Usaha Tahu Tepo, Kuliner Khas Ngawi yang Gampang Bikinnya!

Usaha tahu tepo ini patut kamu coba karena bikinnya gampang dengan rasa sedap yang mengenyangkan. Tepo secara umum nyaris sama seperti lontong ataupun kupat. Bahan utamanya  selain tepo adalah tahu, dengan baluran kuah bawang dan sambal kacang yang enak. Makanan satu ini adalah kuliner khas Jawa Timur, banyak ditemukan terutama di daerah Magetan dan Ngawi. Di wilayah lain, ada makanan yang sejenis juga: di Surabaya dan Lamongan, orang lebih familiar dengan tahu tek dan di Jogja kupat tahu.

Tahu tepo menarik untuk kamu jadikan bisnis karena rasanya enak dengan isiannya yang pas untuk satu porsi makan.  Namun sebelum terjun memulai, ada baiknya kamu memahami kelemahan, kelebihan, hingga analisis modalnya. Simak yuk terus!

Kelebihan Usaha Tahu Tepo

a. Modal yang Dibutuhkan Sedikit

Kamu ingin memulai usaha tapi anggaran sedikit? Tenang saja, tahu tepo tidak memerlukan biaya yang besar untuk memulai. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa didapatkan secara mudah di warung-warung. Untuk satu porsi misalnya, kamu hanya perlu mengeluarkan dana Rp.6000, dengan harga jual satu porsi rat-rata Rp12.000. Kalau kamu mengurangi bahan telur, maka harga awalnya akan lebih murah, begitu juga dengan harga satuan jualnya.

b. Cara Pembikinan Mudah

Tidak perlu takut kalau pembuatan tahu tepo ribet, karena caranya sangat mudah. Tahapan pembuatan hanya membutuhkan dua hal: menggoreng dan mengulek. Waktu yang kamu butuhkan juga tidak terlalu banyak. Jadi makin yakin kan?

c. Penggemar Luas

Betul, kuliner satu ini tidak pernah tersingkir dari daftar pilihan makanan banyak orang. Slah satunya karena makanan khas seperti ini sudah mengakar di dalam masyarakat. Rasanya juga mudah diterima oleh lidah banyak orang Indonesia.

Kelemahan Usaha Tahu Tepo

Tahu tepo bukan sejenis makanan yang bisa kamu kirim menggunakan paket, jadi akan sulit untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas. Selain itu, kamu juga harus memikirkan soal kompetitor juga. Tapi tenang saja, ada trik-trik marketing  untuk menutupi kelemahan usaha tahu tepo ini.

 Usaha Tahu Tepo, Kuliner Khas Ngawi yang Gampang Bikinnya!
Kompas.com

Analisis Modal

Untuk 5 porsi
 Bahan                  Jumlah           Harga
 Lontong                 10 buah         Rp. 5000
 Tahu putih              5 buah          Rp. 4000
 Tempe                   4 buah          Rp. 4000
 Telur ayam              4 buah          Rp. 6000           
 Daun seledri                            Rp. 1000
 Kubis segar                             Rp. 2000
 Kacang tanah            100 gr          Rp. 3500
 Gula                                    Rp.  500            
 Garam                                   Rp.  500
 Kecap                   2 sachet kecil  Rp. 2000
 Kuah Air Bawang
 Bawang Putih            5 siung         Rp. 2000
 Minyak goreng           3 sdm           Rp. 1000
 Air                     400 ml          Rp. 1000
 Total (5 porsi)                         Rp.31.500
 Total (20 porsi x 25 hari)              Rp.3.150.000
 
Modal tetap (Alat)
 Spatula               1           Rp. 25.000
 Wajan                 2           Rp. 50.000
 Ulekan                1           Rp. 50.000 
 
Biaya penyusutan alat selama pemakaian satu tahun
 1/12 x 90.000                     Rp.  7.500
 Total biaya                       Rp. 157.500
 
Total Biaya Operasional
 Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal
 Rp.3.150.000 +  Rp. 157.500        = Rp.3.307.500
 
Total Modal                        
 Estimasi Pendapatan Awal
 Rp.12.000 (harga jual 1 porsi)x 20 x 25 hari = Rp.6.000.000
 
Penghitungan Laba Satu Bulan
 Estimasi Pendapatan - Biaya Operasional
 Rp.6.000.000 - RRp.3.307.500       = Rp.2.692.500

Catatan: di tahun selanjutnya kamu tidak perlu mengeluarkan 
 biaya pembelian alat. Estimasi kerusakan alat sudah dihitung 
 dalam biaya penyusutan. 

Cara membuat Tahu Tepo

  1. Haluskan 5 siung bawang putih lalu tumis hingga harum. Selanjutnya tambahkan 400 ml air dan 1 sdt kaldu ayam, tunggu hingga mendidih. Setelah itu saring dan sisihkan.
  2. Potong lontong (atau bisa kamu ganti dengan kupat sesuai selera, taruh dipiring.
  3. Iris tahu putih dalam bentuk dadu, lalu goreng. Tiriskan hingga minyaknya berkurang, bagi ke piring. Bagi tempe menjadi dua bentuk segitiga, goreng.
  4. Iris kubis tipis-tipis, bisa di goreng terlebih dahulu kalau kamu tidak suka kubis mentah. Langsung tata di piring.
  5. Buat sambel pecel, kalau terlalu repot gunakan pecel instan.
  6. Buat kuah bawang dengan bahan-bahan yang sudah ditunjukan.
  7. Jika bahan lontong dan tahu sudah siap, siramkan sambel pecel dan kuah bawang (sesuiakan dengan permintaan.
  8. Goreng telur sebagai tambahan, bisa kamu goreng dadar atau orak-arik. Tambahkan ke piring.
  9. Berikan taburan seledri, bawang goreng, dan kacang goreng.

Tips:

  1. Agar kuahnya lebih berasa, kamu juga bisa menambahkan asam jawa.
  2. Untuk rasa pedas yang kamu inginkan, ulek cabai pedas lalu campur ke sambel pecel.
  3. Supaya lebih enak, sebelum digoreng tahu dan tempe bisa kamu rendam dalam air kaldu.

Memulai Bisnis Tahu Tepo

a. Menentukan Target Pasar

Kamu berencana untuk membuka kios kecil untuk berjualan tahu tepo? Jika iya, lakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa menyusun pertanyaan mulai dari: lokasi mana yang sekiranya ramai, kelompok masyarakat seperti apa yang biasanya membeli tahu tepo, berapa harga yang bisa dipatok agar tidak terlalu mahal. Kalau kamu mau mengincar konsumen mahasiswa, bisa menyewa lokasi yang dekat kampus, dll.

b. Tentukan Model Bisnis Tahu Tepomu

Ada beberapa model yang bisa kamu kembangkan untuk bisnismu:

1. Pesan antar

Daftarkan usahamu ke layanan pesan antar, dengan begitu akan banyak orang yang memesan. Di era sekarang, ada kecenderungan masyarakat malas datang ke warung makan secara langsung, lebih efisien jika memesan. Kalau seperti ini, kamu bisa berbisnis dari rumah tanpa perlu membuka kios. Jangan lupa pikirkan soal kemasan yang efisien dan efektif ya.

2. Penjualan langsung

Jika ketika menentukan taregt kamu memutuskan untuk membuka kios, ada baiknya untuk memastikan tempat yang sesuai. Kamu juga perlu menyiapkan dana lebih untuk membeli meja penjualan dan peralatan makan.

c. Branding Bisnis Tahu Tepo

Kelemahan dalam bisnis ini, seperti yang sudah disebut di atas., adalah banyaknya pesaing. Untuk membangun citra tahu tepo, kamu harus memastikan kualitas rasanya baik. Lakukan uji coba (tester) sebelum melempar produk kepada publik. Kamu bisa meminta saudara atau teman dekat untuk memberikan penilaian, dengan begitu ada kelemahn yang bisa segera kamu perbaiki.  Baru jika kamu sudah memastikan tidak ada masalah dengan rasa, pikirkan juga masalah kebersihan bahan dan pembuatan.

d. Saatnya Memikirkan Stratgei Pemasaran

1. Buka Media Sosial

Saatnya membuka akun bisnis, dengan begitu akan lebih banyak orang yang melihat usaha tahu tepomu. Tidak hanya lewat Facebook atau instagram, kamu mula-mula bisa mengenalkan lewat status whatsapp. Keuntungan dari akun bisnis adalah kamu bisa melihat perkembangan pengikut, ketertarikan terhadap usahamu, dan sejauh mana interaksi yang terbangun.

2. Gunakan Promo dan Diskon

Usahamu belum banyak dikenal? Gunakan promo dan diskon supaya lebih banyak ornag yang tertarik. Misal, harga satu porsinya adalah Rp12.000, untuk awal buka tawarkan harga Rp.5000 kepada mereka yang mencoba. Buat batasan waktu, misal satu minggu atau dua minggu.

e. Evaluasi Usaha Tahu Tepo

Saatnya melakukan evaluasi tahu tepo nih. Berapa lama bisnismu berjalan? Jika kurnag lebih satu bulan, saatnya melihat jumlah permintaan konsumen. Kalau tidak ada peningkatan, kemungkinan kamu perlu memperbaiki mulai dari rasa hingga startegi pemasaran. Jika sudah mengecek permintaan, saatnya kamu membuka laporang keuangan nih. Apakah uang keluar dan uang masuk seimbang? Pastikan kamu membedakan keuangan pribadi dengan perusahaan ya. Karena itu mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan jadi penting. Di tahap terakhir, pikirkan untuk melakukan inovasi, dengan catatan penjualanmu sudah cukup stabil ya.

Nah begitulah langkah untuk memulai usaha tahu tep yang bisa jadi panduan kamu. Semoga artikel ini melecutmu hingga tertarik untuk turun ke UMKM. Kalau tulisan ini kamu rasa bermanfaat, jangan lupa untuk membagikannya dengan teman-teman sekitar. Sekarang, apa kamu sudah mulai tertarik untuk mengisi pelulang usaha tahu tepo?

Ikuti terus informasi menarik seputar usaha kuliner lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba