Usaha Meraup Rupiah dengan Budidaya Jangkrik

Perkembangan budidaya jangkrik (Liogryllus Bimaculatus) di berbagai wilayah di Indonesia dewasa ini skalanya cukup besar, begitu juga dengan seminar-seminar tentang budidaya jangkrik yang banyak diadakan di berbagai kota. Budidaya jangkrik banyak dilakukan mengingat waktu yang dibutuhkan untuk produksi telur yang akan diperdagangkan hanya memerlukan waktu ± 2-4 minggu. Sedangkan untuk produksi jangkrik untuk pakan ikan dan burung maupun untuk diambil tepungnya, hanya memerlukan 2- 3 bulan. Jangkrik betina mempunyai siklus hidup ± 3 bulan, sedangkan jantan kurang dari 3 bulan. Dalam siklus hidupnya jangkrik betina mampu memproduksi lebih dari 500 butir telur.

Usaha budidaya jangkrik memang bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menguntungkan, baik sebagai usaha sampingan maupun usaha berskala besar. Apalagi setelah ditemukan adanya kandungan zat-zat penting yang sangat bermanfaat. Tidak hanya sebagai pakan burung kicauan dan ikan, tetapi juga sebagai bahan baku industri. Di samping itu, beternak jangkrik bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Semua orang bisa dengan mudah belajar beternak jangkrik.

Penyebaran jangkrik sendiri di berbagai wilayah Indonesia cukup merata, namun untuk kota-kota besar yang konsumennya para penggemar burung dan ikan, pada awalnya sangat tergantung pada jangkrik yang berasal dari alam, namun lama kelamaan jangkrik yang ada di alam pun saat ini semakin berkurang. Sehingga budidaya jangkrik bisa dikembangkan sebagai peluang usaha yang cukup bagus dalam sebuah skala industri.

Beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam pemilihan lokasi pembudidayaan, antara lain:

  1. Lokasi yang digunakan sebagai tempat budidaya jangkrik harus tenang, teduh dan mendapat sirkulasi udara yang baik.
  2. Lokasi tersebut juga jauh dari sumber-sumber kebisingan seperti pasar, jalan raya dan lain   sebagainya.
  3. Tidak mendapat sinar matahari secara langsung atau berlebihan.

Budidaya jangkrik merupakan alternative usaha yang cukup mudah dan menguntungkan jika dikerjakan dengan serius. Selain ramah lingkungan, dari segi permodalan juga relatif terjangkau. Selain itu, masa pemeliharaannya juga relatif singkat. Jangkrik umur 35 hari sudah bisa dipanen. Dengan fakta tersebut, maka dibutuhkan beberapa persiapan yang matang dan serius untuk memulainya.Langkah-langkah yang dilaksanakan, berupa:

1. Penyiapan Sarana dan Peralatan

Dalam hal ini pembuatan sarana berupa kandang harus dilakukan pertama kali. Kandang untuk jangkrik menurut hasil pemantauan dilapangan dan pengalaman peternak biasanya berbentuk persegi panjang dengan ketinggian 30-50 cm, lebar 60-100 cm sedangkan panjangnya 120-200 cm.

Kandang dapat dibuat dari kayu dengan rangka kaso, namun untuk mengirit biaya, maka dinding kandang dapat dibuat dari triplek. Kandang biasanya dibuat bersusun, dan kandang paling bawah mempunyai minimal empat kaki penyangga. Untuk menghindari gangguan binatang seperti semut, tikus, cecak dan serangga lainnya, maka keempat kaki kandang dialasi mangkuk yang berisi air, minyak tanah atau juga vaseline (gemuk) yang dilumurkan ditiap kaki penyangga.

2. Peyiapan Bibit dari indukan

Bibit yang diperlukan untuk dibesarkan haruslah yang sehat,tidak sakit, tidak cacat (sungut atau kaki patah) dan umurnya sekitar 10-20 hari. Sementara Calon induk jangkrik yang baik adalah jangkrik-jangkrik yang berasal dari tangkapan alam bebas, karena biasanya memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Kalaupun induk betina tidak dapat dari hasil tangkapan alam bebas, maka induk dapat dibeli dari peternakan. Sedangkan induk jantan diusahakan dari alam bebas, karena lebih agresif.

3.    Pemeliharaan

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan antara lain:

  • Sanitasi dan Tindakan Preventif
  • Pengontrolan Penyakit
  • Perawatan Ternak
  • Pemberian Pakan
  • Pemeliharaan Kandang

(Sumber gambar:http://wb8.itrademarket.com/pdimage/58/1205758_images.jpg)

292 Comments

  1. gan bagi info pengepul daerah cikarang bekasi bogor karawang . kalo gak bagi info sma shering masalah jangkrik .. hub 089650529269,,

    • kami sudah berjalan budi daya jangkrik, sementara kami menjual kepada pengecer pakan burung di tempat saya berada itupun konsumennya masih terbatas terutama untuk jangkrik kalung. barangkali bapak bisa bantu saya dalam hal pemasaran, Terimakasih atas shering infonya.

  2. Utk tmpat nya sndiri kebetulan saya ada tmpat di samping rumah agk jauh dri jalan raya..klw emang ada Tmpat utk mndapatkn bibit/tlur jangkerik yg trdkat sama. Wilyah sya ni no hp sya:tlp_02195056398

  3. Saya ingin brtrnak jangkrik.namun untuk mndapatkn bibit/tlur jangkrik sya hrus cari di mana,saya tinggal di daerah tangerang,pasarkemis,

  4. Saya tertarik pingin usaha jangkrik cuma bli telunya dan pemasarannya dimana nantinya untuk wilayah tanggerang kabupaten kec.legok

  5. Maaf seblm nya. Klo menurut sy. Utk pemasaran, ada baik nya qt peternak langsung terjun kelapangan. Misal ke pasar2 burung atau pengecer jangkrik di daerah sekitar. Trims.

  6. saya mau ternak jangkrik,tp pemasarannya gimana.mau jual k siapa.saya tgl di jambi.kab.muaro jambi.kalo ada pengepul hub.saya

    • Saya peternak di Metro Lampung. Untuk pemasaran tdk begitu sulit. Saya hanya mau tanya mungkin agan2 punya resep utk pakan jangkrik biar cepat besar. Trims

    • @joe
      boleh minta infonya bang joe ttg jangkrik..
      saya mau belajar ternak jangkrik tapi blm tau beli telur jangkriknya dimana..??

  7. Saya baru usaha penetasan telur jangkrik …. saya berada di pekanbaru …. saya mau tau pemasan jangkrik di pekanbaru … terima kasih saya tunggu infonya

  8. saya baru belajar ternak jangkrik,tp jadi agak kurang mantap hati karena ragu akan pemasaran nya,di sekitar Medan,SUMUT dimana ya tempat pemasaran jangkrik.trimkas!!!

  9. Jika anda yg membthkan telur atau jangkrik silahkan hbung! Saya
    083846155128

    kalo anda msh bnggung s0al pemasaranya silahkan set0rkan ke kami kmbali

    tentunya dg harga yg brlaku di pasaran

    • salam kenal selum nya pak dani,,,,saya alvin,,saya mau setorkan jangkrik ke bapak ap bs????dan saya mau tanya ni ap 1 ons bibit jangkrik gk bs menghasilkan lebih dr 8 kg berapa no hp bapak?????

  10. saya ingin bisnis jangkrik tpi saya masih bingung pemasarannya kemana apakah di tegal, pemalang, atau pekalongan ada pengepulnya. posisi saya di tegal

  11. saya mohon bantuannya, jika ada info pengepul didaerah bekasi .

    sms ke no 085776548184

    saya punya jangkrik siap panen

    terima kasih
    cici

  12. saya mencari telur jangkrik buat ternak..di daerah purwokerto di mana ya..mohon infonya

  13. saya peternak jangkrik baru di semarang…kesulitan ngejual hasil ternak….
    mohon bantuannya……..

    • mas turin maaff salam kenal ya>>>mas alamat rumah sampean di mana ? kalau boleh saya mau belajar ternak jangkrik swon ini no aku mas 085718345667

  14. ini saya baru latihan ternak dengan hanya 1kg telur. jangkrik 2 minggu lagi mungkin saya akan jual. misal ada yang tertarik memesannya bisa hub.087738365531. posisi saya di gunungkidul.yogyakarta.

  15. gimana cara mimilih telor jangkrik dng kwlitas super utk diternakkan….dan gimana caranya saya mendapatkan…lo ada hub no.085332496677/pin bb.22fbe5fc.saya tgl d banjarmasin

    • Pk Eddy, saya berminat ternak jangkrik, tapi belu tahu dimana beli telurnya dan nanti pemasaran gimana ya pk Eddy. Mohon bantuanya atau kalo boleh saya akan kerjasama dgn pk Eddy. saya ada di kanigoro Blitar.

  16. Saya Mau belajar membudidayakan jangkrik,,adakah tempat untuk training/belajar,,,,,tolong dibantu,,,say dari kotabaru(kalimantan selatan)

  17. aku 16 sept. yg akan dtg mau usaha jualan makanan burung dan ayam sekaligus jangkrik dan ulat, dari gan-gan yg ada disini sy mhn bantuannya no. hp yg dpt dihub. untuk membeli jangkrik. Kebetulan lokasi sy di daerah KotaBaru Driyorejo Gresik Jawa Timur atau SMS ke 085230566639
    Trims

    • kami ada pak….kl msih butuh kami siap……..
      saya domisili di semarang…..085727936003

    • saya ingin mencoba ternak jangkrik tp saya butuh telur nya dan pemasarannya apakah bp menyediakan itu? bp berdomisili di daerah mana? sy tiggl di pabuaran subang jawa barat.

  18. adakah di bogor atau bakasi yang jual tlor jangkrik mohon inponya..trima kasih…maftuh cariu bogor..???baru satu bulan budidaya jangkrik.

    • saya budi daya … dan menelorkan jangkrik … baik jangkrik alam ..dan jangkrik kliong …. silahkan hubungi ….. kami …. kita bisa bertemu

  19. salam kenal….
    Saya mau tanya pak, untuk pembelian bibit telur jangkrik daerah cikarang dmn ya? Dan pemasarannya kmn?’makasih

  20. Saya punya banyak setok jangkrik. sehari bisa hampir produksi sekitar 1 ton. saya ingin ekspor, tetapi tidak tau koneksi kluar negrinya. mohon yang mempunyai informasi, harap bantuannya. trims

  21. Wah ternyata, jangkrik bisa jadi peluang bisnis yang menarik juga ya. Waktu saya berkunjung ke wilayah gunung kidul Yogya, saya lihat di pinggir jalan, banyak masyarakat yang berjualan jangkrik. Ternyata menarik juga ya…

  22. Salam kenal, mau tanya nih, bagai mana cara penyaringan telur jangkrik dengan media pasir

    • saring pasir untuk media telur dgn saringan santan,setelah jangkrik bertelur pd pasir tsb,ayak kembali u memisahkan pasir dg telur.

  23. mau nanya , untuk pemasaran di wilayah lombok NTB,dimana ya….

    thanks..

  24. salam knal pak bro
    klo untuk wilayah sumbar (padang)
    untuk mendapatkan bibit dan pemasarannya di mana ya
    mohon infonya

  25. untuk di kawasan aceh dimanakah yg dekat untuk pembibitan atau telur dimana ada bisa dipesan?

  26. sy tertarik dengan budidaya jangkrik.
    untuk pemasaran jangkrik kemana?

  27. sy sdh berjalan sekitar 2 bulan budi daya jangkrik tapi hasilnya belum memuaskan,pakan apa yang bagus buat budi daya jangkrik

  28. Saya ingin coba budidyakan jangkrik,,! dimana sya bisa mendapatkan bibit yg bagus,? berapa harga per kg? klw bisa tolong di pandu,,,!

  29. saya punya usaha telor jangkrek,,,
    untuk pemasarnya sulit,,
    mungkin teman teman bisa join

    • salam bro….sebenarnya saya pngin nyoba budidaya jangkrik.klo beli telur jangkrik 1 kg berapa.psisi sya d jogja

    • kenalkan saya taufik, kalau memang telor jangkriknya mau dijual saya berminat untuk membelinya, dan caranya gimana? alamatnya bro dimana?

    • mien aku tinggal di balikpapan kalau kamu percaya sama aku kirim ke tempat ku biar aku yang ternak kalau sudah menetas aku bisa jual kan coba tes 1 kilo telor nya

    • aku tinggal d solo bos…
      saat ini aku ingin merintis ternak jangkrik.. mungkis bsa kerjasama hubungi aku di 085732594469

    • mas amin pssi d mn? sy d pekalongan, berapa harga telor jangkrik perkilonya?brp minimal pembeliannya?trim

  30. salam kenal…..
    semoga saya mendapat banyak pengalaman dengan bergabung sebagai member bisnis UKM.com ini dan dapat mengimplementasikan. terima kasih

  31. mau tanya bro saya baru mulai budidaya jangkrik, tapi dimana saya bisa jual telur jangkrik, apakah ada yang siap tampung?

  32. salam kenal, saya ada budidaya jangkrik, hingga kini pemasaran untuk wilayah sumatera utara belum saya temukan, mohon bantuan???

    • Pak Tamba, apakah bapak sudah menggeluti bisnis ini?
      kl sdh, bs tdk saya beli anakanny pak? trus trus mohon bantuan bapak untuk pemasaranny?

      Trima kasih byk Pak.

  33. Untuk pemasan jankrik di semarang dimana? atau perusahan penampubg yg nerima hasil ternak jakrik nya ? karna kami susah untuk pemasaranya. terimaksihhhh

    • agak sulit memang pemasarannya. ada yang tau ga ya kalau mau memasarkan hasil panen di daerah semarang. kalau ada yang tau mohon bantuan informasinya

    • Mz anunk, PT agromitra tembalang tu daerah mana dan ada nmr cp-nya ga? Sya bru ternak jangkrik masih sulit pemasarannya.

  34. salam kenal. tolong dong kasih info kalo di bojonegoro dimana bisa mndapat info ttg beternak jangkrik scara lengkap?

    • bnyak yang berhasil panen nya..makanya barang smakin bnyak.
      smakin banyak barang, harga smakin rendah…
      smakin sdikit barang smakin tinggi harga jagkrik…

  35. saya tertarik untuk beternak jangkrik , untuk daerah cileungsi , tolong dibantu pemasaran dan bibit telornya , thank,s

  36. Kami kesulitan menjual jangkrik hasil produksi kami, Mohon infonya untuk daerah Yogyakarta, trimksh

    • sama maz.di nganjuk juga kesulitan menjual jangkrik…harganya pun skarang turun drastis

  37. Saya tinggal di Madiun ,,,bagaimana saya bisa dapatkan telur ,,,dan bagaimana cara pemasarany Tlp.085730851601 tolong kerja samay

  38. kalau ada yang mau jual jangkrik jenis seliring jumlah banyak skaligus silahkan hub 9885 6860

  39. mohon info untk perusahaan yg dpt menampung hasil budidaya jangrik.
    irwan. tenggarong kaltim.
    085222111224/087872252257.

  40. Kami Kesulitan menjual Jangkrik produksi kami, mohon informasi pembeli/pengepul jangkrik di Madiun dan sekitarnya, Terima kasih

  41. saya msh blm tahu untuk daerah pemasaran ternak jangkring yang pontensial

    • saya ada stok siap kirim telur bagus siap menetas 350 ribu/kg dan 35rb/paket jangkrik berkualitas. harga belum berikut ongkos kirim,.
      anda berminat,.?
      hub,.Aswin,.cirebon,.Hp,.085759741742

  42. saya sangat serius untk membuka peluang usaha jangkrik, kebetulan saya mempunyai komunitas atau kelompok untuk budidaya jangkrik.
    mohon petunjuk dan saran kemana saya bisa menjual hasil produksi jangkrik kami.

    contak person 085222111224.

  43. bisa gak misal saya beli bibit/telur dr jawa, untuk dkrm k kaltim , apakah telur tdk rusak saat pengiriman ? Ato ada gk di kaltim?

  44. dimana yg jual bibit untuk di samarinda ini..!
    n klo mau di jual untuk di smd ni dmna..?
    dn brpa hrga jualnya, stsim perekor atau perkandang..? mkasihhh….

  45. pengen sekali sy ternak jangrik namun ilmuna belum tekuasai tolong sy beri pengarahan tentang jangrik

  46. saya tertarik beternak jangkrik,tapi belum tau dimana bisa beli telor jngkrik di daerah klaten,tolong infonya….

  47. untuk didaerah samarinda tempat penjualan bibit jangkrik dimana sih..yg untuk dijual lagi

  48. Saya ingi mulai ternak jangkrik tapi saya binggung cara mendapat induk alam dan pemasrannya. Kalau ada kelompok tolong kasih tahu daerah sidoarjo

  49. Saya jual telur jangkrik dan jangkrik hubungi saya di 022-76433555 domisili di bandung timur

  50. assalamualaikum wr wb..
    Saya pngn budidaya jangkrik,tp saya bngung hsl budidaya jangkrik mau dijul kmna? Rncna mau budidaya di daerah wonogiri,, mhn bantuan informasi tmpt2 yg bsa mengepul/menerima hsl budidaya jangkrik di daerah wonogiri dan sekitarnya trim
    wasalamualaikum wr wb

  51. ada yang tahu peternak jangkrik daereh semarang?? mohon bantuannya ya… trimakasih..

  52. misi numpang nanya’ mas!
    saya mau budidaya jangkrik dan msh blom tau bnyak tntang pnampungan jangkrik!
    da yg tau g’ tmpat pnampungan jangkrik wilayah medan?

    d’ hrpkkan bntuannya….

  53. Ada yang bisa nampung jangkrik gak ya? kalau di surabaya dan sidoarjo tempat dimana? harga per kilo berapa untuk jangkrik basah?

  54. saya mau tanya dimana Alamat astrik kalo dibandung?dimana untuk membeli telor jangkrik?tolong dikasia tau atau hub/sms 082115070483

  55. tolong informasinya penjualan jangkrik, atau ada yang minat telpon aja ke 081371336691.

  56. mohon infonya, dmn sy bs dapatkan telur jangkrik untuk daerah malang,
    hubungi sy di 0812 892 00 892
    terimakasih

  57. Slmt pagi
    mohon info penjual telor jangkrik saya mau ternak jangkrik
    thank
    asep Batam ( 0813 6454 0006 )

  58. Aslm.slam kenal…..!boleh donk??ikutan budidaya jangkrik.kasih tau gmn kiat2 usahanya.almt perwklan yogya atau semarang mana ya?

  59. ASSWRWB…lam kenal semuaya rekan ” saya berminat untuk ternak jangkrik . tp saya belum tau cara dan memperoleh bibit jangkrik serta pemasarannya kebetulan sy berdomisili di KOTA SUKABUMI. tlng rekan ” yang punya info tentang bibit dan pemasarannya yang haraga up to date dapat hubungi saya di 081560520333. trima kasih WSSSLM

  60. Untuk daerah Malang, dimana saya bisa membeli bibit / telor jangkrik?

    dimana alamat perusahaan / pengepul di Malang yang mau menerima panen jangkrik saya nantinya?
    Terima kasih

  61. saya sangat tertarik untuk memulai usaha ternak jangkrik
    mohon bantuannyanya, saya di pematangsiantar medan

  62. Maaf, saya ingin mencoba berbisnis usaha ternak jangkrik. tapi saya belum mengetahui pemasaran dan tempat pembelian bibit. saya ingin minta informasi tentang pembelian dan pemasaran jangkrik di kota MEDAN. tolong infonya. Hubungi aya di 085762259554. saya tinggal di medan.

  63. lam kenal semuaya rekan ” saya berminat untuk ternak jangkrik . tp saya belum tau cara dan memperoleh bibit jangkrik serta pemasarannya . tlng rekan ” yang punya info dapat hubungi saya di 081808020091. saya posisi di brebes trima kasih

  64. pada rekan sesama pengusaha jangkrik, untuk pengepul jangkrik wilayah bekesi siapa? dan di mana? kalo tau tolong hub.saya di no.081317602330.

  65. saya pernah ternak jangkrik tp sulit untuk pemasarannya..tlg info utk pengepul d surabaya..trims

  66. bagi yg mau membeli telur jangkrikdalam dan luar kota sy siap mensuplai telurnya harga nego plus ongkos kirim hubungi sy di no ini 081320792085 atau 082115228043 atau bagi byg mau belejar menghasilkan telur jangkrik juga bisa terima kasih

  67. tolong infonya pnerimaan jangkrik,umumnya di pekanbaru
    q mo jual ne ne bru awal q pnya 50rb ekor.sriuz ne no.085261284110

  68. tolong dong informasi tentang pelatihan / cara beternak jangkrik di daerah Bandung, saya ingin mengembangkan jangkrik dengan baik. hub. saya di 081 22 07 55 39. ditunggu loh….terima kasih….

  69. saya sgt tertarik dg budiday jangkrik
    bagi yg tau untuk pembelian bibit dan pemasarannya untuk di daerah sumatera (jambi) tolong infonya.
    terima kasih banyak sebelumnya.
    email: top_marioo@yahoo.co.id

  70. Di mana mendapatkan bibit jangkrik dan penjualan hasil panennya? Mohon infonya di 081905084503

  71. Apa ada peternak jangkrik di daerah Tangerang atau Serpong ya ? Saya mau melihat cara beternaknya dan belajar beternak jangkrik. salam, 0816775085 email : uti.sinaga!asiantigers-indonesia.com

  72. tlg donk pak..diberikan alamat penjual telur jangkrik di bali dan bagaimana caranya bila mau beternak jangkrik..mohon bagi2 ilmu…TUHAn memberkati…

  73. salam kenal, mohon info ternak jangkriknya ya cz sy pgen ternak n’ mhon info beli telur di daerah malang dmn?
    thanx….

  74. di daerah sy banyak jangkrik..dan bebagai macam jenis jangkrik.. tapi ga tau cara bisnis jangkik..sya minta ajrin cara bisnis tesebut..supaya da kegiatan..mash sebelumnya..tlpn sy 087727844335

  75. Sy pernah budidaya jangkrik khususnya didaerah jogja. Selama panen sy kesulitan utk memasarkannya sehingga jangkrik banyak yang mati. Mohon info mengenai lokasi pemasarannya :)

  76. saya mencoba ternak jangkrik sdh berhasil, untuk pasarnya belum ada. lokasi di bekasi. sudi kiranya rekan2 membantu kami. trima kasih
    phone nbr 081218941716.

  77. pngepul jangkrik untk daerah blitar,kediri,n malang mna ya biar bs jual mhon ksih tau hub 0858155500700

  78. sy minat untk berternak jangkrik,sy dr bali(tbn)klo ada rekan yg mw bekerjasama,tlg hubngi sy/krm almat,nanti sy cari untk info lebih jelasnya,.
    tq,SUKSES,…!!
    087862223191

  79. thanks atas infonya…
    saya baru tau kalau membudidayakan yangkrik tidak segampang dan semudah yang saya kira…
    walaupun untungnya lumayan besar, tetapi cara perawatannya sangatlah susah karena kita harus pandai-pandar merawat mereka…

  80. mohon maaf, kalo boleh saya minta info pengepul jangkrik di daerah bogor, atau sukabumi. terima kasih atas infonya!

  81. yang punya jangkrik banyak tapi mana pembelinya nih,semua mau jual yg beli gak ada.ayo dong info pembelinya…

  82. saya mohon info dari temen2 yang tau peternak atau pengepul jangkrik di daerah lamongan-gresik terutama pantura, bisa sms di +623171652901, terima kasih

  83. saya peternak baru jangrik alam tolng kabari saya yg mau nampung jangkrik alam posisi di sumatra dan kalau yang berminat mau memperluas usaha jangkrik di sumatra hubungi saya ; no hp 085215009499

  84. Mas,saya ingin memulai usaha jangkrik,mohon informasinya gimana cara mendapatkan Bibit Jangkrik di daerah Tj Pinang(KEPRI)dan juga daerah Medan(Sumut).
    Mohon informasinya di kirim ke aswin_bintan@yahoo.co.id

  85. minta info alamat yang menjual bibit, kandang dan pakan jangkrik di bandung, sy tertarik utk berternak jangkrik neh. tks

  86. saya peternak jangkrik pemula ada beberapa hal yang mo saya tanyakan?
    1.klo mo beli telur jangkrik dimana khususnya di daerah bogor dan berapa harga 1 kg nya?
    2.makanannya apa?
    3.cara menjualnya gimana dan berapa harga jangkrik 1 kg nya?
    4.cara untuk membersihkan kandangnya gimana?
    terima kasih…hendra
    info:satriamahendra88@yahoo.co.id

  87. tlong mnta informasi untuk beli bbit jangkrik/telor untuk daerh bandung..
    dan untuk hsil panen d jual ny kmna??
    dtnggu jwbany d Hp. 085721533429
    mksh sbelum ny .

  88. saya peternak jangkrik pemula. dimana saya mendpatkan telur jangkrik dan apa hewan pemangsa jangkrik. terima kasih . No Hp. 085265566562

  89. Punten kang minta alamat penjual telur jangkrik daerah bandung,hatur nuhun. No tlp 08987843562

  90. saya tinggal di kota Ambon (Maluku), ingin beternak jangkrik dan mohon bantuan untuk telur dan induk jangkrik. Hubungi 0911-3303431, 081256020986.

  91. mas Anwar makka, tolong penjeasan alamat,no tlp,dan harga ke e-mail :pata_agus@yahoo.com di tunggu ya………

  92. mohon bantuan infornasi pengepul jangkrik di daerah jawa timur nomer telp dan e-mail yang bisa saya hubungi

  93. bg yg membutuhkan bibit dan info cara berternak yg baik bs konsul ke sy hub 02192248469

  94. bagi yang membutuhkan bibit dan info cara berternak bagi pemula bs kntak di 02192248469

  95. Saya tertarik untuk ternak jangkrik tapi belum tahu dimana mencari informasi tentang pembudi dayaan nya maupun pemasarannya .

  96. jual kemana om, saya di surabaya? ada pembeli gak aq ada banyak neh

  97. Gampang ternak jangkrik asal tekun pasti menghasilkan

  98. mau tanya dimanakah tempat pemasaran jangkrik di riau….my phone 07619841922..thanks

  99. Saya peternak Jangkrik dari Bengkulu. sekarang sedang mengembangkan bisnis jangkrik didaerah Tanjungpandan-Belitung. kalau ada rekan2 yang mau info tentang jangrik email aj ke : c1xox@yahoo.com insyaalah info tentang ternak jangkrik bisa bermanfaat buat rekan-rekan yang mau mulai. Wassalam. Adi Yanuar.

  100. Mohon infonya, rencananya saya akan beternak jangkrik krn sangat tertarik dengan cerita peternak sebelumnya di internet , lokasi denpasar bali , mohon infonya dimana saya memperoleh informasi jangkrik yang lengkap , membeli /mendapatkan telornya, dan daerah pemasarannya jangkrik kering ataupun basah , dan berapa harga per kg .terima kasih
    hp : 0816579999

  101. Saya ingin tahu cara pembuatannya berapa volume jangkrik/m3, berapa harga bibitnya, berapa lama umurnya sampai panen, dan kemana saja pemasarannya ?
    adakah pemasaran di wilayah Banjarmasin ?
    Biasanya saat panen jangkrik dihitung per ekor atau per kg ? Interval harganya
    berapa ?

  102. dimana saya bs cari artikel beternak jangkrik , bibit,media pemeliharaan dan pemasaran.terutama daerah bogor.
    hp : 081280462914

  103. maaf dimanakah saya bisa mmbeli telur atau bibit jangkrik…??(daerah bandung)
    saya sangat trtarik dengan pembudidayaan jangkrik….trima kasih

  104. saya mau tanya …. dimana saya bisa mendapatkan telur /bibit jangkrik di kota jambi..?? tank,s.

  105. saya di padang beternak jangkrik tapi belum punya pemasarannya,,,,,,, tolong saya berikan informasi alamat lengkap untuk memasarkan jangkrik dan spesifikasi jangkriknya,,, mohon infonya ke no. 085274591177 dan email aansyafriani@yahoo.co.id.

  106. peluang usaha yang bagus,tlg dijelaskan lebih detail terutama marketnya.saya tinggal disidrap sul-sel dimana saya bisa pasarkan.dan adakah didaerah saya peternak jangkrik.mohon infonya 081241143225

  107. Tolong kasih tau kami tentang alamat astrik ( asosiasi peternak jangkrik indonesia)yg ada di bandung ke no ini 081320350 223

  108. saya memiliki rekanan peternak jangkrik. kapasitas produksi 2 kwtl per hari.
    akan tetapi kesulitan dalam pemasarannya?
    mohon diinformasikan suppliyer jangkrik di jawa timur.
    0343-7608324

  109. ada yang butuh bibit jangkrik ga SAYA PUNYA STOK BANYAK .
    HUBUNGI 02293701169 ( EGOS)

  110. saya peternak jangkrik pemula, tetapi saya tidak tahu dimana saya mendapatkan telur jangkrik dan dimana saya memasarkannya saya tinggal dijambi ini no hp saya tolong dihubungi (085266651528)

  111. ku ingin jual jangkrik,
    &ingin ternak jangkrik
    kira2 telur jangkrik per ons brp?
    081999336060 sms k no ini
    ato email
    di balas ya

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami http://www.bisnisukm.com.
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui e-mail.
    Salam sukses.
    Terimakasih

  112. kepingin belajar ternak jangkrik dimana yang paling dekat . saya tinggal di sekitar ciracas .trims

  113. saya peternaj jangkrik pemula diriau…disni masih banyak kekurangan jangkrik…ada yang bisa kasi info untuk dijambi dimana ya peternak jangkrik???teng’s be 4….email /hp :wahyu_kartiko@yahoo.co.id/0852 72 7878 15

  114. saya peternak jangkrik d kawasan banyuwangi….pingin tau dimana da yg mao membeli jangkrik saya…tolong dong,,kepada tmn2 sesama peternak d kawasan banyuwangi…bantu kasih infox …biar sesama peternak biar bs maju…thankz…hbngi saya,,,081937608768

  115. siapa yang mau membeli hasil ternak jangkrik saya? saya tinggal di BANYUWANGI jawa timur

  116. siapa yang mau membeli hasil ternak jangkrik saya? saya tinggal di banyuwangi

  117. alhamdulillah saya baru akan merilis usaha ini,…untuk wilayah jateng….khususnya purwokerto bisa share bareng di email saya or via facebook on VanDeGUNK@yahoo.co.id…thx before…

  118. mas saya mau tanya saya di daerah cianjur saya dah coba budi baya jangkrik dan hasilnya berhasil tapi saya bingung kemana saya harus menjual hasil panennya?? saya minta alamat atau no hp yang bisa di hubungi untuk menjual hasil budi daya jangkrik di tunggu infonya ke 0857 2330 7485.
    trims

  119. tlg dikasih tahu di mana beli telur dan memasarkan hasil panen wilayah surabaya-gresik trims 085850307808

  120. Menjual jangkrik basah/clondo, jangkrik kering dan tepung jangkrik
    harga bisa nego.
    hubungi : Hermawan
    (022)7780367
    085220144433
    email : (nanjungjangkrik@yahoo.co.id)

  121. kami d jambi mohon petunjuk pembelian bibit n [pemasaran nya…. trims ya?

    081366107484

  122. sy jg sdh menjalani usha ini sjk 1thn yg lalu,keuntungan jg lumyn buat tmbhn uang kuliah. tp yang jd kendla tetap pd pemasaran jika over produksi dan panen diwaktu yg bersamaan dgn peternak lain. untuk itu sy minta info pemasaran yg siap menerima produksi jangkrik sy dlm jmlh bsr ? baik itu pabrik atupun home industri.berikut spesifikasi dan harga jual terakhir nya? 081369499994

  123. kemana saya bisa dapatkan bibit jangkrik, kemana pula saya bisa pasarkan hasil budidaya jangkrik saya ?

  124. Saya ingin informasi mendlam lagi tentang bisnis jangkrik mulai dari awal sampe pemasaran hub saya 085226393844

  125. Mas,
    Saya sedang berminat membuka budidaya dan usaha ternak jangkrik di daerah Ciampea – Bogor dengan kapasitas 100 kandang, mohon info yg spesifik sbb :
    1. Nama kelompok tani, nama peternak dan asosiasi yang bergerak di bidang budidaya dan pemasaran jangkrik di bogor dan sekitarnya.
    2. Nama-nama petani/peternak/asosasi jangkrik beserta no.telepon yang bisa saya hubungi
    3. Bagaimana cara menjual hasil ternak jangkrik tersebut dan siapa penampung di Bogor dan sekitarnya.

    salam hormat
    hadi
    kirana.farm@yahoo.com

  126. Asalamuallaikum wr.wb…
    para pembaca yang budiman. khususnya para spekulan jangkrik, tolong beri info yang sebenar-benarnya kepada orang-orang yang bertanya tentang pemasaran jangkrik tersebut. jangan hanya memberi promosi yang menggiurkan kepada mereka, tapi jalan keluar tidak. kasihan mereka yang sudah mencoba berusaha tapi disaat ingin menjual sulit.

  127. bang..saya tertarik untuk budidaya jangkrik, tuk daerah medan dimana saya bisa beli bibit jangkrik dan pemasarannya dimana.makasih….(081396276551)

  128. Pak..saya tertarik tuk ternak jangkrik…mohon info tuk pembelian bibit dan pemasaran di wilayah MEDAN dan kontak person yg bisa saya hubungi…tlng kirin ke email saya atau telp. 081396276551 makasih…

  129. mas saya tinggal di bandung tolong minta alamat penjual dan pembeli jangkrik .kalo ada perkumpulan peternaknya di mana kalo di jogya ada asterik gimana dg di bandung ada nggak perwakilan asterik.minta dikirim ke email saya bos ya atau hp 02269541983 thank bos

  130. Usaha toko burung dan pakan burung mau saya rintis bersama rekan saya dalam waktu dekat.
    Seandainya ada patner untuk budidaya jangrik untuk wilayah medan tolong infonya ya! 081263486348
    thnx

  131. saya yudha dr cilebut bogor bagi siapa saja yg mau usaha berternak jangkrik bisa hub saya di 02192248469

  132. Saya tertarik dengan bisnis jangkrik ini. Mohon informasinya dimana saya bisa tentang peternak jangkrik di daerah sekitar Bogor? Juga dimana membeli telur jangkrik dan pemasarannya di daerah Bogor-jawa Barat. Terima kasih.

  133. Menjual Telor Jangkrik, Clondo, jangkrik kering, tepung jangkrik untuk di konsumsi manusia, pakan hewan pliharaan, dan untuk kosmetik dalam partai kecil dan besar. Hubungi saya di 085220144433 atau email : phermawan_66@yahoo.co.id

  134. Sama seperti rekan dari bandung yang lainnya, mohon info tentang penjual telur dan penampung jangkrik di kota Bandung.
    bisa minta juga informasi tentang cara membudidayakannya.

    terima kasih

  135. saya mau mulai beternak jangkrik di daerah kebumen,apakah sudah ada peternak jangkrik di daerah kebumen? dimana membeli telur jangkrik dan kemana pemasarannya yang dekat dengan daerah saya,terimakasih. 081322107474

  136. oia supaya jangkrik cepat gede di kasih apa yuah?makanannya mksd’a?n alat &bahan untuk dia tinggal

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

  137. berapah she sbenarnya harga jangkrik 1 ekor?
    n klo di jual di daerah sawngan depok spa yuah yang mau beli?
    n bagai mana cara membudidayakan jangkrik?spa yang tw ayo2 jwb…klo prlu tlp k no ini aja yuahhhh….02193574992 n 085711593492.thanks berat

  138. mas q peternak jangkrik di malang.
    lah q kbingungan msalah pemasarannya di daerah malang.
    dan juga msalah cari bibit jangkrik nya (telor).
    pakah di daerah malang ada..?
    kalau ada tolong hubunggi saya.
    085649857662 ni No ha q.
    terimakasih.

  139. tolong saya dikasi tauh, di daerah malang dan sekitarnya yang jual telor jangkrik ada dimana?
    dan pemasarannya juga..?

  140. sy Juga tertarik sm budidaya jngkrik tp sy gk tau gmn caranya..? mulai dr penyediaan sarang, bibit smpek pemasaran..
    buat Teman2 yang sdh penglaman ttg jngkrik, sy tunggu infonya di hidayat@y2k.live.com

  141. Kalau di Medan, dimana bisa di pasarkan? di daerah saya Perawang banyak peternak jangkrik dalam skala kecil, cuma untuk pakan burung. HP. 08126873665

  142. Kemana pemasaran jangkrik kalau sudah panen
    dimana mendapatkan bibit telur jangkrik di bandung
    HP.081321618766

  143. berapa biaya yang harus kami butuhkan mulai dari pembuatan kandang sampai dengan pembelian bibit (berupa telur), terimakasih atas jawabannya, imam subekti telp. 081252348383

  144. Dimana saya bisa mendapatkan bibit jangkrik didaerah BOGOR…?
    Apabila ada informasi mohon diberikan no Hp yang bisa dihubungi.

  145. Saya peternak jkr dari Blitar soal pemasaran jkr kami tidak ada masalah,problem kami adalah kalo pas panen bareng harga jkr jadi sangat murah dan itu sering terjadi .Tolong kalo ada info pembeli jangkrik kering dan tepung jkr,telur jkr kami bisa sediakan hub Fredhi di 085735432384

  146. saya tinggal d bandung,udah punya klompok peternak jangkrik,saat ini sedang berencana memasarkan jangkrik dlm lingkup yang lebih besar,,kira2 saran bapak kmn dan bagaimana caranya?telp:087821308474

  147. Tolong info, dimana saya bisa belajar beternak jangkrik. Apa di Bali sudah ada peternak, mohon info ke email saya. Thanks

  148. Saya ingin tahu berapa volume jangkrik/m3, berapa harga bibitnya, berapa lama umurnya sampai panen, dan kemana saja pemasarannya ?
    Biasanya saat panen jangkrik dihitung per ekor atau per kg ? Interval harganya berapa ?
    Di Bali adakah pengusaha jangkrik yang bisa saya jadikan patner bisnis ?
    (087861599741)

  149. Saya berminat untuk budidaya jangkrik, bagaimana caranya ? dan sudah panen kemana pemasarannya ?NO.085266399084

  150. minta informasi mengenai organisasi peternak jangkrik dan tempat pembelian bibit \ indukan jangkrik kalung terutama di kota bandung. tolong juga dong kasih tau untuk harga jual jangkrik dewasa berapa dan untuk telur per onsnya berapa di pasaran. terimakasih

  151. saya ingin sekali mulai belajar budi daya jangkrik . minta data dimana saya bisa dapatkan bibit jangkriknya dan media/ kandang yang dibutuhkan apa saja? terima kasih.

  152. Berapa lamakah seekor jangkrik bisa bertahan hidup? apakah bisa dalam hitungan tahun ???

  153. dulu semasa kuliah saya pernah beternak jangkrik skala kecil sebagai sampingan. memang usaha jangkrik tidak membutuhkan biaya yang mahal, tetapi hanya butuh ketekunan untuk menjaga suhu & kelembaban kandang. pemasaran sebetulnya lebih mudah dari pada kerja sebagai seles. coba baca buku2 beternak jangkrik dulu. good luckkkk…

  154. kalau pakan jangrik apa ci?…
    terus kalau sudah siap panen saya jual na kemana?…

  155. bagaimana membedakan antara jankrik jantan dan betina?
    bagaimana supaya bisa bertelur sampai menetaskan ?
    apakah jangkrik termasuk hewan yg kanibal?
    no hp : 081927999939

  156. Mas saya juga mau tau ada ga lembaga atau organisasi peternak jangkrik di bandung,

  157. Maaf mas tahu ga tempat beli Telur Jangkrik di Bandung ?
    Soalnya saya lagi nyari telur jangkrik yang bagus?
    Mohon kasih tahu yach!

  158. Saya tinggal di Kepulauan Riau, bagaimana pemasaran jangkrik di Riau dan adakah kontak person [emasaran jangkrik di pulau riau?

  159. Saya pernah menjalankan usaha budi daya jangkrik. Untuk pemasaran tidak lah terlalu sulit tapi kalau panen massal jumlah jangkrik banyak harga jadi turun.
    Kendala lain pakan harganya makin naik dan untuk makanan sayuran agak sulit didapat..

  160. Setiap usaha, sebaiknya juga disertakan analisa dari sisi finance dan juga semua yang berkenaan dengan pengadaan bibit, juga pasar yg menampungnya. Dari sisi ulasan, sudah bagus, tinggal analisan keuangan-nya.
    Thanks.

Comments are closed.