Usaha Rental Komputer di Lingkungan Mahasiswa

jasa rental komputerSalah satu contoh bisnis jasa yang masih memiliki pasaran luas adalah usaha rental komputer. Di lingkungan mahasiswa, komputer termasuk sarana yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Hampir semua tugas dan praktikum dikerjakan menggunakan komputer. Tetapi tidak semua mahasiswa mamiliki komputer, hal ini mampu dijadikan sebagai peluang bisnis yang sangat menguntungkan. akan selalu membutuhkan jasa rental komputer selama mereka masih menuntut ilmu di bangku kuliah, dan yang lebih menguntungkan lagi tiap tahunnya jumlah mahasiswa selalu bertambah. Sehingga bisnis ini akan selalu dibutuhkan sampai kapanpun.Konsumen

Target utama bisnis rental komputer adalah para mahasiswa. Namun selain mahasiswa, tidak menutup kemungkinan jika para pelajar dan masyarakat umum juga membutuhkan rental komputer untuk  keperluan mengetik data atau tugas sekolah.

Info bisnis

Untuk memulai usaha rental komputer di lingkungan mahasiswa ini, pertama pilihlah tempat usaha yang strategis berada di sekitar wilayah kampus, akan mempermudah untuk menarik minat para konsumen yang rata – rata mahasiswa. Jika sudah mendapatkan lokasi usaha yang strategis, langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Seperti beberapa komputer, printer, meja komputer, kursi, dan untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen tambahkan kipas angin di ruangan tersebut. Bila perlu sediakan pula jaringan internet, bagi konsumen yang ingin browsing data.

Karena ini termasuk usaha jenis jasa, maka utamakanlah kepuasan pelanggan. Dengan dukungan fasilitas peralatan lengkap serta berkualitas, mampu menjadi salah satu cara untuk memikat hati para konsumen. Sehingga bisnis rental Anda banyak dikunjungi para konsumen.

Kelebihan

Selain keuntungan besar yang diperoleh dari bisnis tersebut, usaha rental komputer pengelolaannya termasuk mudah, dan terjangkau. Sehingga tidak memerlukan tenaga dan biaya yang cukup besar, namun sebaiknya periksa secara rutin keadaan komputer Anda. Baik keadaan software – software yang ada maupun keadaan hardware komputer.  Sehingga tidak sampai terjadi kerusakan komputer.

rental-komputer

Kekurangan bisnis

Dalam menjalankan bisnis ini kendala yang ada yaitu persaingan bisnis yang sangat ketat. Jika tidak berhati – hati dalam memberikan pelayanan, maka akan ditinggalkan pelanggan kita. Selain itu banyaknya konsumen yang memakai komputer, menyebabkan komputer sering terkena virus. Oleh karena itu tambahkan software antivirus untuk mencegah kerusakan data – data yang ada di computer.

Pemasaran

Dengan fasilitas yang lengkap, akan mempermudah proses pemasaran yang ada. Selain dari pemasaran dari mulut ke mulut, juga membatu penyebaran informasi keberadaan bisnis ini. Disamping itu buatlah promosi kecil dengan menyebarkan brosur, pamflet, atau menempel poster di tempat – tempat umum yang strategis, misalnya saja di sekitar kampus dan sekolah.  Untuk penetapan standar harga, berikan harga yang mampu bersaing dengan rental lain yang ada.

Kunci sukses

Kunci kesuksesan bisnis ini adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen. Jika telah memiliki konsumen yang banyak, menjaga kualitas pelayanan juga harus tetap dijaga. Usahakan selalu menyelesaikan order tepat waktu sesuai dengan kesepakatan. Bila kebanjiran order, kurangi ambil resiko dengan menolak order yang melebihi beban kerja. Atau bila memungkinkan, carilah tambahan pekerja freelance untuk membantu menyelesaikan order yang berlimpah.

Yang kedua yaitu berikan fasilitas yang lengkap, dengan kualitas peralatan yang baik. Konsumen akan merasa kecewa, jika peralatan computer, printer maupun scanner yang ada kualitasnya kurang memadai.

Analisa ekonomi

Bagi yang ingin mencoba peluang usaha rental computer, berikut kami berikan gambaran analisa ekonomi yang dibutuhkan.
Berbisnis jasa, bisnis sepanjang masa. Salam sukses selalu untuk usaha yang Anda jalankan.

Modal awal
Komputer  ( minimal 3 dengan kondisi baik )            Rp  9.000.000,00
Printer ( minimal 2 )                                  Rp  1.400.000,00
Scanner                                                Rp    800.000,00
Kursi dan meja                                         Rp  1.500.000,00
Kertas, tinta, dan CD kosong                           Rp    200.000,00
Sewa tempat ( 1 tahun )                                Rp  6.000.000,00+
Total                                                  Rp 18.900.000,00

Penyusutan peralatan setelah pemakaian selama 3 tahun ( 36 bulan )

= 1/36 x Rp 12.900.000,00      = Rp 358.300,00

Biaya Operasional
Gaji pegawai                                           Rp   600.000,00
Kertas, tinta, dan CD kosong                           Rp   200.000,00
Listrik                                                Rp   300.000,00
Biaya penyusutan                                       Rp   358.300,00 +
Total                                                  Rp 1.458.000,00

Omset per bulan 
Omset per hari kurang lebih Rp 75.000,00
Omset per bulan
= @ Rp 75.000,00 x 30 hari                           = Rp 2.250.000,00

Laba per bulan
( Rp 2.250.000,00 – Rp 1.458.000,00 )                = Rp 792.000,00

ROI (Return of Investment)
( modal awal : laba per bulan ) =  ± 2 tahun

Sumber gambar: http://www.airwork.com.au/res/images/typing.gif dan http://didijunaedihz.files.wordpress.com/2008/06/rental-komputer.jpg

14 thoughts on “Usaha Rental Komputer di Lingkungan Mahasiswa”

  1. Penawaran Kerjasama Investasi
    Bagi calon investor yang mempunyai dana nganggur,yang apabila di investasikan pada deposito perbankan sangat kecil sekali return yang di dapatkan. Kami menawarkan investasi yang menarik dan prospektif di daerah urban yang pertumbuhan ekonominya sangat menjanjikan sekali, yaitu PANDAAN. Daerah di tengah-tengah antara 2 kota besar di Jatim, Surabaya dan Malang, dimana kawasan ini (area Surabaya dan sekitarnya,Pasuruan Raya serta Malang Raya) menyumbang sekitar 70% pertumbuhan ekonomi Jatim. Dari Pandaan ke Surabaya atau ke Malang berjarak sekitar 40-an km atau memakan waktu tidak lebih dari 40 menit. Pandaan dan sekitarnya (Pandaan Raya) dihuni oleh ribuan pabrik berskala menengah keatas belum terhitung untuk skala usaha mikro dan kecil. Juga Hotel dan Resto berskala nasional serta lapangan Golf berkelas internasional, begitu juga sumber air, luar biasa kualitasnya, makanya tidak mengherankan bila perusahaan-perusahaan air minum kelas atas sampai menengah (spt Aqua,Club,Aquase dll) bercokol di Pandaan Raya. Investas yang layak di tanamkan di Pandaan Raya adalah berkisar Rp 10 juta keatas. Investasi Bisnis yang menjanjikan adalah :Warung,Kafe,Franchise Makanan,Resto,Agro complex (Pertanian,Peternakan&Perikanan),Property (Perumahan/cluster, Kost2an,Hotel/Losmen, Gedung Pertemuan/Perkantoran/Ruko),Kesehatan (Rumah Sakit,Apotik,Lab Klinis,Pusat hebal dll),Pendidikan (TK&SD Islam, Universitas, Lembaga Pelatihan), Keuangan (Koperasi Serba Usaha/Simpan Pinjam Syariah, BPR Syariah), Otomotif ( Bengkel Mobil, Showroom mobil bekas, Spare Part/asesoriesMotor/Mobil),Industri (makanan, plastik,pengolahan hasil2 Agro,mainan/kebutuhan anak2, dll) serta banyak peluang2 bisnis lainnya. Kami sebagai tim siap bekerjasama secara Profesional dengan para calon Investor.Yang ada minat bisa hubungi kami, Lembaga Konsultan Ekonomi Syariah (elkEs) Telp 03437652843,085852586583,email drs_moh_bambang_sh@yahoo.co.id

  2. Thx tips nya mas, pas bgt saya mau buka usaha ini. doa nya ya dari semua. mudah-mudahan sukses….. Aminn

  3. evaluasi pasar adalah standart yang harus di lakukan untuk memulai bisnis, untuk saat ini bisnis rental komputer harus di pertimbangkan lebih lanjut mengingat semakin murahnya harga perangkat IT seperti laptop dan PC, langkah mudah untuk mengetahui seberapa besar pasar rental komputer adalah dengan melakukan survey , berapa banyak mahasiswa yang sudah memiliki komputer dengan yang belum, juga fasilitas lab komputer yang disediakan kampus yang umumnya gratis untuk di akses oleh mahasiswa,

Comments are closed.

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba