Tips Pemasaran Membidik Target Pasar Dengan Bijak

Membidik target pasar dengan bijak sangat dibutuhkan agar Anda dapat bertahan ditengah ketatnya persaingan pasar dan maraknya peluang bisnis baru yang bermunculan, mendorong para pengusaha maupun pelaku pasar untuk lebih jeli dan teliti dalam membidik calon konsumennya. Mengapa begitu? Sebab, dengan membidik target pasar yang jelas, sebuah perusahaan bisa menentukan produk apa saja yang akan mereka pasarkan dan menyesuaikan keunggulan produknya dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen.

Tentu ini sangatlah penting dalam menjalankan strategi pemasaran, mengingat target pasar merupakan sekelompok prospek (calon konsumen) yang memiliki daya beli cukup tinggi bahkan bisa dikatakan sangat potensial untuk mendatangkan transaksi penjualan bagi bisnis Anda. Jadi, tidaklah heran bila sebagai pelaku usaha Anda perlu membidik target pasar dengan baik untuk mendatangkan untung besar bagi perusahaan yang Anda jalankan.

Membidik Target Pasar Dengan Bijak

Nah, agar para pemula maupun pelaku usaha tidak salah dalam membidik target pasar. Berikut ini kami informasikan beberapa tips pemasaran membidik target pasar dengan bijak yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalankan strategi pemasaran.

Target Pasar Spesifik

pastikan bila target pasar yang Anda bidik cukup spesifik. Banyak pengusaha yang mengikrarkan bahwa produknya cocok untuk digunakan semua kalangan, padahal yang dimaksudkan “semua kalangan” tentunya sangat luas. Sehingga untuk memenangkan persaingan pasar, Anda perlu menentukan target pasar yang lebih spesifik untuk mengoptimalkan keunggulan produk Anda. Misalnya saja Anda membidik kalangan remaja putri untuk memasarkan produk fashion, maka Anda memiliki calon pelanggan yang cukup jelas sehingga bisa mengoptimalkan kualitas produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan remaja putri yang Anda bidik.

Mengenali Target Pasar

bila perlu bidik target pasar yang Anda kenali. Untuk memenangkan persaingan pasar, tentunya Anda harus mengenal terlebih dahulu pangsa pasar yang hendak Anda bidik. Dengan begitu, Anda bisa memahami betul apa saja kebutuhan dan keinginan konsumen di lapangan. Contohnya saja bila Anda seorang ibu rumah tangga yang merintis bisnis rumahan, maka tidak ada salahnya jika kemudian Anda membidik target pasar dari kalangan ibu rumah tangga pula. Strategi ini terbilang cukup efektif, karena sebagai sesama ibu rumah tangga tentunya Anda benar-benar memahami kebutuhan dan keinginan yang banyak dicari calon konsumen.

Utamakan Targat Pasar Yang Terjangkau

utamakan target pasar yang terjangkau. Meskipun sekarang ini peran internet cukup memudahkan pelaku usaha untuk menembus jarak dan waktu dengan cara yang terbilang mudah dan juga murah. Namun sebaiknya Anda mengutamakan target pasar yang mudah dijangkau (lokal) sebelum akhirnya melakukan ekspansi ke pasar nasional maupun internasional yang jangkauan pasarnya lebih luas.

Fokus Pada 1 Target

Banyak usaha kecil yang pada akhirnya gagal untuk berkembang dan bertahan ditengah ketatnya persaingan pasar. Hal tersebut karena tidak memiliki fokus terhadap target yang akan dibidik. Anda juga harus paham jika taget pasar mempunyai prespektif yang sangat luas. Bahkan bisa dibedakan dalam beberapa jenis. Nah yang perlu Anda tahu, Anda tidak bisa mengejar semua target yang ada.

Coba untuk lebih fokus dahulu pada satu target pasar tertentu. Setelah itu terus kembangkan berbagai strategi untuk menarik target pasar tersebut. Untuk itu bayangkan apabila Anda menjadi serang konsumen. Pikirkan apakah Anda akan tertarik atau tidak jika produk tersebut ditawarkan pada Anda.

Menyesaikan Target Pasar dan Branding

Menentukan target pasar yang kelima adalah menyesuaikan target pasar dengan branding bisnis. Ketika Anda sudah menyusun konsep bisnis yang akan digunakan. Tentu Anda sudah memiliki angan-angan seperti apa branding yang akan dikenalkan pada konsumen. Misal saja jika target pasar Anda adalah anak muda tentu kesan kekinian akan sangat cocok.

Ketika Anda baru akan memulai bisnis tentu penyesuaian branding dengan target market sangat berperan besar. Dengan branding yang kuat maka Anda akan lebih mudah untuk menemukan target pasar yang sesuai. Dengan begitu bisnis akan mudah berkembang dan lebih maju.

Menyesuaikan Tingkat Ekonomi

Menentukan target pasar yang selanjutnya adalah dengan menyesuaikan dengan tingkat ekonomi. Cara yang satu ini sangat berpengaruh besar. Menyesuaikan tingkat ekonomi adalah dasar untuk menentukan target pasar. Dengan melihat kesesuaian ekonomi ini maka Anda bisa mengetahui kira – kira produk apa yang paling cocok dan potensial untuk dijual.

Pengelompokan yang bisa Anda gunakan yakni ada 3 tingkatan, yakni tingkat bawah, menengah dan atas. Untuk beberapa jenis bisnis memang cukup terbatas hanya ada yang bisa dikelompokkan tingkatan menengah dan atas. Ndah keduanya tersebut tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, tinggal menyesuaikan dengan branding dan konsepnya.

Membidik Target Yang Dikenali

Membidik target pasar yang ketujuh adalah dengan membidik target yang Anda kenali. Untuk dapat memenangkan persaingan bisnis tentu Anda harus mengenal terlebih dahulu pangsa pasar yang hendak Anda bidik. Dengan begitu Anda bisa memahami dengan benar kebutuhan dan keinginan konsumen.

Misalnya saja Anda seorang anak muda yang merintis bisnis rumahan. Maka tak ada salahnya jika Anda juga membidik target yang sama pula. Cara yang satu ini bisa dikatakan cukup efektif karena tentu sesama anak muda tentu Anda betul-betul memahami dan mengetahui kebutuhan yang banyak dicari konsumen.

Target Pasar Yang Terjangkau

Cara membidik target pasar dengan bijak yang selanjutnya adalah utamakanlah target pasar yang terjangkau. Meski di era modern ini pemasaran dengan media internet media social sangat efektif. Dan cukup membantu menembus jarak dan waktu dengan cara yang mudah dan cepet. Namun tak ada salahnya jika Anda mengutamakan pasar lokal yang mudah sebelum menjangkau pasar nasional maupun internasional.

Setelah memahami beberapa poin penting dalam membidik target pasar, kini giliran Anda untuk mencoba menjalankannya langsung di pasaran untuk mendatangkan untung besar setiap bulan.

Nah untuk mendapatkan informasi bisnis tentang pemasaran lainnya Anda bisa cek terus websitenya Bisnisukm.com. Berbagai jenis artikel bisnis tersedia, sedikitnya 4000 artikel bisnis yang bisa Anda pelajari. Mulai dari peluang usaha, inspirasi usaha, pemasaran, video bisnis dan bisnis online.

Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
https://pixabay.com/id/vectors/target-dokumen-pemasaran-misi-4257497/

3 thoughts on “Tips Pemasaran Membidik Target Pasar Dengan Bijak”

  1. saya ingin memulai sebuah usaha..tapi saya bingung:
    1. bgm strategy memilih usaha yg profitable..
    jd ga butuh wktu lama utk merebut pasar & BEP

    2. bgm strategy bertahan bagi pemula jk persaingan ketat

    terima kasih kpd admin..

    Reply
  2. saya anak kuliahan, menurut anda usaha atau bisnis yg bagus untuk di jalankan itu apa untuk saya? saya memang dr keluarga yg tdk mampu jd saya ingin membantu kedua orang tua agar mampu membiayai kuliah sendiri.. mohon beri tahu spt apa caranyaa. trima kasih

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di BisnisUKM.com. Kebetulan beberapa waktu yang lalu www.bisnisUKM.com pernah mengupas informasi lengkap seputar bisnis mahasiswa di majalah digital BISNISUKM edisi Desember 2013. Download informasi lengkapnya melalui link berikut : MAJALAH DIGITAL BISNISUKM. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba