Dodol-nanas-LezatDodol merupakan salah satu produk olahan hasil pertanian (buah-buahan) yang termasuk dalam jenis pangan semi basah yang terdiri dari campuran tepung dan gula yang dikeringkan. Makanan ini biasanya digunakan sebagai makanan ringan atau makanan selingan. Dodol merupakan suatu jenis makanan yang mempunyai sifat agak basah sehingga dapat langsung dimakan tanpa dibasahkan terlebih dahulu dan kandungan air rendah sehingga dapat stabil selama penyimpanan.

Lamanya daya simpan dodol nanas ini juga banyak dipengaruhi oleh komposisi bahan penyusunnya, aktivitas mikrobia, teknologi pengolahan dengan sanitasinya, sistem pengemasan yang digunakan dan penggunaan bahan pengawet. Dalam pengolahannya, makanan semi basah merupakan suatu jenis makanan dengan menggunakan bahan pencampur yaitu tepung beras ketan. Tepung beras ketan ini digunakan sebagai bahan campuran dan bahan pengikat agar diperoleh tekstur yang dikehendaki.

Salah satu jenis makanan ini tentunya dapat dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan, karena dodol ini sudah menjadi ikon produk makanan khas di beberapa daerah misalnya Garut Jawa Barat terkenal dengan dodol Garutnya, ataupun Kudus Jawa Tengah yang terkenal dengan sebutan jenang Kudusnya. Dodol yang memiliki rasa khas manis dan kenyal ini sangat cocok untuk oleh-oleh, hidangan kue khas lebaran ataupun camilan keluarga di rumah.

a.) Bahan

– Buah nanas matang optimum

– Tepung beras ketan

– Santan kelapa

– Gula Pasir

b.) Alat

-Wajan

-Pengaduk

-Alat penggiling/blender

-Kompor

-Cetakan/baki

c.) Cara pembuatan dodol nanas :

– Nanas dikupas kulitnya dan dihilangkan matanya kemudian dicuci dan dipotong kecil agar mudah dilakukan penggilingan/  penghancuran.

– Daging nanas dihancurkan dengan cara diparut atau diblender

– Campurkan nanas yang sudah dihancurkan, dengan santan kental (1 butir kelapa/1 kg nenas),   tepung beras ketan 5 % dan gula pasir (jumlahnya menurut selera).

– Menghancurkan buah menggunakan blender

– Adonan tersebut dimasak hingga agak kering sambil diaduk terus  agar tidak lengket   pada wajan.

– Angkat dan masukkan dalam cetakan.

– Apabila sudah dingin, dipotong-potong dengan ukuran menurut selera kemudian dikemas dengan plastik.

– Memasak dengan wajan penggoreng

– Pengemasan dodol

Sumber gambar : subangshop.blogspot.com

20 thoughts on “Tips Membuat Dodol Nanas”

    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Saat ini pengusaha dodol mulai kreatif dalam memilih kemasan produk. Misalnya saja seperti memanfaatkan daun jagung, janur (daun kelapa), kerajinan bambu, untuk menciptakan kesan go green di kalangan masyarakat, atau bisa juga memilih plastik dan kertas dengan motif batik mengingat saat ini budaya batik mulai dilirik masyarakat dunia. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  1. terus terang aku ni lagi pusing mikirin bagaimana cara menghasilkan UANG
    segala macm usaha udah aku jalani
    dari pedagang kaki5 sampe jd tukang kuli dah aku jalalni dan sekarang ak lg menjalani usaha dagang krupuk nitip ke warung2
    tp hasilnya tidak menyukupi kebutahan
    dan pengen mencari solusi baru
    mohon saranya aku harus bagaimana

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Agar bisnis kerupuk yang Bapak Asep jalankan bisa mendatangkan keuntungan besar setiap bulan, kami sarankan untuk memperluas jangkauan pasar dan memilih mitra bisnis yang benar-benar potensial. Contohnya saja seperti warung makan, warung bakso dan mie ayam, warung angkringan, warung soto, dan lain sebagainya yang ramai pembeli sehingga jumlah kerupuk yang Anda setorkan bisa terus meningkat setiap harinya. Mengingat produk kerupuk rawan melempem, sebaiknya pilih mitra bisnis yang perputaran produknya cukup lancar agar Anda tak mengalami kerugian ketika kerupuk tersebut masih tersisa. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba