Untung Terus dengan Bisnis Jamur

baglog jamurMeningkatnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi jamur, merupakan salah satu peluang bagus untuk memulai usaha tani jamur konsumsi. Perkembangan  usaha jamur konsumsi pun kini sudah sangat pesat,  misalnya saja jamur yang banyak diminati konsumen antara lain jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus), jamur kuping (Auricularia polytricha), jamur merang (Volvariella volvaceae), dan jamur shiitake (Lentinus edodes). Munculnya jamur konsumsi, dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam mengatasi masalah kekurangan pangan dan gizi yang ada saat ini. Karena berdasarkan penelitian kandungan mineral pada jamur lebih tinggi daripada daging sapi atau domba, bahkan hampir dua kali lipat jumlah garam mineral dalam sayuran.

Selain adanya peningkatan minat pasar yang ada saat ini, budidaya jamur juga terbilang peluang usaha yang tidak terlalu sulit dijalankan. Hanya saja memang dibutuhkan ketekunan yang cukup ekstra dalam melakukan perawatannya. Biasanya jamur yang banyak dibudidayakan adalah jamur tiram dan jamur kuping, karena perawatannya tidak terlalu sulit.

Konsumen

Konsumen yang menjadi sasaran pasar usaha jamur adalah masyarakat umum, serta pengusaha kuliner yang menggunakan jamur sebagai bahan masakan mereka.

Cara Memulai

Untung terus dengan  mampu meningkatkan minat para pencari usaha untuk mencoba bisnis jamur. Untuk memulai budidaya jamur tiram maupun jamur kuping tidaklah sulit. Langkah awal yang diperlukan adalah menyiapkan media tanam jamur, umumnya baglog jamur menggunakan serbuk gergaji kayu. Kemudian media yang telah disterilisasi diberikan bibit jamur yang selanjutnya akan memasuki masa inkubasi, biasanya lama pertumbuhan miselium sampai 100 % membutuhkan waktu 30 sampai 40 hari hingga jamur siap tumbuh. Bibit jamur yang sudah siap, diletakan pada rak – rak yang sudah disediakan. Sebagai catatan, pastikan sirkulasi udara yang cukup bagus pada ruangan yang digunakan untuk meletakan rak – rak jamur. Setelah perawatan kurang lebih 7 hari, jamur telah dapat dipanen.

Hambatan

Hambatan yang sering dialami para petani jamur adalah gagalnya panen yang mereka alami. Biasanya dari 1000 baglog jamur yang dibudidayakan, resiko gagal panen yang ada hanya 10 % saja. Kegagalan yang ada dikarenakan kurang maksimalnya proses sterilisasi jamur, sehingga dimungkinkan munculnya hama serangga ataupun tumbuhnya jamur lain yang dapat merusak hasil panen. Selain itu sirkulasi udara serta suhu udara yang tidak seimbang juga dapat mempengaruhi hasil panen jamur. Sehingga dibutuhkan ketelitian serta ketekunan yang lebih, untuk menghasilkan panen yang maksimal.

Kunci Sukses

Tiga faktor penting yang mempengaruhi hasil panen jamur antara lain, yang pertama memilih bibit yang berkualitas. Yang kedua proses pembuatan baglog dengan sterilisasi yang cukup dan komposisi campuran yang baik, agar mieslium dapat tumbuh dengan baik serta tidak terganggu serangga ataupun jamur lain. Dan yang terakhir yaitu suhu di dalam kubung yang seimbang, sehingga jamur dapat menghasilkan panen yang maksimal. Cukup mudah bukan???? Bagi pencari usaha, mungkin peluang untung terus dengan bisnis jamur dapat dicoba. Sukses selalu untuk usaha Anda.

11 Komentar

  1. Assalammualaikum,,,,,,,,
    saya rizal dari aceh, saya sangat tertarik dgn usaha jamur dan saya akan membuka usaha jamur di aceh, jamur utk di aceh masi dianggab makanan yg agak langka dan masi sulit utk menemukan nya, selama ini orang aceh untuk membeli jamur harus dari medan.
    Mohon infonya Pak, apa saja yg harus sy persiapkan, seperti dimana sy bisa mendapatkan bibit jamur dan sebagai nya..????
    Trimakasi, dan salam hormat saya, Rizal.

    • Terimakasih atas pertanyannya. Kami melayani pembelian baglog jamur dan bibit jamur kemasan botol. Namun untuk baglog jamur, kami hanya melayani area DIY dan jawa tengah. Namun untuk bibit botol kami bisa melayani pengirimanny asampai aceh. Apakah bpk berminat? untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Eko(085290007054).

  2. di tempat saya pertani jamur 60% mengalami kerugian, yang diakibatkan dari pasar yang tidak bagus atau belum adanya pasar khusus

  3. Pak saya tertarik mau menekuni usaha budidaya jamur.
    Keberadaan saya saat ini saya berada dijakarta yang kondisi lingkungannya panas? bisakah jamur dibudidayakan di lingkungan jakarta (utara) dan apabila tidak ada kubung bisakah dikembang biakan di didalam ruangan yang tertutup. terimakasih untuk infonya.

  4. cara mendapatkan bibit jamur dimana ya? tlg kash info lebih detail cara budidaya jamur merang dlm prakteknya. ada gak pelatihannya? trims

Comments are closed.