Usaha Dagang Mie Ayam Keliling

usaha-mie-ayam-keliling

Jika kita memang ingin berniat untuk membuka usaha, banyak cara dan banyak pilihan yang bisa kita jadikan pegangan usaha kita. Salah satu pilihannya adalah menjual masakan Mie Ayam dengan cara berkeliling menggunakan gerobak. Salah satu contoh yang bisa kita ambil adalah Rahmat. Seorang pemuda dari Klaten yang sudah 3 tahun ini menjalankan profesi sebagai penjual Mie Ayam keliling. Awalnya Rahmat ikut dengan orang lain yang memiliki usaha mie ayam di sebuah rumah makan. Namun, setelah ia dipercaya, akhirnya rahmat menjajakan sendiri dengan menggunakan gerobak yang dipinjami oleh majikannya.” Saya banyak belajar dalam menggunakan bumbu mie ayam ini. Setelah dirasa cukup dan memiliki keyakinan, akhirnya saya meminta ijin untuk menjajakan sendiri mie ayam ini ” jelas rahmat.

Dalam menjalankan usahanya ini, Rahmat juga masih menjalankan kerjasama dengan majikannya yang dulu. ” Gerobak dan supply bahan baku mie saya dapatkan dari majikan. Sedangkan bumbu lainnya saya beli sendiri di pasar ” jelasnya. Memang cara ini sangat bermanfaat bagi anda yang tidak memiliki cukup modal usaha, namun rahmat yang bercita – cita ingin membuka usaha mie ayam di warung makan menuturkan bahwa yang paling penting dari usaha mie ayam keliling ini adalah semangat untuk melaksanakanya.

Konsumen
Konsumen yang menjadi pelanggan dari usaha mie ayam ini biasanya adalah mahasiswa, anak sekolah atau orang rumahan. Selain menjual mie ayam, rahmat juga menawarkan menu minuman berupa es teh atau es jeruk, serta ceker ayam (kaki ayam) sehingga ia dapat menambah penghasilan usahanya.

Info Produk
Dalam sehari rahmat bisa menjual antara 35 – 40 porsi, dengan beberapa tambahan lauk dan minumannya. Satu porsi mie ayam, Rahmat pasarkan dengan harga Rp 5.000,00.  ” Pendapatan kotor saya setiap harinya berkisar antara Rp 150.000 – Rp 200.000. Setelah dikurangi kebutuhan besok hari dan membayar iuran gerobak, saya hanya bisa pegang uang Rp 50.000 ” ungkapnya.

Pengeluaran untuk biaya operasional dari usaha ini sebenarnya tidak terlalu banyak, bahkan bisa dikatakan sangat kecil sekali. ” Pengeluaran pokok saya adalah pembelian bahan baku, dan pembayaran iuran gerobak. Dana selebihnya saya tabung dan buat kehidupan sehari – hari ” jelas rahmat.

Dalam menggunakan alat  memasaknya, rahmat menggunakan gas elpiji yang berisi 3kg. ” Menggunakan gas elpiji jelas – jelas lebih irit dibandingkan menggunakan minyak tanah. Perhitungan harga gas elpiji sehari 13.000, sedangkan untuk minyak tanah bisa mencapai 14.000 per harinya, itu belum termasuk jika terdapat kelangkaan minyak tanah ” ujar rahmat sembari bercanda.

Rahmat menjual mie ayam setiap harinya selama 6 jam, ia mulai beroperasi pada pukul 14.00 hingga selesai, biasanya pukul 20.00 malam. Rute perjalanannya setiap harinya tidak terlalu jauh dan di setiap daerah, ia kini sudah memiliki pelanggannya sendiri – sendiri.

Kelebihan usaha
Pilihan usaha ini memiliki kelebihan, antara lain : modalnya terjangkau, tidak membutuhkan keahlian khusus yang diperoleh jangka waktu lama, dan tidak bergantung pada orang lain.

Kekurangan usaha
Banyaknya pedagang mie ayam keliling saat ini, menjadi salah satu kekurangan usaha ini. Sebaiknya Anda memberikan inovasi baru pada produk mie ayam Anda. Misalnya saja dengan menciptakan mie ayam ceker, mie ayam paha, dan mie ayam pangsit. Sehingga usaha mia ayam keliling Anda lebih diminati konsumen.

Pemasaran
Pemasaran mia ayam keliling tidak terlalu aktif seperti pemasaran usaha lain, biasanya promosi yang dilakukan pedagang baru yaitu memberikan harga yang lebih murah. Misalnya saja memberikan harga 5ribu dengan porsi yang lebih banyak daripada mie ayam lainnya. Selain itu pemasaran juga dapat dilakukan dengan menjaga kualitas rasa mie ayam, sehingga pemasaran dapat meluas dari mulut ke mulut. Cara ketiga yaitu dengan menghiasi gerobaknya dengan tulisan “ MIE AYAM ” agar para konsumen mengenali usaha Anda.

Kunci sukses
Kunci dalam usaha ini adalah tetap menjaga citra rasa dari mie ayam ini dan sering berkomunikasi dengan pelanggannya. Hal inilah yang membuat pelanggan menjadi loyal terhadap usaha kita, karena sudah saling mengenal dan rasanya pun tetap nikmat. Selain itu juga, pengaturan keuangan setiap harinya juga menentukan pengembangan dari usaha mie ayam ini. Jika kita tidak sering menabung dan menghitung keuntungan bersihnya, maka kita tidak akan bisa berkembang sesuai dengan keinginan. Karena pendapatan yang kita peroleh hanya digunakan untuk kepentingan sehari – hari, dan tidak ada dana untuk pengembangan usaha.

Jika usaha dagang mie ayam keliling sudah memiliki pelanggan yang loyal, maka pada tahap perkembangannya bisa diarahkan dengan memiliki ruang usaha sendiri. Namun lokasinya tidak jauh dari konsumen yang pelanggan terdahulu. Sehingga dapat menarik konsumen lebih banyak lagi, dengan waktu yang lebih fleksibel.

Analisa Ekonomi Sederhana:
Catatan Peralatan masak,dan gerobak masih menyewa

Modal Investasi
Bahan Baku                     : Rp 150.000
Peralatan Makan                : Rp 350.000
Biaya lain – lain              : Rp  25.000+
TOTAL                          : Rp 525.000

Omset per hari
Rp 5.000,00 x 40 porsi         : Rp 200.000

Pengeluaran per hari
Pembelian bahan baku           : Rp 125.000
Sewa gerobak dan alat masak    : Rp  25.000
Gas Elpiji 3kg /2 hr           : Rp   8.000
lain – lain                    : Rp   5.000+
TOTAL                          : Rp 163.000

Laba Bersih setiap hari        : Rp  37.000
Laba Bersih / bln              : Rp 1.110.000

(Sumber : Tim bisnisUKM)

5 thoughts on “Usaha Dagang Mie Ayam Keliling”

  1. Saya ingin sekali usaha mie ayam keliling ataupun mangkal, namun dimana bisa belajar membuat usaha ini ya ?? tolong bantu infonya ya.. no telp 085645729877

  2. Saya peminat mie ayam dan ingin sekali usaha mie ayam keliling ataupun mangkal, namun dimana bisa belajar membuat usaha ini ya ?? tolong bantu infonya ya..tentunya saya hanya punya modal kecil no telp 08170743212

  3. Saya peminat mie ayam dan ingin sekali usaha mie ayam keliling ataupun mangkal, namun dimana bisa belajar membuat usaha ini ya ?? tolong bantu infonya ya..tentunya saya hanya punya modal kecil no telp 021.33599953

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba