Usaha Tani Dan Industri Minuman Dari Lidah Buaya

usaha tani industri lidah buayaSalah satu industri pengolahan hasil pertanian yang sekarang ini sedang marak dikembangkan adalah industri pengolahan komoditas lidah buaya.

Komoditas lidah buaya adalah salah satu peluang investasi di sektor pertanian, khususnya tanaman pangan hortikultura yang sangat prospek untuk dikembangkan karena permintaan pasar terhadap komoditas tersebut semakin meningkat.

Pengembangan agribisnis lidah buaya memiliki prospek sangat bagus dilihat dari segi keterlibatan masyarakat dan manfaat yang ditimbulkannya, antara lain:
(1) Cara pembudidayaan lidah buaya relatif mudah;
(2) Mendorong tumbuhnya industri pedesaan baik sektor hulu maupun sektor hilir, sehingga dapat memperluas lapangan kerja di pedesaan;
(3) Penganeka-ragaman produknya sangat beragam dari mulai makanan dan minuman, bahan baku kosmetika, dan bahan baku obat-obatan;
(4) Nilai tambah produk hilirnya cukup besar;
(5) Permintaan produk olahannya mempunyai pasar yang bagus.

Pengembangan agribisnis lidah buaya di Indonesia terpusat di Pontianak Propinsi Kalimantan Barat. Lidah buaya juga banyak diusahakan di Pulau Jawa, tetapi skala usahanya relatif sempit dan lokasinya terpencar.

Pengembangan lidah buaya di Jawa Barat berada di daerah Bogor dan Parung. Lidah buaya di daerah tersebut dibudidayakan secara organik. Hasil produksinya digunakan sebagai bahan baku pembuatan minuman kesehatan lidah buaya.

Potensi & Permasalahan Lidah Buaya Purworejo
Kabupaten Purworejo merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang berpotensi dalam pengembangan usaha tani lidah buaya. Pengembangan lidah buaya di Kabupaten Purworejo tepatnya di Desa Winong, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo.

Produksi dan luas lahan lidah buaya di Kecamatan Winong Kabupaten Purworejo menempati urutan pertama di Propinsi Jawa Tengah. Hal ini merupakan kenyataan yang menunjukkan betapa pentingnya peranan lidah buaya bagi ekonomi petani, kelangsungan produksi agroindustri berbasis lidah buaya.

Kebanyakan pengolahan lidah buaya menjadi minuman lidah buaya di Kabupaten Purworejo dilakukan oleh industri skala kecil yang masih menggunakan teknologi pengolahan yang cukup sederhana. Hasil akhir yang nantinya akan dijual dalam bentuk minuman kesehatan, minuman lidah buaya (nata de aloe).

Pada umumnya, pengusaha belum menjalankan usahanya tersebut berdasarkan pembukuan keuangan yang rapi, sehingga nilai keuntungan yang diperoleh masih bersifat kasar.

Oleh karena itu, kiranya perlu dilakukan analisis finansial yang lebih terinci agar pihak manajemen mengetahui omzet dan keuntungan yang sebenarnya.

72 Komentar

  1. Kalau daerah perkebunan lidah buaya dimana yah tolong infonya terimakasih

  2. saya butuh bibit lidah buaya bs tlg infokan yang menyediakan bibit lidah buaya? sy tinggal di tegal

  3. Jika ada yg tahu alamat n contact person tmpat budidaya lidah buaya di wilayah sekitaran jogja.. tlg di email ke tmpat saya : shintarindra@yahoo.com. .

  4. saya sangat ingin sekali membudidayakan lidah buaya, saya mohon bantuan di mana saya bisa mendapatkan informasi lgdah buaya, saya tinggal di magetan dan madiun, ini email saya,,,hartiniagustin200@gmail.com,,,,,,,,terimakasih,,,

  5. kalo boleh tau alamatnya yang di daerah bogor dan parung dimana ya tolong korim ke email saya. terima kasih
    @ khusnulamri21@gmail.com

  6. saya ibu rumah tangga mo coba usaha minuman lidah buaya apakah ada pelatihannya ya…

  7. ….menarik sekali, dan jg sngt inspiratif….sy jd tertarik untuk usaha lidah buaya. yg sy tanyakan, apakah d daerah sby ada distributornya dan tempat pelatihan budidaya lidah buaya. krn trs trng..berkali-kali sy mencoba menanam lidah buaya, tetapi hasilnya selalu gagal…atas jawabanya terima kasih

  8. saya tinggal di Medan, membutuhkan lidah buaya. tolong contact ke saya 0813 6226 9898.. terima kasih

  9. maaf mas bagimana cara membuat iklan ukm kebetulan saya juga punya perkeunan lidah buaya

    • Terimakasih telah bergabung di www.bisnisukm.com,
      Jika Bapak Jamal sudah terdaftar sebagai member, selanjutnya kami persilahkan untuk login ke member area.
      Semua fasilitas ada di sana (member area).
      menunya ada di bagian atas (iklan gratis) dan bagian kiri (Promosi UKM –>> Iklan Gratis).
      Untuk memudahkan Bapak, berikut ini kami cantumkan pula alamat linknya: https://bisnisukm.com/wp-admin/admin.php?page=biz-produk
      Semoga bisa membantu dan salam sukses.

    • Untuk mas Jamal : saya perlu info lidah buaya untuk saya pasarkan di Timur Tengah . Bisa Contac saya di 0852 1928 4375

  10. minta info tempat budidaya lidah buaya d daerah jateng khususna yg dekat dgn solo.
    trimakasih.

  11. tolong saya minta alamat pertanian lidah buaya yang ada di wilayah jawa timur. Terima kasih

  12. bisakah saya minta alamat dan nomer kontak petani lidah buaya di Bandung? kebetulan saya sedang mencoba berwirausaha dengan bahan utamany lidah buaya..
    terimakasih

  13. tolong saya minta alamat budidaya lidah buaya yg ada didaerah jawa tengah ada di mana saja?mohon info nya terima kasih

Comments are closed.