Tips Membangun Brand Toko Online di Sosial Media

sosial-media
sosial media

Jika Anda yang tertarik memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan bisnis toko online yang dijalankan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut untuk menjaga nama baik atau brand image dari produk yang Anda pasarkan. Hal ini sangatlah penting, sebab jika Anda lengah maka nama besar perusahaan Anda yang menjadi taruhannya.

Lalu, kira-kira hal apa saja yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis toko online dalam menggunakan sosial media? Berikut kami informasikan tips membangun brand toko online di sosial media yang perlu Anda perhatikan dari sekarang.

1. Beri perhatian khusus pada konsumen
Dalam mempromosikan bisnis toko online di sosial media, sebaiknya jangan hanya fokus memikirkan posting iklan produk. Sebab, keterikatan dengan para konsumen turut serta membesarkan brand produk Anda. Oleh karena itu, beri ruang khusus bagi para konsumen agar mereka bisa membangun komunikasi dua arah dengan Anda, selain itu Anda juga bisa melibatkan mereka dalam mempromosikan produk-produk Anda. Strategi promosi seperti ini memang cukup efektif, mengingat sekarang ini calon konsumen lebih mudah percaya apabila mendapatkan rekomendasi langsung dari orang-orang terdekatnya.

2. Berikan postingan yang bermanfaat bagi konsumen
Mengingat akun Anda mengusung nama baik dari brand produk yang dipasarkan, maka sebelum memposting sesuatu di akun tersebut sebaiknya pikirkan dengan matang nilai tambah yang Anda berikan bagi para konsumen. Dalam hal ini Anda bisa berbagi informasi menarik seputar bisnis Anda, memberikan tips dan trik yang bermanfaat bagi para konsumen, serta bisa juga membuka peluang kerjasama bagi para konsumen yang tertarik menjadi reseller produk Anda. Dengan begitu, para konsumen bisa lebih mengenal produk Anda dan tidak menutup kemungkinan bisa lebih loyal dengan perusahaan Anda.

3. Membedakan antara bisnis dan urusan pribadi

toko online
toko online

Sebagai pelaku usaha, tentunya Anda juga perlu memilah mana kepentingan bisnis dan mana urusan pribadi Anda. Biasakan untuk tidak mencampuradukan keduanya ketika berpromosi di sosial media. Hal ini perlu Anda perhatikan, agar Anda bisa menjaga kepercayaan konsumen dengan memperlihatkan profesionalisme kerja toko online Anda. Dengan begitu, konsumen bisa mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang brand produk yang Anda pasarkan, tanpa terganggu postingan urusan pribadi Anda yang tentunya tidak mereka pahami.

4. Apapun kondisinya katakan dengan jujur pada konsumen Anda
Untuk mendatangkan omzet yang cukup besar, tak jarang sebagian pelaku bisnis toko online melakukan kecurangan untuk menarik minat konsumen. Tentu tindakan seperti ini tidak kami rekomendasikan, karena hanya akan merusak citra baik produk Anda dan menghilangkan kepercayaan dari para konsumen. Karena itu, pastikan bila Anda selalu mengatakan kondisi yang sejujurnya kepada para konsumen Anda, dan sampaikan dengan cara yang baik agar mereka bisa menerima ketidaknyamanan tersebut dengan respon yang positif.

5. Lakukan promosi sesuai dengan bidang Anda
Ketika mempromosikan produk maupun jasa di sosial media, pastikan bahwa Anda selalu mengangkat topik atau tema yang relevan dengan bidang usaha yang dijalankan. Poin ini perlu Anda perhatikan dengan baik, agar konsumen bisa mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai produk Anda dan mulai percaya dengan kualitas bisnis Anda.

Semoga setelah membahas kelima tips bisnisĀ online yang kami angkat pada pekan ini, para pemula bisa mengoptimalkan pemasaran bisnisnya dengan matang dan mendatangkan omzet penjualan yang cukup besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.tuxcorner.net/wp-content/uploads/2013/02/eCommerce-on-Social-Media-300x336.png
2. http://www.linnareacu.org/blog/wp-content/uploads/2010/12/Holiday-Shopping.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba