Usaha Pembuatan Plat Nomor Kendaraan

plat nomor

Setiap pengendara kendaraan baik itu mobil maupun motor wajib melengkapi persyaratan dalam berkendara. Salah satu kelengkapan bagi kendaraan tersebut adalah plat nomor kendaraan. Saat ini, dengan makin banyaknya pemakai kendaraan yang lalu lalang di jalanan, usaha pembuatan plat nomor kendaraan tidak pernah sepi dari permintaan. Kebanyakan para pelanggan memesan plat nomor yang berbeda dari ukuran standar yang ditetapkan.

Adapun ukuran plat nomor sepeda motor dengan ukuran standar adalah 10cm x 25cm dan untuk ukuran standar plat nomor mobil adalah 40cm x 13.5cm. Semakin lama, variasai pembuatan plat nomor kendaraan semakin beragam, baik itu ukuran maupun modelnya.  Hal itu disesuaikan dengan model kendaraan yang digunakan akan terkesan lebih modis. Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan plat nomor kendaraan tersebut berupa alumunium dan akrilik.

Konsumen

Setiap pemilik kendaraan bermotor seperti motor dan mobil, dapat dijadikan sebagai target pasar usaha ini. Para pemilik kendaraan biasanya membuat plat nomor kendaraan jika plat asli mereka hilang, namun ada juga sebagian konsumen yang sengaja membuat plat nomor kendaraannya untuk variasi saja agar plat nomor mereka sesuai dengan nomor yang diinginkan pemiliknya. Biasanya anak muda yang lebih kreatif memesan plat dengan nomor tertentu yang disesuaikan dengan permintaan mereka.

Proses Pembuatan Plat Nomor

Proses pembuatan plat nomor kendaraan tersebut sangat sederhana. Pada awalnya siapkan beberapa cetakan (berupa huruf dan angka) dengan berbagai macam variasi dan model. Kemudian konsumen  dipersilakan untuk memilih model tulisan, ukuran, serta bahan yang diinginkan. Setelah model, bahan dan ukuran ditetapkan, lembaran bahan kemudian dipotong sesuai kebutuhan. Kemudian dilakukan pencetakan plat nomor dengan cara meletakkan cetakan di bawah lembaran alumunium dan dipukul menggunakan palu. Palu tersebut permukaannya dilapisi bahan empuk sehingga tidak merusak bahan tetapi hanya memberikan tekanan yang menghasilkan relief atau kontur berbentuk huruf/angka. Hal itu dilakukan sampai semua tulisan yang diinginkan tercetak dengan jelas.

Proses terakhir adalah pengecatan. Warna cat disesuaikan dengan kondisi kendaraan bermotor apakah kendaraan pribadi, umum atau instansi pemerintah. Adapun warna plat kendaraan yang berlaku di Indonesia:

  • Kendaraan bermotor bukan umum dan kendaraan bermotor sewa: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih
  • Kendaraan bermotor umum: Warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam
  • Kendaraan bermotor milik Pemerintah: Warna dasar merah dengan tulisan berwarna putih
  • Kendaraan bermotor Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna hitam.
  • Kendaraan bermotor Staff Operasional Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih dan terdiri dari lima angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian
  • Kendaraan bermotor untuk transportasi dealer (pengiriman dari perakitan ke dealer atau dealer ke dealer): Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna merah

Sementara untuk plat berbahan akrilik. Terlebih dahulu dilakukan sablonase pada bahan akrilik tersebut. Setelah itu dilapisi dengan alumunium atau bahan akrilik tersebut hanya sebagai cover dari bahan alumunium yang sudah tercetak. Tujuan dari kombinasi tersebut adalah untuk mempercantik plat nomor kendaraan yang dicetak. Setelah plat kendaraan terbentuk, dilakukan pelubangan untuk pemasangan sekrup pada kendaraan.

Kelebihan usaha

Bisnis jasa ini tidak membutuhkan modal besar, selain itu usaha ini tidak membutuhkan lokasi usaha yang luas. Sehingga Anda bisa meminimalisir biaya operasional, khususnya biaya sewa tempat. Selain itu usaha ini juga masih memiliki pasar cukup luas, karena belum banyak orang yang terjun ke bisnis pembuatan plat nomor.

Kekurangan usaha

Produk plat nomor bukan merupakan kebutuhan pokok, jadi permintaan plat nomor pun tidak sebanyak kebutuhan pokok lainnya. Untuk itu Anda harus bekerja keras untuk lebih kreaif dan inovatif menyediakan model plat nomor yang saat ini banyak beredar dipasaran, misalnya saja dengan menambahkan nama konsumen pada plat nomor kendaraan yang dipesan.

Pemasaran

Untuk bisnis pembuatan plat nomor, pemasaran dapat dilakukan dengan mengenalkan bisnis Anda dari mulut ke mulut. Selain itu Anda juga bisa memasarkan bisnis ini dengan membagikan brosur maupun pamflet pada masyarakat sekitar, agar mereka mengetahui keberadaan usaha Anda.

Kunci Sukses

Untuk menjalankan bisnis ini, diperlukan ketrampilan khusus untuk menciptakan plat nomor. Oleh karena itu sebaiknya Anda meningkatkan ketrampilan dalam membuat plat nomor. Selain itu pilih lokasi yang ramai dilalui kendaraan bermotor, sehingga target peluang untuk memperoleh konsumen lebih besar.

Analisa ekonomi:

Bahan baku 

Alumunium, 2m x 1m tebal 1mm, 1 lembar    = Rp   340.000,00
tebal 0.5mm   1 lembar                    = Rp   115.000,00
tebal 0.6mm   1 lembar                    = Rp   160.000,00
Akrilik, tebal 2mm, 2m x 1m, 1 lembar     = Rp   370.000,00+
Total Bahan Baku                          = Rp   985.000,00

Tenaga kerja 
Karyawan 1 orang x Rp. 500.000,00         = Rp   500.000,00
Total                                     = Rp   500.000,00
Total Pengeluaran
Rp.985.000,00 + Rp.500.000,00             = Rp 1.485.000,00

Pendapatan 
Plat sepeda motor:
standar: 20 x Rp.15.000,00                = Rp   300.000,00
Variasi : 10 x Rp. 50.000,00              = Rp   500.000,00

Plat Mobil
Standar:10 x Rp.35.000,00                 = Rp   350.000,00
Variasi :5 x Rp.200.000                   = Rp 1.000.000,00
Total Pendapatan                          = Rp 2.150.000,00

Keuntungan:
Rp 2.150.000,00 – Rp 1.485.000,00 = Rp 665.000,00/ minggu

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar :http://lh6.ggpht.com/lordsath3n4/SF5zJhnJArI/AAAAAAAAABw/ZvNww3YGJGw/s400/kelompok3.jpg

43 Komentar

  1. Saya tertarik untuk mencoba usaha ini. boleh saya minta info mengenai bahan,cetakannya apa aja, harganya dan dimana saya bisa memperolehnya?
    saya berdomisili di surabaya. saya masih awam di bidang ini, kalau bisa boleh saya minta tutorial singkat ngak mengenai usaha ini??
    Mohon balasannya,terima kasih. [085645020002]

  2. mas tolong banget dong,
    saya mau tanya cetakan plat nomor kendaraan yang hasil cetakanya 3D DAPAT DI BELI DI MANA YA?
    kira-kira harganya berapa?
    pleace mas tolong klu ada informasinya kabarin saya dong
    di no hp 081367507582
    mksh banget sebelumnya!!

  3. bang,,

    cara pengecatannya bagaimana…….. soalnya ditempat saya semua pengecatannya masih dilakukan secara manual..

  4. Saya usaha plat nomor dan stempel, ingin mengembangkan lebih besar.
    saya minta tolong solusi dan standar harga??

  5. Ya..pertanyaan sama dengan yang lain…..harga alat cetaknya berapa….? dan beli dimana.. ?

    Terimakasih telah mengunjungi virtual office kami www.bisnisukm.com
    Penjelasan telah kami kirimkan melalui email.

    Salam Sukses

    Terimakasih

  6. Pertanyaan saya sama dengan teman yang lain, dimana mendapatkan peralatan yang murah tetapi berkualitas.

  7. Saya ingin usaha.saya membutuhkan peralatan dan bahan untuk usaha pembuatan plat kendaraan.mohon infonya.saya tinggal di daerah lamongan.hp 085730462030. Trimakasih

  8. bang saya orang jombang saya mau beli alat cetakan plat nomer yanng seperti abang ceritakan di mana ya bang?

  9. harga cetakan platnya yang standart untuk motor berapa bang harganya?
    tolong bang konfirm ke 085228484343
    makasih

  10. Kalo cuma cari angka dan nomor aja yg pake ketok, ada tuh,,tinggal email ke plat_shop@yahoo.com aja…

  11. bang, kalo harga cetakan plat nomer berapa ya? trus saya bisa menghubungi abang dmn?
    HP : 081548493123

  12. Bang Saya Di Aceh Tapi Paling Ujoeng Indonesia Tepatnya Di Sabang, Ditempat ak banyak yang pasang plat mobil kayak punya abang tapi pesannya di Kota Banda Aceh atau di Medan, Gmana Kalaw Saya pesan Angkanya dan plat nya aja jadi tinggal saya cocokan dengan plat disini krna di daerah saya banyak mobil ex Singapora yang masuk ke Sabang jadi disini lumayan peminatnya bang,mohon petunjuk klw bisa kasi no tlp abang biar saya bisa hubungi 081362951882

  13. mas….saya lagi cari cari peluang usaha ..saya tinggal dipurwokerto,sepertinya saya tertarik dengan usaha ini..bisa dikasih tau dimana saya dapatkan cetakannya beserta model dan harganya…tolong yah…diemail aja ya mas..(azzepblog@gmail.com).hp.088210020823

  14. mas tolong banget dong,
    saya mau tanya cetakan plat nomor kendaraan yang hasil cetakanya 3D DAPAT DI BELI DI MANA YA?
    kira-kira harganya berapa?
    pleace mas tolong klu ada informasinya kabarin saya dong di no hp.081350636303
    mksh banget sebelumnya!!

  15. Saya tertarik untuk mencoba usaha ini. boleh saya minta info mengenai bahan,cetakannya apa aja, harganya dan dimana saya bisa memperolehnya?
    saya berdomisili di Pangkalpinang BangkaBelitung. saya masih awam di bidang ini, kalau bisa boleh saya minta tutorial singkat ngak mengenai usaha ini??
    Mohon balasannya,terima kasih.

  16. mas ada punya cetakan plat nomor yang hasil cetakannya seperti 3D nggak?
    klu ada berapa harganya,trus gimana cara pesannya? makasih dan mohon infonya!
    kholid mawardi no hp.081350636303

  17. Mohon informasi alat pencetak nomor agar plat bisa kelihatan timbul. Yang harganya terjangkau.

    Terima kasih

  18. Numpang nanya mas,dimana saya bs mendapatkan bahan,cetakan dan brp harganya?
    Mohon balasannya,terima kasih.

  19. kalau cetakan angkanya saja harganya berapa yah? trims

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

  20. Numpang nanya mas,dimana saya bs mendapatkan bahan,cetakan dan brp harganya?
    Mohon balasannya,terima kasih.

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

  21. Saya mau buyka bisnis di tempat saya untuk pembuatan Plat Nomor kenderaan, tapi saya ga ahli dalam bidang itu, saya ada modal tapi orang yang bisa kerja di bidang itu susah ku cari…tolong donk beri saran ke gue….sukses selalu

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

  22. Saya mau nanya… dimana saya bisa mendapatkan cetakannya, dan berapa harganya? Trimakasih sebelumnya…(081363870972)

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

  23. saya berencana buka usaha bikin plat nomor,…..dimana bisa dapat setakan nomornya dan brapa habis biayanya

  24. dimana sih bang beli alat alat yg murah dan lengkap untuk usaha plat nomer,dan stempel? soalnya masih terganjal modal untuk saat ini….,domisili saya di makassar r

  25. dimana sih bang beli alat alat yg murah dan lengkap untuk usaha plat nomer,dan stempel? soalnya masih terganjal modal untuk saat ini….,domisili saya di kudus rencana pengen buka di luar kota sekitaran kudus. tapi ya itu tadi…..! saat ini saya masih terkendala dengan modal dan karyawan….,mungkin agak susah untuk cari karyawan yang sudah berpengalaman dan supel. mungkin abang bisa kasih solusi……..

  26. Bang saya di Aceh Mau Tanyak gmn caranya klw misalya saya mau buka usaha plat seperti abang tapi saya kan gk bisa cetak nomornya tapi saya pesan angkanya aja jadi disini tinggal cocokan dengan angka plat disini? mohon petunjuk

    Jawaban:
    Terima kasih telah mengunjungi virtual office http://www.bisnisukm.com
    Informasi telah kami kirim melalui email.
    Salam sukses
    Terima kasih

Comments are closed.