak-anak muda, orang yang senang hobi memancing dan banyak lagi kalangan lain yang meminatinya.

5. Pelaku Bisnis

Siapa yang menjadi pelaku bisnis ini? Tentunya semua orang bisa melakukanya. Siapapun bisa untuk menekuni bisnis yang satu ini. Ini dikarenakan mudahnya menjalani dan mengolah bisnis kolam pemancingan ikan. Asalkan ada modal usaha apapun bisa dilakukan.

6. Pelanggan

Tak perlu diragukan lagi pelanggan akan bisnis yang satu ini lumayan cukup banyak. Banyaknya yang menyukai hobi memancing ini menjadikan usaha yang satu ini banyak penggemarnya. Bahkan bukan hanya yang menyukai hobi memancing saja. Biasanya mereka sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga untuk memancing dan kemudian ikan yang diperoleh dimasak dan disantap dilokasi langsung.

7. Pemilihan Lokasi

Memilih lokasi yang strategis yang mudah untuk diakses oleh kendaraan dan mudah untuk dicari menjadi keunggulan tersendiri. Siapkan lahan yang luas untuk membuat kolam utama dan kolam tamabahan. Jika kamu tidak memiliki cukup lahan maka kamu bisa bekerjasama dengan pemilik lahan dengan sistem sewa.

8. Inovasi Yang Kreatif

Jika biasanya para pebisnis kolam pemancingan ini hanya menyediakan kolam pemancingan dan tidak menyediakan fasilitas lainnya. Tidak ada salahnya jikalau kamu lebih kreatif untuk meningkatkan penjualan. Seperti apa caranya? Sediakan fasilitas rumah makan yang mengolah ikan dari hasil pancingan. Tentunya dengan adanya inovasi ini menjadi daya tarik dan nilai tambah tersendiri pada bisnismu. Pelanggan yang datang pun tentunya menjadi cukup banyak karena tidak hanya meliputi pemuda ataupun bapak-bapak. Namun dengan adanya fasilitas tersebut tentunya akan menarik minat para keluarga untuk menikmati ikan segar dari hasil pancingan langsung.

9. Strategi Promosi

Mengenalkan tempat bisnis baru memanglah tidak mudah. Pastinya pada awal-awal akan sedikit kesulitan. Namun bersabarlah dan tekun dalam memulai bisnis tersebut. Teruslah belajar dan terus belajar, salah satunya dengan terus meningkatkan sistem promosi. Jika pada awal mulanya kamu mencoba dengan menyebarkan brosur ataupun memasang pamflet. Sekarang ini kamu bisa mencoba pemasarannya melalui media sosial dengan terus gencar melakukan promosi. Kamu bisa merambah berbagai medsos seperti iklan di facebook, instagaram, melakukan penwaran di whatsapp, line atau juga bisa melakukan promosi di youtube. Untuk menarik perhatian pelanggan kamu bisa memberikan promo besar-besaran dengan memberikan diskon potongan harga atau voucher.

10. Tarif Biaya Pemancingan

Tarif pembayaran di kolam pemancingan dihitung dari berat ikan yang diperoleh saat memancing. Misal: Tombro per kilogram Rp 23.000, Nila Rp 21.000 dan Lele Rp 16.000 per kilogram.

11. Hambatan Yang Dihadapi

Tidak ada bisnis yang terbebas dari hambatan dan tantangan. Semua pebisnis pasti pernah mengalami kesulitan-kesulitan dalam menjalankannya. Tinggal bagaimana kamu menghadapi dan kreatif dalam menghadapi segala masalah yang menjadi hambatan tersebut. Resiko yang akan kamu hadapi ketika menekuni bisnis yang satu ini adalah terkendala masalah musim yang menjadikan ikan mudah terserang penyakit dan mati maka tidak ada salahnya memberikan fasilitas rumah makan untuk membuat pelanggan tetap datang untuk meski pemancingan sedang sepi, masa dimana akan sepi pengunjung dan banyaknya pesaing untuk itu perlu adanya inovasi dan mengadakan strategi promosi secara berkala.

Kiat Sukses Bisnis Kolam Pemancingan

Untuk kiat sukses berbisnis kolam pemancingan ikan maka yang harus disiapkan adalah kita harus memliki tempat usaha yang cukup luas. Bisa dengan  bekerjasama dengan pemilik lahan dan menerapkan sistem sewa. Kalau bisa lokasi mudah dijangkau dan berada di tempat strategis untuk memudahkan konsumen melihat dan mendatangi tempat kita.

Bisa saja kamu membeli kolam jadi ataupun kalau tidak kita bisa membuat kolam terlebih dahulu. Setelah ada beberapa kolam maka kita bisa mengisi bibit ikan antara lain ikan mas, bawal, gurame, patin ataupun nila.

Jika kita ingin cepat memulai maka masukkan saja ikan yang besar sehingga dapat menarik minat konsumen. Untuk kelangsungan usaha maka kita memerlukan karyawan antara lain untuk penjaga dan bila kita menyatukan usaha tersebut dengan rumah makan maka tentunya kita perlu koki dan pelayan. Karena tidak mungkin kita menjalankan dan mengerjakan bisnis itu sendiri tanpa bantuan orang lain.

Sebelum Memulai Bisnis Kolam Pemancingan Berikut Ada Tipsnya

Sebelum kamu memulai bisnis alangkah lebih baiknya kamu memperhatikan dulu persiapan apa saja yang kamu butuhkan dan apa saja yang perlu kamu persiapkan.

  1. Menyiapkan lokasi yang strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat, menyiapkan lahan yang luas untuk sarana dan prasarana kolam pemacingan, memilih lokasi yang cukup ramai dan mudah untuk diingat, penataan sarana dan prasarana harus sesuai dan benar agar pengunjung merasa nyaman dan betah.
  2. Membuat kolam pemancingan harus diawali dengan membersihkan lahan, menyiapkan beberapa kolam utama dan tambahan untuk proses pembibitan hingga pemisahan ikan.
  3. Menyediakan fasilitas dan alat-alat pemancingan.
  4. Melakukan pembersihan kolam secara berkala agar ikan sehat dan air selalu bersih dan tidak bau. Menjaga kelembaban suhu air
  5. Rutin melakukan pengontrolan terhadap bibit ikan dan air. Pemberian pakan dan juga pembasmian penyakit, jamur dan hama yang dapat membuat ikan terserang oleh berbagai penyakit.
  6. Menyiapkan biaya insvestasi setiap bulan, rincian biayanya, analisa keuntungan dan lain-lain.

Semoga hal tersebut dapat membantu kamu dalam mempersiapkan bisnis yang satu ini. Semoga sukses!

Sumber Gambar: https://www.pegipegi.com/travel/7-pantai-menawan-buat-mancing-seru-saat-liburan-di-bali/

75 thoughts on “Tertarik Jadi Pengusaha Sukses? Cobain Bisnis Kolam Pemancingan Ikan”

  1. Saya mau bka kolam pncing bwat lmba mingguan galatama lele,tpi lkasinya dblkang rmh,gma bsa apa gk ya trus hbisin brp biayanya,tlg solosiny mksih

    Reply
  2. untuk menyediakan pakan ikan yang praktis apa pakan yang di sukai ikan dan praktis.kadang kadang ada pemancing yang gak mau pegang cacing.apa solusi terbaik

    Reply
  3. Artikel y ok. Cukup bgus bwat inspirasi buka usaha kolam pncing ikn tawar. Berapa kira2 kisaran bajet awal untuk buka usaha kolam pancing ikan tawar, untuk ukuraan kolam cukup 40 org pemancing.trimaksh.

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Untuk membantu Bapak Daffa menghitung budget untuk bisnis kolam pemancingan ikan, Bapak kami persilahkan untuk klik link berikut ini, KLIK DISINI. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga www.bisnisUKM.com bisa terus menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran bisnis bagi para member. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

      Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Agar ikan tidak mudah terkena pancing, Bapak Darlin bisa memberikan pakan terlebih dahulu sebelum pemancingan dibuka. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan korbankan kepuasan konsumen, sebab konsumen akan berpikir ulang untuk kembali ke kolam pemancingan Bapak bila ikan di kolam tersebut sulit untuk dipancing. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
    • Maaf Pak Arlin, untuk kolam bapak ini jenis untuk kolam kiloan,kolam harian atau kolam lomba.
      nah kalau kolam kiloan pastinya ikanya banyak dan harus gampang gondolanya.
      Kalau untuk kolam harianya adalah isi kolam pasti sudah ada dan setiap pemancing yg beli ticket Harian biasanya setiap pemancing dikasih ikan 1Kg untuk dimasukan kekolam lalu di pancing dan berapapun dapatnya selama satu hari.
      Dan Kolam lomba yang pasti gondolan ikan harus rame dan ikannya banyak, dan ikan yg kena pancing di kembalikan lagi ke kolam. pemancing hanya dapat juara nominasi berupa uang atau barang.
      intinya kalau buka kolam lomba ikan harus gampang gondolanya untuk menyenangkan pemancing.

      Reply
  4. Tolong untuk info ukuran idealnya kolam untuk pemancingan, bgmn tahapan2/proses dlm membuat kolam pemancingan hingga sampai layak untuk mulai dimasukkan ikannya, terus bgmn sistem perairannya yg bagus, mhn infonya. Terima kasih.

    Reply
  5. saya mau tanya, saya punya galatama bawal belum lama ini ada orang jail ngeracunin kolam saya dan alhasil ikan banyak yang mati.
    sekarang saya mau mulai usaha saya dari awal , kolam sudah dibersihkan dr racun, setelah beberapa hari sisa ikan yg hidup sudah mulai sehat setelah seminngu pembersihan dan saya isi ikan baru tapi belakangan ini ikan mati secara bertahap, tolong solusinya supaya saya bisa buka lagi usaha saya, terima kasih…

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Sebelum memasukkan ikan bawal ke kolam yang terkena racun, ada baiknya bila Ibu rita mensterilkan terlebih dahulu kolam tersebut. Setelah dibersihkan, sterilkan air selama 2 minggu agar kondisi kolam kembali bersih. Kemudian untuk sisa ikan yang masih hidup, sebaiknya diberi perawatan khusus misalnya mendapat nutrisi atau obat untuk menghilangkan efek racun. Setelah kedua hal tersebut dilakukan, selanjutnya ikan siap dilepas kembali di kolam yang telah bersih. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  6. Ayahku punya bisnis pemancingan ikan mas tp masalahnya setiap hari ada aja ikan yang mati, bagaimana seh solusinya?? Terimakasih….

    Reply
  7. Saya tertarik dengan usaha pemancingan,saya punya lahan seluas 4 hektar sudah terbentuk kolam/danau buatan yg terbagi 2 petak,rencana saya di atas danau akan saya bangun villa untuk pengunjung yg mau berwisata,yg saya mau tanya kan bagai mana cara nya supaya usaha pemancingan saya ramai pengunjung,terimakasih mhn di balas.

    Reply
    • Mungkin saya coba bantu.
      pertama, yang pasti adalah Modal. Seberapa kuat modal anda untuk menutupi cost operasional minimal selama 3 bulan pertama.
      kedua, yang harus anda lakukan ada menerapkan konsep terlebih dahulu tempat seperti apa yang anda inginkan agar sesuai dgn kenyamanan konsumen nantinya.
      kedua, fasilitas yang akan diberikan didalam area nantinya (berhubungan dgn cotlst juga) serta layanan pelanggan (dimana anda harus mempunyai karyawan)
      Ketiga, setelah tempat anda jadi atau sedang dalam pembangunan, mulailah mempromosikan baik itu berupa iklan “disini sedang dibangun……..” selain itu pembuatan flyer juga dan beriklan melalui media internet agar menekan cost.
      Keempat, promosikan kepada beberapa perusahaan berskala menengah keatas, misalnya apabila mereka tertarik untuk mengadakan acara kantor atau meeting atau refreshing atau lainnya dengan memberikan sebuah proposal penawaran dengan berbagai diskon yg menarik dari beberapa paket penawaran.
      kelima, anda harus dibantu teman2 anda atau relasi untuk mempromosikan tempat anda, karena promosi dari mulut ke mulut jauh lebih dpt dipercaya dripada promosi hanya berupa tulisan.
      dan masi banyak lagi cara lainnya.
      semoga bermanfaat.

      Reply
  8. asalam walaikum.wrb.

    saya juga berminat membuka usaha pemancingan..
    saya punya lahan 15×20,bagai mana menurut anda? apakah di jadikan pemancingan harian atau galatama?
    wilayah cukup memadai,dsamping lahan ada sumber air mengalir yg cukup stabil..
    kira-kira butuh modal berapa ya untuk kolam,saung,alat pancingan,dll..?

    terimakasih..

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba