Pemasaran

Tips Sukses Membuat Branding Untuk Menarik Konsumen

strategi brandingBrand bukanlah sekedar sebuah nama atau logo perusahaan saja, melainkan image atau persepsi seseorang terhadap perusahaan atau produk Anda. Brand merupakan kombinasi yang lengkap dari asosiasi yang dibayangkan oleh orang ketika mereka mendengar sebuah nama produk atau perusahaan.

Brand bisa menentukan kekuatan nilai suatu produk dan untuk membedakan antara produk milik Anda dengan produk milik pesaing. Brand tidak hanya bermanfaat bagi para produsen namun juga bermanfaat bagi konsumen. Jadi, disamping bisnis Anda memiliki produk yang berkualitas baik, sebuah produk yang Anda jual juga harus memiliki nama brand yang bagus agar brand untuk produk Anda dapat menarik konsumen dan mudah untuk diingat. Berikut ini adalah tips sukses membuat branding untuk menarik konsumen terhadap produk Anda.

Memahami nilai desain dari identitas brand milik Anda

Carilah uang untuk menginvestasikannya segera dan buatlah sebuah prioritas. Menurut co-founder, begitu banyak orang yang memiliki ide bisnis kemudian mereka merancang sebuah logo dan mengatakan bahwa itu merek produk mereka. Sebenarnya hal itu adalah sebuah kesalahan, brand Anda adalah hal yang lebih penting jika dibandingkan dengan produk milik Anda sendiri.

Kenali diri Anda sendiri

Mulailah dengan identitas perusahaan Anda sendiri. Kenali karakter apa yang ditunjukkan oleh brand Anda, tunjukkan pada bentuk yang paling sederhana agar konsumen mudah untuk mengingatnya. Anda juga harus menentukan inti dari filosofi Anda, itu menurut Smolan.

Pilih mitra desain dengan sangat hati-hati

Sebuah chemistry merupakan hal yang sangat penting, ungkap Smolan. Terkadang pengusaha kecil tidak memperoleh sebuah perhatian yang mereka butuhkan, jadi pastikan bahwa Anda bekerja dengan orang yang peduli tentang Anda dan juga bisnis Anda.

Tetap jujur pada diri sendiri

Anda harus bisa memastikan bahwa prinsip-prinsip dasar sebuah perusahaan dan keyakinan Anda masih dalam keadaan utuh, dan hanya akan mengalami perubahan pada saat terjadi perubahan budaya dalam masyarakat serta cita rasa dari pelanggan. Keaslian merupakan sebuah kunci dari kesuksesan setiap merek produk.

Sesuaikan nama brand dengan target pasar

Sesuaikan nama brand Anda dengan target pasar yang akan di bidik. Misalnya saja Anda akan memulai bisnis salon dengan target kaum wanita. Maka Anda harus memikirkan nama apa yang cocok untuk bisnis salon Anda tersebut agar bisa menarik pelanggan, misalnya saja salon dewi, salon citra dan lain sebagainya.

Hindari penggunaan angka atau singkatan

Sebuah singkatan atau penggunaan angka untuk membuat sebuah brand akan sulit untuk diingat para konsumen. Jadi sebaiknya pilihlah sebuah nama yang mudah untuk diingat yang terdiri dari dua sampai empat suku kata saja. Misalnya saja Kaos Gaul dan lain sebagainya.

Itulah beberapa tips sukses pemasaran membuat branding untuk menarik konsumen yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai bisnis. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda pemula bisnis. Salam sukses!

Sumber gambar : http://www.index-hr.de/wp-content/uploads/2014/01/Gl%C3%BChbirne-Employer-Branding.jpg