Bisnis Kuliner

Usaha Pempek Untuk Ibu Rumah Tangga, Yuk Cobain

Usaha Pempek Untuk Ibu Rumah Tangga, Yuk Cobain

Kebutuhan finansial merupakan kebutuhan pokok setiap individu, apalagi ketika sudah berkeluarga harus mempunyai finansial yang cukup untuk menunjang kebutuhan sehari – hari. Seorang kepala keluarga harus bisa memberikan kebutuhan finansial yang cukup kepada keluarganya, karena ada beberapa kasus yang mengakibatkan pertakaian rumah tangga karena masalah finansial ini.

Banyak ibu – ibu rumah tangga yang tidak bekerja di luar karena keterbatasannya mengurusi rumah tangga, nah disini ada peluang usaha untuk ibu – ibu rumah tangga yang ingin menjalankan usaha namun pasarnya lumayan tinggi. Yups bisnis di bidang kuliner sangatlah menjanjikan pasarnya, salah satunya pempek.

Pempek atau empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging ikan yang digiling lembut dan tepung kanji, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih yang dihaluskan, penyedap rasa dan garam. Namun ada beberapa empek – empek yang tidak terbuat daging ikan tapi dari daging ayam dan beberapa varian lainnya.

Bagaimana Cara Penjualan Usaha Pempek?

Lalu bagaimana cara penjualan pempek ini agar lebih efektif? Nah ada 2 metode nih yang bisa kamu terapkan, diantaranya :

Secara Offline

Untuk pemasaran yang bisa Penjualan secara offline, yaitu penjualan yang dilakukan dengan tatap muka langsung kepada pelanggan dan terjadi transaksi ditempat. Bisa juga kamu titipkan di warung-warung atau toko terdekat dirumah. Bisa juga kamu sebarkan brosur yang menawarkan promosi potongan harga atau voucher, bisa juga pasang pamflet untuk mengenalkan produkmu.

Secara online

Penjualan secara online dinilai sangat efektif karena jangkauannya lebih luas dan responya lebih cepat dibandingkan dengan cara offline. Dengan adanya berbagai media online, seperti masuk di marketplace, web, ataupun lewat media sosial.

Usaha Pempek? Cek Dulu Resepnya

Bahan :

  • Ikan tenggiri 300 gram, dihaluskan
  • Tepung terigu 125 gram
  • Garam 2 sdt, atau secukupnya
  • Tepung tapioca/sagu 200 gram
  • Penyedap rasa seperempat sendok the
  • Gula pasir 1 sendok the
  • 1 siung bawang putih
  • Air bersih 250 ml
  • Telur ayam 2 butir

Bahan cuka empek – empek :

  • Gula merah/aren 250 gr
  • Air asam jawa 50 gr
  • Mentimun segar, potong kecil – kecil
  • Cabai rawit dihaluskan
  • Air bersih 1 liter
  • Bawang putih 200 gr cincang halus
  • Ebi kering 2 sendok makan dihaluskan

Cara pembuatan cuka :

  1. Panaskan air terlebih dahulu sampai setengah mendidih dengan air sedang
  2. Masukkan asam jawa bersamaan gula dengan gula merah rebus sampai benar – benar mendidih dengan baik
  3. Tambahkan bawang putih beserta cabe rawit dan garam secukupnya aduk hingga rata
  4. Setelah matang, cicipi jika sudah pas rasanya, simpan ditempat yang aman dan bersih

Cara membuat empek – empek :

  1. Masak air terlebih dahulu
  2. Masukkan penyedap rasa, garam secukupnya, bawang putih, gula pasir, dan tepung terigu.
  3. Aduk semua barang hingga adonan benar – benar merata
  4. Pastikan adonan sangat mengental lalu angkat dan dinginkan
  5. Setelah adonan jadi campur adonan tersebut dengan campuran ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dan juga telur
  6. Olesi semuanya dengan adonan hingga terasa lembut
  7. Setelah itu beri tepung sagu dan aduk kembali sampai rata, olesi juga secara pelan – pelan.
  8. Jika sudah lengket dan susah dibentuk, maka tambahkan tepung sagu lagi hingga adonan bisa dibentuk dengan baik.
  9. Lalu rebus kembali air bersih, dan masukkan adonan empeknya
  10. Cara memasukkan adalah dengan membuatnya bulat pipih dan isi telur
  11. Rebus semuanya hingga mendidih dan mengapung, tunggu hingga matang, angkat dan tiriskan
  12. Goreng adonan tersebut ketika hendak disajikan

Nah jika ikan tenggiri tidak ada maka bisa diganti dengan yang lain, seperti ayam, atau variasi lainnya. Semakin sering mencoba maka hasil akan lebih maksimal, dan bisa membuat secara konstan. Supaya empek – empek bisa awet dan tahan lama, masukkan ke kulkas. Semoga bermanfaat.

Gimana Cara Membuat Usaha Pempek Lebih Menarik?

Kamu mau cari kemasan lainnya yang cocok untuk camilan ini? Bisa banget pilih sesuai keinginan. Bisa kunjungi website diKemas.comkamu bisa menemukan berbagai kemasan menarik dengan desain yang menarik pula. Keuntungan yang bisa kamu peroleh pun banyak sekali, yaitu konsultasi desain gratis, desain gratis , harga murah, banyak bonusnya. Cuss kepoin aja deh terus langsung order kemasan di dikemas.com. Cuman dikemas soulusi terbaik mencari kemasan dengan desain yang kece dan kekinian. Bagaimana, kamu tertarik?

Nah kalo mau dapet inspirasi ide usaha lainya, strategi pemasaran serta tips dan trik memulai usaha bisa kunjungi website bisnisukm.com atau baca inspirasi pengusaha sukses, dari bisnis kuliner sampai peternakan.

Dapatkan pula beberapa video inspirasi usaha untuk pemua dan inspirasi usaha dari para pengusaha sukses berikut ini. Ada sedikitnya 50 lebih pegusaha cafe, restoran, rumah makan yang bisa jadi inspirasai kamu. Berbagai strategi pemasaran, resep, pengembangan SDM, keuangan, modal usaha, tips dan trik membangun usaha dari nol. Semua ada di website bisnis kuliner.id. Untuk mengetahui lebih lengkapnya ide-ide usaha lainnya bisa mengunjungi video dari bisniskuliner.id atau bisa KLIK DISINI.

Kamu tertarik mencoba? Silahkan semoga berhasi dalam memulai usaha ini. Semoga ide-ide usaha diatas dapat bermanfaat buat kamu. Salam sukses !