Untung Besar dari Ayam Kampung

ayam kampung

Saat ini peternakan ayam kampung menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan. Tingginya tingkat konsumsi masyarakat akan daging ayam kampung maupun telur ayam kampung , dapat dijadikan sebagai target pasar yang cukup potensial.

Enaknya daging ayam kampung lebih diminati konsumen dibanding daging ayam boiler. Hidangan dari olahan daging ayam kampung seakan menjadi primadona penikmat kuliner. Selain rasanya yang lebih nikmat dibandingkan ayam pedaging, ayam ini juga mempunyai asupan protein yang tinggi dan rendah lemak. Permintaan akan daging ayam kampung diberbagai daerah kian melonjak sehingga ini akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Baca Juga Artikel Ini :

Sukses Bisnis Ternak Ayam Kampung

Konsumen
Hampir semua masyarakat menyukai daging ayam kampung, untuk mencari konsumen dari usaha ini pun tidak sulit. Karena banyak usaha makanan dan restoran yang menggunakan ayam kampung sebagai bahan baku usaha mereka. Jadi selain konsumen perorangan, usaha ini juga memiliki peluang untuk menjalin kerjasama dengan usaha yang membutuhkan ayam kampung. Selain itu banyak juga masyarakat yang tertarik dengan bisnis peternakan ayam ini, penjualan bibit ayam pun juga dapat dijadikan sebagai tambahan pendapatan usaha ini.

Tips sukses
Agar bisnis ayam kampung yang Anda jalankan dapat berjalan dengan sukses, sebaiknya pahami terlebih dahulu prinsip – prinsip beternak ayam kampung. Informasi dapat diperoleh dengan mengikuti pelatihan beternak ayam, maupun membaca referensi kiat sukses beternak ayam kampung dari buku yang dapat membantu pengetahuan Anda mengenai ayam kampung.

Disamping itu perhatikan pula kandang ayam serta peralatan yang mendukung usaha tersebut. Untuk kandang sebaiknya pilih tempat yang strategis dan jauh dari pemukiman warga agar tidak mencemari udara lingkungan warga sekitar. Dan hal paling penting adalah menjaga kesehatan ayam dengan memberikan vaksin agar ayam selalu sehat, serta bersihkan kandang secara rutin agar ayam tidak terjangkit penyakit yang dapat mematikan.

Cara budidaya yang bisa mendongkrak produktifitas perlu dilakukan, untuk mencapai ukuran konsumsi 700 gram hanya butuh waktu sekitar 50 – 60 hari yang dulunya bisa mencapai 90 hari. Masa panen yang singkat akan menaikkan keuntungan bagi peternak. Untuk menghasilkan ukuran konsumsi hanya dibutuhkan waktu 50 hari untuk yang jantan dan 60 hari untuk betina karena betina lebih lambat pertumbuhannya di banding yang jantan.

Hambatan
Hambatan yang biasa dihadapi para pelaku bisnis ternak ayam kampung adalah penyakit yang kadang menyerang ayam peliharaannya, seperti penyakit flu burung. Jika ayam sudah terkena penyakit, kerugian pun menjadi ancaman terbesar dari usaha tersebut. Selain itu berbagai isu negative tentang adanya flu burung, ayam tiren ( mati kemarin ), serta isu penggunaan formalin untuk mengawetkan ayam yang beredar di masyarakat, juga menurunkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi ayam.

Pemasaran
Anda dapat mulai mengenalkan usaha Anda melalui rekan – rekan maupun kerabat dekat Anda, pemasaran dari mulut ke mulut masih menjadi strategi yang membantu pemasaran sebuah usaha. Selain itu Anda juga dapat bekerjasama dengan beberapa usaha yang membutuhkan stok ayam, misalnya saja usaha jasa pemotongan ayam, usaha restoran yang membutuhkan ayam kampung, serta bekerjasama dengan dinas peternakan setempat untuk menyediakan bibit ayam kampung. Pemasaran pun juga dapat dilakukan dengan memasang iklan di media cetak maupun media elektronik, iklan melalui media online pun juga dapat dijadikan sebagai strategi untuk memasarkan ayam kampung.

Analisa Ekonomi

Spesifikasi
• Jenis        : ayam kampung pedaging
• Luas kandang : 100 m²
• Populasi     : 500 ekor
• Masa panen   : 60 hari
• Bobot panen  : 700 g
• Tingkat kematian 5 %

Investasi
Sewa kandang 1 tahun untuk 4 periode  Rp  2.000.000,00
Pemanas                               Rp    700.000,00
Peralatan makan dan minum             Rp    500.000,00
Terpal                                Rp    350.000,00+
Jumlah                                Rp  3.550.000,00

Biaya operasional
DOC 500 ekor @ 5.000                  Rp 2.500.000,00
Pakan prestarter 70 kg @Rp 5.000      Rp   350.000,00
Pakan starter 750 kg @Rp 6.500        Rp 4.875.000,00
Obat dan vitamin                      Rp   100.000,00
Vaksin                                Rp   200.000,00
Listrik                               Rp   200.000,00
Penyusutan sewa kandang               Rp   250.000,00
Penyusutan pemanas                    Rp    75.000,00
Pemyusutan peralatan makan dan minum  Rp    31.250,00
Penyusutan terpal                     Rp    17.500,00
Tenaga kerja   @ 700.000 x 2 x 2bl    Rp 2.800.000,00+
Total biaya                           Rp 11.398.750,00

Omzet
400 ekor x Rp 40.000,00                Rp 16.000.000,00

Laba
Rp 16.000.000,00 – Rp 11.398.750,00    Rp  4.601.250,00

Untung besar dari ayam kampung dapat dijadikan sebagai salah satu ide bisnis yang menjanjikan. Selalu ada peluang untuk meraih kesuksesan, jika Anda mau berusaha keras. Semoga bermanfaat dan salam sukses.
(Sumber gambar: http://www.iptek.net.id/ind/warintek/GAMBAR/4a17.gif)

76 Komentar

  1. dengan keadaan alam yang sangat sejuk ditempat sy,tepatnya di daerah lombok NTB sy igin membuka usaha ayam kampung..kira2 ada yang mau bekerja sama gak ?

    kalo ada yang mau bekerjasama bisa menghubungi sy di facebook sy : aryrahmanqu@yahoo.com

    thanks

    faturrahman

  2. Subhanallah Alhamdulillah …terima kasih Ya Allah atas di berikannya waktu utk membuka situs ini …oh ya nama saya agus saya sudah bikin kandang untuk ayam kampung tapi di mana beli doc nya ..saya orang ciamis jawabarat ,….kalau ada yang mau kasih info saya ucapkan terima kasih …

  3. thanks atas info nya mohon bantu informasi penyedia dok daerah kaltim,..di tunggu infomya..

    salam//Yusri

  4. Saya mau tanya perlukah kandang di semprot dengan obat untuk pemeliharaan ayam kampung???, dan siapa yang mau membeli (Menampung) ayam didaerah Bantul Yogyakarta

  5. saya mencoba berusaha untuk memulia usaha ternak ayam kampung namun masih ada kendala yaitu pemasarannya, mohon informasi kalau ada yang mau menampung nya. saya berasal dari BanjaRnegara, jateng

  6. saya tertarik berbisnis ayam kampung. kendalanya dalah dimana saya bisa mendapatkan bibit anak ayam kampung.tolong berikan saya imformasi dari anda. saya ucapkan terimakasih. bang amin.

  7. bagi semua penyedia doc diwilayah jogja dan sekitarnya mohon konfirmasi harga satu ekor doc nya aq baru nyari penyetok besar atau kecil yang sewaktu2 bisa pesen..
    tak tunggu komfirmasinya di emailku x_treme_66@yahoo.co.id

  8. terima kasih atas infonya, saya ingin bertanya lebih dalam lagi karna saya sangat tertarik sekali dengan bisnis ayam kampung,pertanyaan saya
    1. bagaimana mengenai perawatannya?
    2. pemasarannya
    terima kasih atas kerjasamanya… saya tunggu info lebih lanjut

  9. assalamu alaikum
    UT. linca
    saya ingin menginformasikan kepada rekan rekan/ restaurant/ yg bergerak pada bidang Jasa makanan atau spesialis menyediakan menu ayam kampung bahwa saya menyediakan ayam kampung yg sdh siap serta harga yang bersaing… dijamin halal
    apabila ada yg berminat untuk info lebih lanjut silahkan hub. 081 355 009 200 (lim)
    email : lim_r00@yahoo.co.id

  10. Mohon informasinya mengenai sewa kandang ayam, Saya mau berinvestasi ayam Broiler/Pedaging atau Kampung yang berlokasi di Bandung, kapasitas kandang kalau bisa 3000 ekor up. Terima kasih atas perhatiannya.
    Ini alamat email Saya: riqey_w@yahoo.com

  11. TERSEDIA:
    1. Telur tetas dan DOC ayam kampung
    2. Telur tetas dan DOC ayam pelung
    3. Telur tetas dan DOC ayam bangkok

    Fasilitas,
    Stok 1000/minggu,
    Panduan pemeliharaan, pencegahan hama dan konsultasi pemasaran khusus klien

    Hubungi:
    Diva Anugerah, 0857-1116-3106 / 0813-9895-7087

  12. Info layanan ini SANGAT bermanfaat,usaha ini sangat menarik, sy berminat pada usaha ini hanya saat ini mungkin sy kesulitan mendapat DOC mengingat smuanya ada di pulau jawa, mungkin sy perlu info yng lebih jauh mengenai hal tersebut dan vksinasi serta jenis pakan sampai umur 60 hari. Trima kasih atas informasinya, smoga Tuhan akan slalu memberkati.

  13. skrg ini saya mw mulai beternak ayam kampung smua keperluan utk peternakan nya sdh saya persiapkan semua,
    tp masalahna saya gak dlm pnjualan,
    tolong kasih sarannya, kalo ad org yg bsa nampung ayam kampung dlm jumlahan,,,,,
    karna ayam saya sdh cukup banyak,
    alamat email. indrasuhardi@ymail.com

  14. sy tertarik untuk beternak ayam kampung,tetapi kendala yg menghambat adalah sering ada wabah yg menyebabkan ayam mati seketika tanpa bisa diobati dan jumlah yang mati bisa mencapai puluhan ekor dalam waktu singkat. Kalau ada artikel atau hasil penelitian tentang wabah ini mohon dikirimkan ke email sy. Terimakasih

  15. saya tertarik bisnis ayam kampung, tapi saya kurang begitu menguasai cara pemeliharaan dan peluang pemasaranya mohon info saya tinggal di bogor

  16. mohon informasi pembeli ayam kampung. saya pelihara 1300-an ekor dan sudah siap panen sekitar 300-an ekor ukuran 0,8-0,9 kg.

    terimakasih

  17. bagimana Cara berternak ayam kampung yang baik?sedangkan lahan untuk merawat nya tidak terlau luas?

  18. Sy sdh menjelajah seluruh diindonesia dan hasilnya bahwa keuntungan utk beternak ayam kampung khusus dipulau jawa sangat minim krn hrg jual yg relatif rendah.modal yg bsr dan jg resiko kematian yg tinggi.populasi ayam kampung terbesar adalah pulau jawa dan anda bs bayangkan kl semua ahli peternak dan penyedia bibit terkumpul dipulau jawa sehingga harga jual daging sangat rendah kecuali pulau lain.sy sdh lm beternak dipulau jawa dan memilih pindah kepulau lain yg populasi ayam kampung msh minim dan perlu pengembangan.bs dibuktikan,slm Anggoroganik081931181167

  19. saya tertarik nih, tolong informasi lebih jelasnya, terutama untuk doc nya, dmn saya bisa mendapatkanya?

  20. Dimana mendapatkan DOC,,pakan prestarter dan pakan stater, saya tinggal di wilayah DIY.ada yang tahu?

  21. bagi yang butuh DOC dan ayam ukuran 0,8-1kg bisa hubungi
    085228115259 harga nego..
    stock DOC perminggu 2000 ekor
    stock ukuran 0,8-1kg kami per hari 300 ekor..

  22. Bila ada yang berminat dengan bisnis ini, saya punya gambaran prospeknya…analisa diatas dah bagus..cuma belum realistis..karena mortalitasnya cuma 5% padahal u ayam kampung paling buruk 30%, belum lagi untuk pakan starternya masih terhitung mahal. bagi yang berminat untuk mendapatkan data DOC, Pakan, hingga buku beternak yang baik, saya sediakan semua…silahkan hub HP saya di 085756766612

  23. Saya dah berhasil di ternak ayam kampung…gak repot banged kok, saya di gorontalo…no HP saya 085756766612

  24. Saya sangat tertarik dengan rubrik ini, mohon informasi rekan-rekan yang sudah mencoba… didaerah mana saja…

  25. saya punya modal posisi saya diSurabaya ,ada minat usaha ayam kampung di mana aja . bagi anda yang bersungguh2 dan jujur , kami berharap ada yang berminat untuk bekerja sama dengan saya …..trims…. hub:031-72130099 ,081230004066 ,08562099619 , 081703872666

  26. Mhn informasi detailnya, di mana mendapatkan DOC ayam kampung? Saya tinggal di daerah bekasi, terimakasih (081574691616)

Comments are closed.