Ingin Memulai Usaha Makanan? Baca Dulu Tips & Trik Berikut Ini

Ingin Memulai Usaha Makanan? Baca Dulu 10 Tips & Trick Berikut Ini

Usaha makanan memang sedang naik daun sekrang ini. Segala jenis makanan dijajakan selalu laris diborong oleh pembeli. Munculnya berbagai jenis makanan yang dikreasikan menjadikan usaha makanan semakin disebut-sebut sebagai salah satu usaha yang menjanjikan. Banyaknya para pelaku usaha yang memilih menekuni bidang makanan karena melihat prospek dan pangsa pasarnya yang cukup luas. Bahkan makanan merupakan salah satu bisnis yang mudah dijalan kan dan dikreasikan.

Namun kemampuan untuk membuat makanan yang lezat tidak 100% dapat menjamin sebuah keberhasilan dalam membuat usaha. Mengetahui cara membuat makanan dan dapat mengelola usaha anda adalah dua hal yang berbeda. Jika anda sudah menguasai dalam memproduksi masakan ataupun makanan ringan, maka kini saatnya anda harus mengetahui bagaimana caranya untuk memulai usaha anda.

Tips dan Trik Memulai Usaha Makanan

Sebelum memulai usaha makanan sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tips dan triknya agar tidak salah langkah. Berikut ini kami sajikan beberapa tips dan trik dalam memulai usaha di bidang makanan :

1. Perbarui dan Perbaiki Kualitas

Perbaharui dan perbaiki kualitas dari masakan buatan anda. Untuk mengetahui kualitas rasa dari masakan, anda dapat membagi sampel kepada teman atau saudara tedekat untuk memperoleh reaksi mereka terhadap produk anda. Setelah itu anda perbaiki agar sesuai dengan keinginan mereka. Terus belajar mengkoreksi rasa sampai benar-benar menemukan rasa yang sesuai dengan kemauan konsumen.

2. Resep

Untuk makanan yang memiliki segmen, anda harus dapat memperbaharui dari resep, penampilan atau cara penyajiannya. Usahakan untuk membuat resep makanan yang memiliki cita rasa yang khas. Ini bertujuan agar makanan yang anda tawarkan benar-benar berbeda dari yang lain. Bukan hanya sekedar menjual makanan namun menjual rasa khas yang tak akan didapatkan ditempat lain.

3. Outlet Penjualan

Perlu dipikirkan juga outlet penjualan, apakah anda berencana membuka toko atau bekerjasama dengan pihan lain? Contohnya jika anda memilih untuk membuka usaha pembuatan kue pengantin atau makanan catering anda dapat melakukan kerjasama dengan pihak wedding organizer.

4. Strategi Penjualan

Strategi penjualan lainnya adalah anda bisa juga melakukan kerjasama dengan beberapa usaha kantin. Anda dapat mensuplai masakan setiap harinya untuk dijualkan di kantin tersebut. Untuk hal ini, anda juga harus memperhatikan sistem pengantarannya, karena berkaitan dengan biaya transportasi.

5. Teknologi

Pikirkan teknologi untuk mendampingi produk anda. Apakah produk anda memerlukan ruangan khusus untuk mempersiapkannya? Apakah perlu membeli peralatan khusus untuk menyimpan bahan baku? dan lain sebagainya.

6. Kerjasama Dengan Orang Lain

Namun pada saat awal usaha, sebaiknya anda mengurangi pengeluaran untuk investasi teknologi produksi. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara yang lebih sederhana, atau anda bisa lakukan kerjasama dengan orang lain dalam mensuplai kebutuhan bahan baku tersebut.

Tujuanya adalah agar anda tidak terlalu berat dalam memenuhi kebutuhan modal usaha. Setelah usaha anda berjalan lancar dan memiliki pelanggan yang tetap, maka anda dapat melakukan pembelian peralatan produksi tersebut.

7. Produk Aman

Anda harus memikirkan bahwa produk anda aman dikonsumsi serta mendatangkan profit. Mungkin anda haus menguji produk anda terlebih dahulu kepada pihak yang berkompeten untuk memastikan keamanan produk anda agar tak menjadi masalah di kemudian hari.

8. Kemasan

Jika anda memulai bisnis makanan ringan, dipikirkan juga kemasan yang menarik agar memberikan nilai lebih pada produk buatan anda. Selain itu juga, dapat meningkatkan image produk dari calon pembeli. Kemasan dapat berasal dari jenis plastik ataupun kertas.

9. Yakin Pada Diri Sendiri

Yang paling sering menjadi permasalahan dalam menjalankan usaha makanan, adalah ketakutan pada diri sendiri. Pikiran – pikiran apakah produknya laku atau tidak, bagaimana nanti jika ada yang mengeluh, dll. Untuk itu, anda sebaiknya mempersiapkan diri sendiri dan memegang teguh prinsip ” Usaha yang berhasil, hanya dapat dicapai melalui proses yang penuh hambatan “.

10. Memaksimalkan Sosial Media

Usaha makanan memang sekarang ini sedang naik daun dan akan terus berkembang pesat sampai tahun tahun berikutnya. Melihat prospeknya yang cerah tentu usaha makanan menjadi  pilihan para pelaku usaha. Lalu apa yang akan membantu membuat usaha makanan anda semakin dikenal luas dan menjangkau masyrakat disekitar maupun luar daerah?

Sosial media sangat berpengaruh dengan pertumbuhan suatu usaha karena dinilai sangat efektif untuk mengenalkan usaha sampai di berbagai penjuru daerah. Gunakan berbagai sosial media untuk menawarkan produkmu. Manfaatkan perkembangan teknologi untuk membantu menaikkan citra usahamu.

11. Promo Menarik

Usaha makanan tidak ada salahnya jika sekali-kali anda memberikan promo untuk membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk anda. Berikan potongan harga, voucer potongan harga. Pelanggan akan senang tentunya dengan adanya berbagai promo menarik.

12. Memberikan Pelayanan Terbaik

Pelayanan yang baik akan mempengaruhi keberhasilan penjualan. Karenanya pelanggan akan merasa nyaman, dihargai dan terkesan dengan perlakuan baik dari pelayanan yang diberikan. Maka usahakan untuk memberikan layanan yang baik, sabar menghadapi komplain dan pelanggan yang banyak permintaan, cepat dan juga mendengarkan masukan

Demikian beberapa ulasan tips dan trik cara memulai usaha makanan yang bisa anda tiru. Semoga dapat mengisnpirasi, baca juga 9 tips sukses bagi anda yang tertarik buka bisnis makanan. 

Simak juga beberapa inspirasi usaha untuk pemua dan inspirasi usaha dari para pengusaha sukses berikut ini. Ada 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan, strategi pemasaran, tips dan trik membangun usaha dari nol. Untuk mengetahui lebih lengkapnya cara menghadapi kendala bisnis bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

101 thoughts on “Ingin Memulai Usaha Makanan? Baca Dulu Tips & Trik Berikut Ini”

  1. mohon kalo ada yang bisa bantu saya untuk membuat penawaran desain dan cetak untuk pembuatan kalender untuk klien saya, nuwun

    Reply

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba