Usaha Mie Tepung Mocaf, Lebih Sehat dan Menguntungkan!

Usaha mie dari tepung mocaf belum banyak digarap meski prospek bisnisnya cerah. Sejak 2018, Indonesia ditetapkan sebagai negara pengimpor gandum terbesar di dunia. Jumlahnya mencapai 10.096.299 juta ton. Data tersebut menunjukan bahwa Indonesia mengalami ketergantungan dengan penggunaan gandum. Padahal, tanaman gandum tidak bisa tumbuh di negara ini. Menurut data bps, Australia adalah negara pemasok gandum paling besar ke Indonesia.

Cara mengatasi ketergantungan ini adalah dengan beralih ke bahan baku lokal, salah satunya tepung mocaf. Mocaf (madified cassava flour) adalah tepung berbahan dasar singkong yang diolah sedemikian rupa. Nah, tepung singkong adalah tanaman asli Indonesia yang bisa tumbuh di mana saja dan tidak perlu perawatan khusus. Salah satu olahan yang mudah dan menyehatkan adalah mie tepung mocaf. Karena belum banyak yang menggali usaha ini, kamu bisa mengembangkannya dengan mengikuti langkah-langkah di artikel ini.

Keuntungan Bisnis Mie Tepung Mocaf

1. Market Penjualan Luas, Dalam Maupun Luar Negeri

Salah satu komunitas pengusaha mocaf yaitu rumah mocaf mengatakan bahwa selama pandemi, jumlah permintaan pasar terhadap tepung ini meningkat 100%. Peningkatan ini sebenarnya berhubungan dengan kesadaran masyarakat, terutama kalangan milineal akan pangan organik yang lebih sehat dan mampu memberdayakan petani Indonesia. Bangkitnya bahan pangan alternatif memang sudah menjadi sorotan. Selain itu, penjualan tepung mocaf mampu menembus pasar Amerika, Eropa, hingga Jepang.

Konsumsi produk mie masyarakat Indonesia konsisten di tingkat teratas dunia. Memadukan kebiasaan makan mie dengan penggunaan tepung mocaf sebagai bahan utama mie tentu menjanjikan dari sudut pandang bisnis.

2. Bahan Baku Singkong Mudah Dikembangkan

Singkong bisa tumbuh di daerah kering karena daya tahannya yang luar biasa. Kamu tidak perlu melakukan perawatan khusus karena singkong bisa tumbuh begitu saja. Singkong juga merupakan salah satu bahan potensial ketahanan pangan nasional. Selain itu, seluruh bagian singkong bisa dimanfaatkan, sehingga tidak ada unsur singkong yang terbuang sia-sia. Satu pohon singkong bisa menghasilkan beberapa kilogram.

3. Pemberdayaan Petani Singkong

Kita tahu saat ini harga singkong tidak berada di posisi baik. October 2020, harga singkong anjlok menjadi Rp. 1000/kilogram. Tentu harga ini tidak sepadan dengan biaya yang dikeluarkan oleh petani. Memproduksi mie mocaf akan membantu meningkatkan harga jual singkong itu sendiri.

4. Mie Mocaf Lebih Sehat

Tepung beras tidak mengandung gluten. Bagi kelompok masyarakat yang mengalami autisme dan  alergi gluten, mie mocaf bisa menjadi alternatif.

Usaha Mie Tepung Mocaf, Lebih Sehat dan Menguntungkan
agroindustri.id

Analisis Modal

Biaya Produksi Mie Mocaf (12 porsi)
 Bahan               Jumlah          Harga             
 Tepung mocaf        1 kilogram      Rp. 29.500
 Minyak sayur        1/2 liter       Rp. 10.000
 Garam               1 bungkus       Rp.  3.000
 Telur ayam          1 Kg            Rp. 24.000 
 Air panas                               -
 Total (1 hari)                      Rp. 66.500
 Total (25 hari)                     Rp.642.500
 
Modal Awal Mie Mocaf
 Alat                 Jumlah         Harga
 Timbangan digital    1              Rp. 80.000
 Baskom               2              Rp.160.000
 Sendok pengaduk      2              Rp. 40.000
 Pasta maker          1              Rp.200.000      
 Oven kompor          1              Rp.130.000
 Total                               Rp.610.000
 
Total Biaya Operasional
Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp.642.500 + Rp.610.000           = Rp.1.252.500

Estimasi Pendapatan Awal
 Rp. 5.000 x 50 bungkus x 25 hari  = Rp.6.250.000

Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan - Biaya Operasional
 Rp.6.250.000 - Rp. 1.252.500      = Rp.4.997.000 

Cara Membuat Mie Tepung Mocaf

1. Campurkan air panas denan tepung mocaf. Aduk hingga berbentuk gel.

2. Tambahkan garam, minyak sayur, dan juga telur.

3. Kamu bisa menambhakan sayuran untuk mengubah warnanya.

4. Campur seluruh bahan, aduk hingga merata dan kalis.

5. Ratakan adonan sesuai dengan ketebalan yang sesuai. Potong kotak-kotak.

6. Cetak adonan menggunakan pasta maker atau secara manual. Jangan lupa taburkan kembali tepng mocaf agar adonan tidak lengket.

7.  Mie yang sudah jadi ditata pada loyang. Kukus selama kurang lebih lima menit.

8.  Mie yang sudah matang bisa kamu keringkan menggunakan oven.

Langkah Membangun Usaha Mie Tepung Mocaf

1. Mencari Bahan Baku Tepung Mocaf

Beberapa desa seperti Gunung Kidul potensial sebagai pemasok bahan baku singkong. Kamu juga bisa memberdayakan satu desa bersama-sama untuk memulai bisnis ini, mulai dari kelompok tua hingga kalangan muda. Kalau kamu menegosiasikan harga dengan para petani, pastikan memberi kompensasi yang adil ya.

2. Siapkan Modal Usaha

Berapa modal usaha yang kamu punya? Kalau kamu mau mengembangkan bisnis mie tepung mocaf mulai dari pembuatan tepung, pastikan punya dana yang cukup. Kamu butuh menyewa lahan, membayar upah petani, hingga pembelian alat produksi,

3. Target Pasar Mie Mocaf

a. Generasi muda yang peduli pangan organik

Meningkatnya kesadaran akan pangan sehat organik bisa kamu bidik lho.  Beberapa warung pangan organik bisa kamu ajak untuk melakukan kerja sama penjualan.

b. Kelompok masyarakat yang alergi gluten

Beberapa kelompok masyarakat yang tidak bisa mengonsumsi makanan berkandungan gluten bisa menjadi target pemasaran. Kencangkan startegi pemasaran sehingga semakin banyak orang tahu produkmu.

c. Kelompok Ibu muda

Karena mie ini lebih sehat, ibu-ibu muda yang baru saja memiliki anak tentu punya pilihan menu alternatif. Kamu bisa membuat kemasan menarik ditambah deskripsi tentang keunggulan mie ini.

d. Luar negeri

Beberapa pengusaha tepung mocaf mampu menembus pasar luar negeri. Ini berarti ada ceruk pasar yang bisa digarap. Kamu bisa mengambil peluang ini dengan ikut dalam pameran pangan di luar negeri. Website Kementerian Pertanian, Kementerian Industri dan Perdagangan punya informasi terkait pameran-pameran ini. Cari info sebanyak-banyaknya ya.

4. Strategi Pemasaran Usaha Mie Tepung Mocaf

a. Bisnis online

Supaya produk miemu bisa menjangkau pelanggan luas, gunakan e-commerce untuk prmosi. Buat deskripsi yang lengkap agar pengunjung toko online paham. Selainitu, berikan pelayanan terbaik, dengan begitu testimoni konsumen yang baik akan meningkatkan kepercayaan calon pembeli lain.

b. Warung pangan organik

Jalin kerja sama dengan pengusaha pangan organik. Atau kalau kamu punya anggaran lebih, buat warung pangan organik khusus produkmu. Aktiflah dengan kegiatan komunitas-komunitas pangan yang lain agar kamu bisa memasarkan mie tepung mocaf.

c. Supermarket modern

Lakukan konsinyasi dengan supermarket di sekitar tempatmu. Pelanggan supermarket modern adalah sebagian besar adal masyarakat kelas menengah ke atas, biasanya kelompok ini memiliki kesadaran lebih akan pangan sehat.

d. Media sosial

Media sosial tetap merupakan startegi jitu untuk melakukan pemasaran. Gunakan fitur bisnis agar usahamu semakin lancar. Pahami visualisasi agar semakin banyak pengguna akun yang tertarik.

5. Evaluasi Usaha Usaha Mie Tepung Mocaf

Bagian ini penting untuk melihat bisnis mie tepung mocafmu berkembang ke arah yang baik atau tidak. Pastikan untuk melakukan evaluasi dengan kritis dan objektif, fokus saja pada kelemahn-kelemahan produkmu selama ini.

a. Permintaan terhadap produk Mie tepung mocaf

Kamu bisa memulai evaluasi dengan melihat jumlah permintaan pasar. Dari situ bisa dilihat apakah pelayanan hingga startegi pelayananmu sudah maksimal atau belum.

b. Arus pemasukan dan pengeluaran

Apakah neraca pemasukan dan pengeluaran sudah sesuai? Jika belum, kemungkinan usahamu belum termasuk ‘sehat’. Ada beberapa yang perlu dibenahi. Di sinilah pentingnya analisis modal dan laporan keuangan.

c. Inovasi produk Mie tepung mocaf

Jika merasa produkmu sudah memiliki pasar dan stabil, kamu bisa mulai memikirkan inovasi baru. Tujuan utama dari inovasi adalah menciptkan bentuk baru yang bisa menjadi ciri khas produkmu. Pengembangan inovasi akan membedakan produk mie mocafmu dengan millik kompetitior.

Penutup

Jadi apakah kamu tertarik dengan usaha mie tepung mocaf ini? Jika iya semoga artikel ini dapat membantumu ya. Jangan lupa bagikan tulisan ini kepada teman-teman yang lain.

Ikuti terus ulasan menarik seputar kuliner nusantara lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba