Manajemen UKM

Tips dan Trik Mengelola Bisnis Keluarga

bisnis keluargaMempertahankan eksistensi bisnis keluarga ternyata tidaklah semudah apa yang kita bayangkan. Dibutuhkan calon generasi yang cukup handal dan penanganan usaha secara profesional, agar bisnis tersebut bisa semakin berkembang di tangan para penerusnya.

Karena itu, sebelum menentukan calon pewaris tahta yang akan meneruskan kesuksesan bisnis keluarga, sebaiknya perhatikan beberapa tips dan trik mengelola bisnis keluarga yang bisa Anda praktekan dari sekarang, agar bisnis tersebut bisa tetap eksis di tengah gempuran persaingan pasar.

Mempersiapkan calon penerus sedini mungkin
Ibarat tahta sebuah kerajaan, sang perintis usaha juga harus menyiapkan calon penerusnya sebelum mereka menyerahkan bisnis tersebut secara keseluruhan. Hal ini penting agar mental dan keahlian sang penerus bisa terbangun secara matang, sehingga kedepannya diharapkan bisnis keluarga yang dilimpahkan pada generasi berikutnya bisa semakin besar dan tidak kalah bersaing dengan bisnis lainnya yang ada di pasaran.

Bedakan urusan pribadi dengan kepentingan usahakeuangan usaha
Meskipun usaha tersebut dikembangkan bersama keluarga besar Anda, namun sebisa mungkin pisahkan urusan pribadi keluarga dengan kepentingan operasional usaha. Langkah ini perlu diterapkan agar bisnis Anda bisa dikelola secara professional dan segala permasalahan usaha tidak mempengaruhi kedekatan Anda dengan anggota keluarga lainnya. Mulailah dengan memisahkan antara waktu keluarga dan waktu kerja, keuangan keluarga dan keuangan usaha, serta bila perlu pisahkan lokasi usaha Anda dengan tempat tinggal keluarga Anda.

Pertahankan ciri khas usaha
Kunci kesuksesan bisnis keluarga terletak pada kekuatan ciri khas maupun cita rasa yang terus terjaga dari mulai generasi perintis sampai generasi penerusnya. Karena itu, apabila Anda melakukan sebuah inovasi untuk memperlebar sayap bisnis Anda, usahakan untuk tetap mempertahankan ciri khas yang ada guna menjaga loyalitas konsumen yang telah terbangun dari generasi sebelumnya.

Bangun komunikasi yang efektif
Untuk memperlancar jalannya usaha dan menghindari adanya perselisihan antar anggota keluarga. Sebaiknya ciptakan komunikasi yang efektif agar hubungan kerja maupun ikatan persaudaraan Anda semakin hari semakin kuat dan kompak. Ketika komunikasi antar anggota keluarga berjalan lancar, maka segala permasalahan usaha bisa diselesaikan secara bersama-sama dan perkembangan bisnisnya semakin kokoh di tengah persaingan pasar.

Baca Juga  4 Tips Bisnis Buat Kamu yang Bisnisnya Lagi Lesu

Kemampuan sebuah keluarga dalam menjaga kerukunan antar anggotanya, memberikan peranan penting bagi para pelaku usaha dalam mempertahankan eksistensi bisnis keluarga dalam waktu yang cukup lama. Semoga sedikit tips bisnis ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu motivasi baru bagi para pemula yang tertarik meneruskan bisnis keluarganya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://manuverbisnis.files.wordpress.com/2011/02/family-business.jpg?w=400&h=300
2. https://bisnisukm.com/uploads/2010/12/ilustrasi-penghitungan-modal-usaha.jpg