Usaha Keripik Nangka Inovasikan Buah Manis Jadi Camilan Gurih!

Usaha keripik buah nangka menarik untuk dicoba apalagi buat kamu yang sedang cari ide bisnis sampingan. Untuk memulai usaha keripik nangka ini pada dasarnya tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk pemasarannya. Cukup manfaatkan bisnis konsinyasi dengan menitipkan produk keripik nangka ke beberapa toko penyalur. Kamu juga bisa memanfaatkan open reseller untuk menjalankan usaha keripik nangka ini.

Buah nangka merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari India dan menyebar ke daerah tropis termasuk Indonesia. Berdasarkan pohon dan ukuran buah nangka terbagi dua golongan yaitu pohon nangka buah besar dan pohon nangka buah mini. Nangka buah besar tingginya mencapai 20-30 meter dengan diameter batang mencapai 80 cm dan umur mulai berbuah sekitar 5-10 tahun. Sementara nangka buah kecil tingginya mencapai 6-9 m meter dengan diameter batang mencapai 15-25 cm dan umur mulai berbuah sekitar 18-24 bulan.

Daging buah nangka selain dikonsumsi dalam bentuk buah utuh juga dimanfaatkan untuk olahan sayuran, minuman, serta keripik. Bisa dibilang buah nangka ini bisa diolah menjadi berbagai sajian kuliner yang menarik. Bahkan beberapa orang juga memanfaatkan biji buah nangka untuk dijadikan camilan layaknya kacang rebus. Salah satu olahan nangka yang sekarang ini bisa jadi peluang bisnis adalah keripik buah nangka. Citarasa orisinal dari nangka cenderung manis tapi ketika diolah menjadi keripik bisa diinovasikan jadi camilan sehat yang gurih.

Usaha Keripik Nangka Inovasikan Buah Manis Jadi Camilan Gurih!

Peluang Usaha Keripik Nangka

Usaha keripik nangka peluangnya masih terbuka lebar. Apalagi sekarang ini makin banyak orang yang peduli dengan gaya hidup sehat. Di mana sajian makanan sehat, berbagai minuman sehat, sampai camilan sehat menjadi produk yang paling banyak dicari di pasaran. Sekarang ini banyak bisnis kuliner yang fokus pada produk healthy food karena memang punya peluang yang menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan dari tren gaya hidup sehat.

Untuk memulai usaha keripik nangka ini kamu perlu menentukan terlebih dahulu olahan keripik seperti apa yang akan kamu produksi. Ada beberapa teknik pengolahan keripik nangka yang bisa kamu pilih. Mulai dari keripik nangka goreng, freez dried, atau vacuum fried. Kalau dari inovasi produknya kamu bisa sajikan dengan citarasa orisinal manis, gurih, atau citarasa lainnya seperti pedas gurih, cokelat, vanilla, serta variasi rasa lainnya.

Kelebihan

Sekarang ini banyak orang yang cenderung lebih suka membeli produk makanan sehat. Termasuk untuk produk-produk camilannya. Keripik nangka menjadi salah satu produk camilan sehat yang akan banyak diminati konsumen. Untuk segmen pasarnya juga bisa menjangkau banyak kalangan. Mulai dari anak muda sampai orang tua. Begitu juga dengan citarasa dari keripik nangka itu sendiri yang masih bisa diterima kebanyakan orang. Dari citarasa tidak terlalu asing untuk kebanyakan orang Indonesia.

Kekurangan

Terkadang bahan baku keripik buah nangka sulit didapatkan. Jadi sebelum memulai usaha ini kamu harus survey terlebih dahulu soal ketersediaan bahan baku di wilayah kamu menjalankan usaha. Kalau bisa kamu sudah jalin kerjasama dengan supplier buah nangka supaya tidak akan menghambat proses produksi. Sementara ancaman yang mungkin terjadi adalah munculnya pengusaha lain yang menjajal peruntungan dalam usaha keripik nangka. Tapi ketika kamu bisa berinovasi dengan hal-hal baru, kamu punya value yang kuat untuk bisa bersaing di pasaran.

Resep untuk Usaha Keripik Nangka

Untuk memulai usaha keripik nangka tetunya kamu perlu resep dengan racikan bahan yang pas dan citarasanya juga sesuai dengan selera pasar. Bahan baku untuk membuat keripik nangka bisa kamu dapatkan di pasaran. Mulai dari bahan baku utama yaitu buah nangka dan bahan pendukung lainnya. Berikut ini resep yang bisa kamu kembangkan untuk memulai usaha keripik nangka.

Bahan

– 1 kg buah nangka

– Air 1 ½ liter

– 75 gram garam

– 150 gram gula pasir

– Air kapur sirih untuk merendam

– 2 liter minyak goreng

Cara Membuat

1. Belah buang nangka menjadi dua bagian. Pisahkan antara daging dan biji buah nangka.

2. Rendam daging buah nangka dalam air kapur sirih selama 5 jam untuk menghilangkan lengketnya.

3. Setelah direndam selama 5 jam kemudian diangkat, cuci bersih, dan tiriskan.

4. Iris buah nangka menjadi tipis-tipis sesuai kebutuhan. Campurkan dengan gula dan garam. Tunggu sampai meresap. Kemudian keringkan.

5. Goreng buah nangka yang telah kering ke dalam wajang yang berisi minyak panas. Sampai matang dengan tanda sudah tidak ada buih yang terlihat. Pastikan saat menggoreng, minyak gorengnya penuh sampai merendam nangka.

6. Setelah matang angkat keripik buah nangka dan tiriskan sampai minyaknya tuntas.

7. Simpan keripik nangka dalam kemasan snack kedap udara supaya keripik tetap renyah dan citarasanya terjaga.

Analisa Modal Usaha Keripik Nangka

Kalau kamu tertarik untuk mencoba usaha keripik nangka dengan skala kecil atau rumahan, cukuplah dengan mulai investasi di peralatan yang tidak terlalu banyak. Kamu juga bisa memanfaatkan peralatan masak yang sudah ada di rumah. Berikut ini analisa modal yang bisa kamu jadikan gambaran.

Investasi Awal

– Kompor + Tabung Gas Rp300.000

– Wajan Besar Rp100.000

– Baskom Rp50.000

– Alat tambahan Rp75.000

– Biaya lain Rp52.500

Total Investasi Awal Rp577.500

Biaya Operasional

– Buah Nangka 1 kg Rp39.000 x  25 Hari Rp975.000

– Minyak goreng 2 liter Rp22.000 x 25 Rp550.000

– Gula pasir 1 kg Rp12.000 x 25 Rp300.000

– Garam 1 kg Rp20.000 x 6 Rp120.000

– Kapur sirih 1 kg Rp9.000 x 12 Rp108.000

– Kemasan keripik STP plastik 50pcs Rp27.000 x 10 Rp270.000

– Tabung gas per bulan Rp20.000 x 13 Rp260.000

– Transportasi, listrik, dan pulsa sebulan Rp 500.000

– Biaya Lain Rp308.300

– Total Biaya Operasinal Usaha Keripik Nangka Rp3.391.300

Pendapatan Per Bulan

Keripik buah nangka dijual Rp12.000 per bungkus 200 gram

Rata-rata penjualan per hari 20 bungkus keripik nangka

Penjualan per bulan Rp12.000 x 20 bungkus x 25 hari) Rp6.000.000

Laba Bersih Per Bulan

Pendapatan – Biaya Operasional

Rp6.000.000 – Rp3.391.300

Laba = Rp2.608.700

ROI (Return of Investment)

Investasi Awal : Laba Bersih Per Bulan

Rp577.500 : Rp2.608.700 = 0,2 maka dalam kurun waktu kurang dari satu bulan sudah bisa balik modal.

Itulah ulasan tentang ide usaha keripik nangka yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai bisnis camilan. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kamu. Teruslah berkembang untuk menjadikan usaha makanan ringan yang kamu jalankan makin #NaikKelas ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang terdorong untuk memulai bisnis!

Ikuti terus tulisan tentang usaha camilan menarik lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba