Tips Sukses Bisnis Ikan Hias Dari Rumah Untung Menjanjikan

Bisnis ikan hias merupakan salah satu peluang yang sampai saat ini masih menjanjikan. Sebab masih banyak pecinta ikan hias di Indonesia yang bisa menjadi fokus target pasar. Untuk menjalankan bisnis ikan hias memang cukup berisiko, karena kalau persiapan bisnisnya tidak matang justru kerugian yang didapatkan. Maka dari itu ketika kamu ingin menjalankan bisnis ikan hias dengan untung yang menjanjikan buatlah perencanaan bisnis yang matang. Menjalankan bisnis ikan hias tentu persiapan dan pelaksanaannya akan berbeda dibandingkan bisnis pada umumnya seperti bisnis kuliner. Ada perhitungan risiko yang harus lebih teliti dalam menjalankan bisnis ikan hias.

Peluang Bisnis Ikan Hias

Hal yang harus kamu pahami sejak awal adalah segmen pasar dari binis ikan hias sudah sangat terfokus dan jelas. Ikan hias bukanlah jenis ikan yang bisa dikonsumsi maka dari itu masih banyak orang yang lebih memilih menjual ikan konsumsi dibandingkan dengan ikan hias. Padahal ketika bisa memanfaatkan peluang usaha ikan hias dengan baik, keuntunngan yang didapatkan sangat menjanjikan. Bahkan kamu bisa menjalankan usaha ikan hias ini cukup dari rumah. Tidak memerlukan lahan besar untuk budidaya dan sewa tempat untuk outletnya. Kamu bisa lebih menghemat modal dan biaya ketika menjalankan usaha ikan hias dari rumah.

Tips Sukses Bisnis Ikan Hias Dari Rumah Untung Menjanjikan
okezone.com

Peluang bisnis ikan hias sekarang ini masih menjanjikan. Sebab konsumennya bisa berasal dari kalangan meski pun tetap saja spesifik sesuai dengan jenis ikan hias yang kamu jual. Untuk menyasar target kelas menengah atas tentu jenis ikan yang ditawarkan akan berbeda dengan segmen pasar yang lebih umum dan bisa menjangkau banyak orang dari berbagai kalangan. Tapi tidak dipungkiri bahwa ikan hias sudah menjadi bagian dari estetika ruangan dan kebutuhan untuk merawat kehidupan. Bagi orang-orang yang mencintai keindahan dan punya cara tersendiri untuk menenangkan pikiran, merawat ikan hias adalah salah satu bentuk untuk mendapatka kedua hal tersebut.

Apa lagi untuk orang-orang di wilayah perkotaan yang butuh media untuk menyegarkan pikiran dan punya kesibukan kecil sederhana dalam aktivitasnya. Mulai dari merawat tanaman dan memelihara ikan hias adalah cara sederhana dan paling banyak dipilih. Sebab untuk memelihara ikan hias lebih mudah perawatannya dibandingkan dengan memelihara hewan mamalia. Cukup dengan memberi pakan yang teratur dan menjaga kebersihan akuarium, memelihara ikan hias akan terasa mudah dan menyenangkan. Dari peluang bisnis ikan hias ini kamu bisa ambil kesempatan untuk mengembangkannya dengan memulai usaha ikan hias.

Tips Menjalankan Bisnis Ikan Hias

Untuk memulai usaha ikan hias ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan dengan baik. Supaya usaha ikan hias yang kamu jalankan akan berjalan lancar, tetap bisa bertahan, dan terus berkembang. Kali ini Bisnis UKM akan mengulas tips untuk menjalankan bisnis ikan hias dari rumah bagi pemula. Simak ulasan selengkapnya berikut ini!

1. Siapkan Peralatan Usaha Ikan Hias

Saat kamu menjalankan bisnis ikan hias sudah tentu kamu harus menyiapkan peralatan untuk perawatan ikan hias secara lengkap. Mulai dari akuarium, kolam pemeliharaan, jaring, pompa air, selang, tabung oksigen, terpal, serta wadah lainnya. Kelengkapan peralatan bisa kamu sesuaikan dengan jumlah dan jenis ikan hias yang kamu jual.

2. Perawatan Ikan Hias

Setiap jenis ikan hias biasanya punya panduan perawatan yang berbeda-beda. Sesuai jenis ikan hias itu sendiri. Ada jenis ikan yang mudah perawatannya, ada juga ikan hias yang lebih kompleks dalam perawatannya. Perawatan ikan hias yang tepat adalah dengan memperhatikan kondisi suhu air, kebersihan air, dan pemberian pakan.

3. Promosi Usaha Ikan Hias

Saat ini zaman sudah semakin berkembang, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi bisnis ikan hias yang kamu jalankan. Buatlah konten yang menarik dengan menampilkan foto-foto ikan hias yang kamu jual. Kamu juga bisa membuat video supaya bisa lebih menarik audiens untuk membeli ikan hias yang kamu jual.

Selain tips yang sudah disebutkan, kamu juga perlu memiliki perencaaan terkait jenis ikan hias apa saja yang akan kamu jual. Dalam menentukan jenis ikan hias apa yang akan kamu jual perlu juga disesuaikan dengan segmen pasar yang akan kamu bidik.

Jenis Ikan Hias

Berikut ini beberapa jenis ikan hias yang bisa kamu pilih yang bisa menyasar semua kalangan. Inilah beberapa jenis ikan hias ini paling banyak diminati di pasaran ikan hias pada umumnya.

1. Ikan Discus

Peminat dari ikan hias yang satu ini banyak dan harga jualnya cukup tinggi. Ikan discus menjadi salah satu jenis ikan hias yang paling potensial untuk dijadikan ide bisnis. Dibandingkan dengan beberapa ikan lainnya yang banyak beredar di pasaran, ikan discus membutuhkan perawatan yang jauh lebih kompleks. Kalau kamu ingin membudidayakan ikan discus, pastikan air di aquariaum memiliki suhu sekitar 25 – 30 derajat celcius.

2. Ikan Guppy

Jenis ikan yang satu ini sangat mudah untuk dibudidayakan. Perawatannya pun cukup mudah dan tidak merepotkan. Cukup kawinkan indukan ikan guppy yang berusia minimal 4 bulan. Setelahnya pisahkan indukan tersebut dan tunggu kurang lebih 30 hari sampai indukan betina melahirkan. Dalam sekali melahirkan kamu bisa mendapatkan 20 hingga 100 anakan ikan guppy.

3. Ikan Mas Koki

Jenis ikan mas koki menjadi salah satu ikan yang banyak penggemarnya dan sangat mudah untuk dibudidayakan. Ikan ini identik dengan bentuk tubuhnya yang bulat dan lucu. Selain itu, surai pada sirip, ekor serta punggungnya pun juga sangat indah. Ikan yang satu ini menjadi salah satu spesies ikan yang paling banyak digemari untuk dipelihara. Selain karena cara merawatnya yang mudah, karakter ikan mas koki sendiri juga terkesan anggun dan ramah. Sehingga sangat cocok diletakkan dalam aquascape.

4. Ikan Cupang

Kalau ikan yang satu ini adalah yang sangat populer disukai anak-anak sampai orang dewasa karena bentuk serta warnanya yang cantik. Sering kali dianggap ikan aduan, ada juga ikan cupang hias yang banyak dikoleksi bahkan diikut sertakan dalam lomba atau kontes ikan. Cara budidaya ikan cupang juga cukup mudah karena ikan cupang daya bertahan hidupnya lebih tinggi atau lebih bandel dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya.

Dalam menjalankan usaha ikan hias pada dasarnya bisa kamu kembangkan juga menjadi bisnis aquascape. Di mana saat ini kegiatan memelihara ikan hias bukan hanya dijadikan sebagai hobi, tapi diperhatikan juga unsur estetika atau keindahannya. Saat kamu menjalankan usaha ikan hias kamu bisa kembangkan dengan bisnis aquascape. Pelajari terlebih dahulu model-model sederhana untuk aquascape. Setelah itu barulah kamu berani menawarkan produk aquascape buatan kamu dan membuka jasa pembuatan aquascape.

Itulah ulasan mengenai bisnis ikan hias yang bisa kamu jadikan acuan untuk memulai usaha dari rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis yang kamu jalankan #NaikKelas Ikuti terus ide bisnis menarik lainnya hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya semakin banyak orang yang terdorong untuk menjalankan bisnis.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba