Usaha Siomay Kemasan, Mendulang Banyak Untung!

Usaha siomay kemasan sedang coba digeluti oleh banyak orang. Market place menjadi indikator betapa tingginya minat masyarakat kepada siomay kemasan. Tahukah kamu bahwa siomay yang dijual di Indonesia adalah salah satu contoh kuliner fusion? Makanan ini asli berasal dari Tionghoa, ketika masuk Indonesia, penyajiannya menggunakan bumbu khas: sambel kacang. Perbedaan siomay kemasan dengan yang lain adalah, kuliner ini bisa disimpan dalam waktu tertentu dan tidak perlu langsung dimakan.

Di Indonesia, bahan baku siomay yang utama adalah tenggiri. Ikan ini dianggap paling pas untuk diolah. Menu ini tidak saja ditemui di pinggir jalan, tetapi menjadi salah satu variasi menu di hotel-hotel dan restoran. Kegemaran masyarakat terhadap jenis olahan ikan satu ini tampaknya belum juga mau surut. Usaha siomay kemasan ini bisa kamu dalami lagi lho. Bahkan ada beberapa model bisnis yang bisa kamu coba, untuk menyesuaikan kondisi calon pembeli. Mari kita petakan dengan melihat kelebihan bisnis ini.

Kelebihan Usaha Siomay Kemasan

a. Tidak Memerlukan Modal Besar

Kamu tidak memerlukan modal yang besar karena pembuatan somay bisa dilakukan di rumah. Alat yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak. Jadi tidak perlu khawatir untuk memulai usaha ini ya.

b. Peminat Siomay Banyak

Mudah untuk mencari penjual siomay, mulai dari kaki lima hingga restoran. Ini menunjukan peminat siomay masih luas. Yang membedakan antar bisnis adalah kualitas rasa, jadi pastikan untuk melakukan tester sebelum produk dilempar ke publik. Ditambah, masih banyak celah usaha yang bisa kamu manfaatkan.

c. Jangkauan Bisnis Siomay Kemasan Luas

Konsep siomay kemasan adalah agar makanan ini dapat disimpan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Maka kamu bisa memasarkan produkmu lebih jauh, dengan begitu jumlah pelangganmu akan lebih banyak.  

Kekurangan

Produk bisa jadi masalah kalau kamu tidak melakukan pengukuran dengan tepat. Jika siomay kemasan akan dikirim ke wilayah yang jauh, kamu harus memastikan bahwa kualitas rasa tidak akan berubah. Selain merusak reputasi tokomu, komplain dari pelanggan akan mengurangi tingkat kepercayaan calon pembeli lain.

Usaha Siomay Kemasan, Mendulang Banyak Untung!
masakapahariini.com

Analisis Modal

Bahan                          Jumlah            Harga
 Ikan tenggiri                  200gr             Rp. 20.000
 Tepung kanji                   250 gr            Rp.  4.000
 Telur ayam                     2 butir           Rp.  3.000
 Kulit pangsit                  21 lembar         Rp.  3.000
 Bahan bumbu
 Bawang putih                   5 siung           Rp.  3.000 
 Bawang merah                   4 siung           Rp.  3.000
 Penyedap rasa                  1 bks             Rp.  1.000
 Gula pasir                     2 sdt             Rp.  2.000
 Bumbu kacang
 Kacang tanah, sangrai          250 gr            Rp.  7.000
 Cabai merah besar              5                 Rp.  2.000
 Bawang merah                   5 siung           Rp.  3.000
 Bawang putih                   3 siung           Rp.  2.000
 Gula pasir                     1 sdm             Rp.  2.000
 Garam                          1 sdt             Rp.  1.000
 Kecap manis                    1 bks (60 ml)     Rp.  2.500
 Air                            150 ml            Rp.  1.500
 Jeruk limau                    2                 Rp.  2.000
 Total       (3 bungkus/7 pcs)                    Rp. 62.000 
 Total       (15 bungkus x 25 hari)               Rp.7.750.000
 
Modal tetap            
 Alat                    Jumlah           Harga
 Pengukus                1                Rp.150.000 
 Pisau                   3                Rp. 50.000
 Telenan                 1                Rp. 50.000
 Wadah (baskom)          1                Rp. 50.000
 Total                                    Rp.300.000
 
Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp.7.750.000 + Rp.300.000                = Rp.8.050.000
 
Estimasi Pendapatan Awal
 Rp. 35.000 (harga jual dimsum perbungkua)x 15 bungkus x 25 hari                                          = Rp.13.125.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan - Biaya Operasional
 Rp.13.125.000 - Rp.8.050.000             = Rp.5.075.000

Cara membuat Siomay Kemasan

  1. Cincang ikan tenggiri. Setelah itu masukkan ke dalam satu wadah, aduk rata. Tambahkan telur ayam.
  2. Ulek bawang putih, bawang merah, merica, gula, dan penyedap rasa secukupnya.
  3. Bumbu tersebut dicampur dengan daging yang sudah dicincang. Aduk rata.
  4. Masukkan tepung kanji sedikit demi sedikit sembari diuleni hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan adonan kenyal dna tidak lengket.
  5. Jika sudah, masukkan adonan daging ke dalam kulit pangsit. Bentuk menjadi siomay
  6. Kukus selama 15-20 menit hingga matang.
  7. Buat saus kacang: haluskan kacang, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Tambahkan air, gula, garam, dan kecap. Masak di atas hingga mendidih. Angkat dan sisihkan.

Langkah Memulai Bisnis Siomay Kemasan

Mengapa perlu untuk merencanakan tahap demi tahap ketika memulai bisnis? Yang utama adalah agar produkmu punya sasaran yang jelas, dan kedua supaya kamu bisa melakukan persiapan andai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

a. Menentukan Segementasi Pasar

Kamu ingin menjual produkmu kepada siapa? Pertanyaan penting ini harus kamu jawab dengan menggunakan riset pasar. Celah apa yang bisa kamu ambil? Ada beberapa pilihan target pelanggan yang bisa kamu pertimbangkan: a. Karyawan kantor, b. Mahasiswa, c. Ibu Rumah Tangga.

b. Siapkan Modal Usaha

Kalau sudah ada gambaran tentang pasar yang ingin kamu bidik, saatnya menentukan rancangan anggaran. Bisnis siomay kemasan mungkin tidak membutuhkan modal besar, tapi pastikan juga kamu punya dana cadangan.

c. Buat Rancangan Model Bisnis Siomay Kemasan

1. Konsinyasi

Konsinyasi adalah sistem penjualan yang berbasis persetujuan dari pihak kedua dengan pemilik produk. Kamu bisa meminta kerjasama dengan warung, supermarket, atau ritel modern untuk bisa memasukkan produkmu. Jangan lupa untuk mencantumkan identitas produk ya, mulai dari bahan, kontak, dan juga deskripsi. Dengan begitu tingkat kepercayaan pihak pertama akan meningkat.  

2. Bisnis Online Melalui E-Commerce

Sudah familiar dengan market place? Jika sudah satnya melakukan pelebaran bisnis dengan metode ini. Pastikan kualitas rasa makanan baik, kemasan menarik, informasi dan deskripsi jelas. Jangan lupa kamu juga harus memberikan pelayanan sebaik-baiknya.

3. Media Sosial

Belajar tentang teknik desain dan fotografi tidak ada salahnya. Kalau kamu bisa menguasai ini, maka ada kemungkinan untuk membuat banyak orang melirik visualisasi produkmu. Jangan lupa gunakan aktif bisnis agar kamu bisa memantau jumal orang yang menengok akunmu.

d. Branding Produk

Bagaimana cara agar citra produkmu baik? Jawaban yang pertama ada di kualitas rasa. Sekali rasa makanan disukai oleh banyak orang, maka kemungkinan orang akan melakukan pemesanan berulang (repeat order). Kedua, kamu harus memperhatikan kemasan produkmu, agar tidak terkesan abal abal ya.

e. Strategi Pemasaran

Perjelas sistem pemasaran yang ingin kamu lakukan. Kamu bisa menguatkan merek produk siomaymu dengan melakukan penjualan secara offline. Artinya membuak toko sendiri, atau menitipkan ke tempat-tempat yang banyak disinggahi orang, misal ritel modern. Atau kamu bisa mengutakan bisnis melalui online. Apapun startegi pemasaran yang kamu lakukan, pastikan kemungkinan bisnisnya ya. Jangn lup ajuga untuk memperhitungkan posisi kompetitor.

Evaluasi Bisnis Siomay Kemasan

a. Melihat Respon Masyarakat atas Siomay Kemasanmu

Apakah pemesanan yang ada sesuai dengan taregt yang ingin kamu capai? Jika iya maka bagus. Namun kalau tidak, mungkin kamu harus kembali melakukan evaluasi secara menyeluruh, mulai dari rasa, kemasan, pelayanan terhadap pelanggan, hingga harga.

b. Pastikan Arus Keuanganmu

Buat laporan keuangan agar keluar-masuk uang jelas. Jangan mencampur uang pribadi dengan uang perusahaan. Itu akan menyulitkan menghitung pasti jumlah labar serta seimbang tidaknya pengeluaran dan pemasukan.

c. Ide Inovasi

Salah satu yang membedakan dengan kompetitor adalah produkmu memiliki inovasi atau tidak. Inovasi produk perlu kamu pertimbangkan jika penjualan produkmu sudah stabil ya. Jadi tidak perlu buru-buru.

Apakah artikel ini membuat kamu semakin tertarik dengan usaha siomay kemasan? Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini dengan teman-teman yang lain ya, supaya semakin banyak masayrakat yang tertarik dengan peluang usaha umkm.  

Ikuti terus kisah menarik dari perjalanan para pelaku bisnis lainnya hanya di BisnisUKM.com.  

Leave a Comment