Usaha Kerajinan Tempurung Kelapa Tembus Pasar Mancanegara

usaha-kerajinan-tempurung-kelapaAnda tahu batok atau tempurung kelapa? Bagi kebanyakan orang tempurung kelapa mungkin tidak berguna. Padahal sebenarnya tempurung kelapa justru sangat berguna untuk dijadikan kerajinan.
Siapa sangka dengan bermodalkan limbah tempurung yang dimodifikasi dengan tali pandan dan pelepah pisang, menjadikan produk yang satu ini bernilai seni dan semakin banyak diminati. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika aneka barang kerajinan berbahan baku tempurung kelapa muda ini kerap ditemui disetiap pusat perbelanjaan di daerah kota wisata seperti Jogja, Bali, dan Lombok.

Berbagai Macam Bentuk

Kerajinan tempurung kelapa banyak dijajakan untuk dijadikan buah tangan dengan berbagai macam bentuk. Mulai dari aksesoris perempuan seperti jepitan, bingkai foto, hingga perabotan rumah tangga layaknya sendok dan mangkuk.
Selain itu batok kelapa juga bisa dibentuk menjadi gelas minum, nampan, penutup lampu, sendok, garpu, atau sendok sayur. Dengan sentuhan seni yang sangat halus, hasil kerajinan batok kelapa tersebut terlihat sangat artistik. Bahkan hasil dari kerajinan tempurung kelapa ini bisa berupa ragam tas dengan berbagai bentuk (model) dan ukuran, beragam bentuk model rel gorden, cup lampu, peci, manik-manik/kancing, dan lain-lain.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerajianan dari batok kelapa cukup mudah untuk didapatkan, seperti lem kayu, tangkel (batok kelapa), dempul, melamin, amplas dan cat. Selain itu texwood juga dibutuhkan untuk dijadikan rangka kerajinan seperti produk meja dan lemari kecil yang bagian luarnya ditempeli tangkel.Agar terlihat artistik, serat dari tempurung kelapa harus ditonjolkan. Karena diseratlah melekat nilai seni yang kuat daripada usaha ini, selain bentuk-bentuk unik yang dibuat.

113 Komentar

  1. aq mempunyai keinginan seandainya aq bisa menyulap limbah2 tersebut menjadi barang yang berguna pasti sampah tak akan numpuk dimana-mana

  2. saya terinspirasi dengan kerajinan dari batok kelapa ni, karena di desa saya, pringsewu lampung, banyak kelapa dan belum di manfaatkan batoknya jadi kerajinan, biasanya hanya dijadikan arang, saya minta infonya mengenai cara pembuatannya, seperti gelas, mangkuk, dll. karena saya belum terpikir batok kan bulat, ko bisa jadi sebentuk gelas dan mangkuk..

  3. Saya ingin bikin untuk aksesoris interior dari batok kelapa yang dipotong ukuran sekitar 1x2cm, bisa saya peroleh dimana dan berapa harganya?

  4. Saya sangat tertarik sekali dengan bisnis kerajinan dari batok kelapa ini dimana ditempat saya tinggal sekarang memiliki Pohon Kelapa yang sangat banyak. Mohon kiranya info untuk pengembahangan bisnis ini ke email saya rakhmatgibran@gmail.com,
    terima Kasih

  5. mas, mau tanya harga batok kelapa uk. setengah lingkaran tang sudah di pernis berapa ya ? kalau pesan 100 pcs ada discount gak. Terima kasih

  6. saya punya stock areng batok banyak sekali…biasa trima harga berapa?…dan saya siap beli bahan arang batoknya…

  7. sperti tman2 yg lain yg ingin brwirausaha mlakui btok klapa..
    sya brminat mmulaimya, di lngkngan sy bnyk lmbah btok yg tdk trpkai tapi ilmu pmbuatan, alat2 & bahan sya blum tau,, stdaknya sya dpt tman / ank rmja lainya.

    Mohon bntuanya..
    email sya: azwar.anas33@yahoo.com
    bsar harapn saya.
    trimksh.

  8. hi…
    salam kenam
    bolehkah saya melihat koleksi atau contoh-contoh barang yang dibuat dari tempurung???

  9. aku udah bikin macem2 produk kerajinan.tapi susah memasarkannya,terutama di kota kecil.aku butuh banget seseorang yang mau menampung hasil karyaku…..

  10. Salam kenal………..
    Klo untuk daerah Depok ada tidak alamat pengrajin batok kelapa??? Atau no tlp nya???
    Klo boleh saya minta donk…….???
    Trimakasih……………

  11. saya ingin tau,tempurung kelapa yang digunakan kelapa tua atau bisa kelapa muda?dimana kita bisa belajar pengolahan tempurung kelapa?mksh

  12. Saya berasal dari kota Tanggerang, saya ingin sekali menjadi seorang Wirausaha, khususnya saya ingin sekali membuat kerajinan dari Batok Kelapa, menurut saya Bahan2 nya mudah d dapat, kiranya saya bisa diberikan pengarahannya, Terima Kasih.

  13. Salam Solidaritas. Saya seorang pengusaha muda yang selalu mencari peluang-peluang usaha. beberapa hari yang lalu saya di komfrom ama teman soal batok kelapa. kebetulan didaerah saya cukup banyak potensi itu dan saya sudah melakukan sorvei. oleh karena itu melalui web ini kiranya berkenaan saya butuh informasi soal pasar ekspor atau networking yg bisa saya lakukan kerjasama. info selanjutnya saya mohon dihubungi dengan alamat Kontak : 081288888946- Email : msr.indonesia@yahoo.com – PIN BB : 2301A888. salam

  14. saya Albar dari Sulawesi, didaerah saya Batok kelapa dan sejenisnya hanya dijadikan limbah yang tidak punya arti, olehnya itu ini ada peluang bisnis gimana cara memanfaatkan potensi itu, biar bisa berguna dan punya nilai Jual. hubungi saya 085270098726.terima kasih.

  15. saya punya produk dari bahan baku tempurung kelapa dan saya jadikan parquet (flooring). untuk itu saya mohon bantuan untuk pemasarannya, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
    terima kasih.

    • maaf saya ingin tanya Bentuk Kreasi yang Anda miliki dari Kerajianan Tempurung Kelapa, apa saja ?
      No Hp dan Alamat Lengkap Anda ?

  16. Hello.. Salam kenal.
    Saya sdh lama menyukai kerajinan jenis batok kelapa ini. Dulu sering liat pengrajin di jogja.

    Kalo bisa,tolong bantu sy utk info bgmn menjadi resseler kerajinan ini.

    Sy mau coba usaha dagang kerajinan yg unik2 t’masuk batok kelapa.

    Terima kasih.
    Salam

  17. saya berasal dari kota Jember kecamatan ambulu,sya tertarik dengan usaha batok kelapa tapi sya membutuhkan informasi untuk kursus,mohon bantuannya y…085233886890…produksi kelapa di daerah sya lumayan bnyk…..

  18. saya pengusaha kerajinan batok kelapa dari tuban jatim, trima pesanan sgala macam jenis kerajinan tempurung kelapa.. bisa partai atau satuan. hub. 085646187474

  19. bisa minta dkirimkan bgaimana cara pembuatanny?!
    sy tertarik skali,mohon bimbingannya,kira2 pmasaran ny bgaimana?
    trimakasih

  20. Saya Baru mulai usaha kerajinan batok kelapa…..
    mohon bimbinganya…
    dari mana saya mulai dan bagai mana cara pemasaranya..
    kira** ada ngak pemasaran khusus di kota palembang,,,?
    Tolong bimbinganya..
    Hubungi nomor telp saya…
    081367069616

  21. aku juga lagi planing pengen buat usaha yang berkaitan dengan batok kelapa
    tolong kasih tau,aku harus mulai darimana dan bagaimana pemasarannya
    mohon pencerahan

    #mirza 085640408200

Komentar ditutup.