Toko Kado, Bisnis Yang Spesifik

toko kado

Apa yang dipikirkan orang ketika hari ulang tahun, perpisahan teman, atau hari-hari special lainnya. Jawabannya tentu adalah hadiah. Untuk jauh-jauh hari atau dekat sekalipun, sebagian orang mengalami kesulitan untuk memikirkan apa hadiah yang pantas untuk diberikan kepada orang-orang yang dicintainya. Untuk itulah, peluang  usaha ini harus benar-benar Anda manfaatkan sebab selain alasan diatas, usaha semacam ini masih jarang ada, namun selera pasarnya cukup signifikan.

Konsumen
Konsumen target bisnis Anda semua orang dari segala kalangan, mulai anak-anak sampai orang dewasa. Semua membutuhkan kado atau bingkisan untuk orang – orang terdekatnya yang berulang tahun, maupun memperingati kebahagian lainnya. Kebutuhan masyarakat akan kado saat ini semakin bertambah, oleh karena itu target pasar bisnis ini juga semakin luas.

Info bisnis
Untuk memulai membuka toko kado sebagai bisnis yang spesifik ini, Anda hanya perlu mencari tempat yang strategis serta merenovasi interior ruangannya. Usakan untuk memilih tempat yang ramai dilalui orang, atau bisa juga menyewa tempat di pusat keramaian seperti mall atau supermarket.

Kemudian Anda harus mencari produk yang sesuai yang akan dijadikan sebagai hadiah. Sebaiknya jangan sediakan hadiah untuk umur dan jenis kelamin tertentu saja, sebaiknya pilih hadiah yang dapat dipakai semuanya.  Anda bisa memproduksi sendiri atau mencari relasi yang dapat mensuplai persediaan produk.

Selain itu sediakan keperluan untuk membungkus kado, dari mulai kertas kadonya, kartu ucapan atau pita penghias kado. Sehingga ada tambahan pendapatan yang Ada peroleh.

Kelebihan bisnis
Belum terlalu banyak pelaku bisnis yang menjalankan bisnis toko kado. Jika pun di kota Anda ada toko kado, belum tentu pada satu tempat ada dua usaha toko kado. Sehingga persaingannya belum terlalu ketat, dan peluangnya masih sangat luas. Karena selalu ada inovasi unik dari toko kado, menjadi daya tarik bagi para konsumen.

Kekurangan bisnis
Adapun kendala dalam menjalankan bisnis ini hanya berhubungan dengan pengetahuan Anda tentang barang dan selera pasar saja. Sedangkan kesuksesan bisnis ini terletak pada kelengkapan produk dan kualitas yang Anda jual seperti produk-produk kerajinan, aksesories wanita, mainan anak, . Selain itu pelayanan yang memuaskan juga termasuk faktor keberhasilan usaha ini.

Pemasaran
Pasang papan nama toko kado Anda di depan lokasi usaha, sehingga konsumen mengetahui keberadaan toko tersebut. Kemudian Anda juga bisa memasarkannya melalui internet, dengan membuka toko online. Sehingga konsumen dari luar daerah, tetap bisa memesan produk toko kado Anda melalui internet. Sebagai promosi, Anda juga bisa memberikan potongan harga atau diskon untuk pembelian tertentu.

Kunci sukses
Kualitas dan kelengkapan produk yang dimiliki toko kado, menjadi sesuatu yang mutlak dalam bisnis ini. Agar konsumen tidak kecewa jika produk yang mereka cari tidak ada di toko kado Anda. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen, Anda tawarkan kepada para pelanggan untuk memesan produk yang mereka cari. Konsumen akan merasa senang jika Anda mencarikan produk yang mereka cari. Tawarkan pula layanan jasa bungkus kado gratis, bagi konsumen yang membeli produk di toko Anda. Sehingga konsumen senang membeli hadiah di toko Anda, dan tak segan pula untuk kembali mengunjungi toko kado Anda.

Analisa Ekonomi
Modal Awal
Sewa tempat dan renovasi                           Rp 25.000.000
Penyediaan produk dan lain-lain                    Rp 25.000.000+
Total                                              Rp 50.000.000

Biaya Operasional
Gaji 2 orang pegawai                               Rp  1.600.000
Penyediaan produk                                  Rp 15.000.000
Listrik, telepon dan lain-lain                     Rp    400.000+
Total                                              Rp 17.000.000

Omzet per bulan                                    Rp 25.000.000

Laba per bulan
Rp 25.000.000 - Rp 17.000.000         =            Rp  8.000.000

Masa kembali modal
( modal awal : laba bersih satu bulan         =  ± 7 bulan

Sumber : Team Bisnis Ukm, Buku 121 Peluang Bisnis Terpopuler
Sumber gambar :http://klapklip.com/wp-content/uploads/2009/02/foto-toko1.jpg

14 Komentar

  1. saya dah mulai usaha gini sekitar 1 tahun omsetnya terus naik penghasilann kotor 4 juta cuma,saya bingung untuk modifikasi bungkus ma setting tempat biar oke.ips nya dong (kutai kartanegra \

    )

  2. sy sgt tertarik usaha gift shop ini, tp bingung untuk memulainya. tlg infonya ya….thx 0819 2721 0800

  3. gmana caranya saya membuka usaha seperti .. saya sangat tertarik dengan usaha toko kado dan mainan anak2 .. tolong info nya

  4. mohon info untuk mendapatkan barang tersebut, saya berada dikalimantan selatan (banjarmasin)
    Hp. 081952791786

  5. wah sy sngt tertarik…..tp bgmn cara pemesanannx krna tmpt sy sngt pelosok ( 085264033333

  6. WAH OK JUGA SPESIFIK, JAMANNYA TOKO SPESIFIK DAN “DALAM” (DETAIL), TAPI TOLONG DUNK KASIH REFRENSI/TIPS ILMU2NYA… SYUKUR ADA REFRENSI TEMPAT/TOKO PENYEDIA PERNIK2 KADO DAN HANTARAN

  7. Kebetulan saya punya usaha membuat kerajinan dari kain flanel seperti box tissue, frame foto, dompet koin, tempt aksesoris, gelang anak dll dgn omzet yg terus naik setiap bulan nya krn target market sya adalah anak sekolah, saya mempunyai penawaran bisnis kemitraan dgn modal 5 jt sudah mempunyai bisnis seperti saya silahkan hubungi saya di no 085222371358, 0263280127 fb. Mike novita

  8. wah saya sgt terkarik nih… mmg dr dulu pengennya buka usaha yg begini, buka di lingkungan sekolah yg mayoritas anak2 konsumtif… boleh juga dijalankan.. Tks…

Comments are closed.