Usaha yang Sia-Sia

berusaha

“ Bukan tempat Anda memulai…
tetapi tempat Anda berakhirlah yang berarti. “
( Zig Ziglar )

Apa tujuan hidup kita?
Setiap orang didunia pasti memilki tujuan hidup, cita-cita, termasuk didalamnya kebanggaan akan mimpi kita tersebut dimasa akan datang. Dapat dibayangkan, betapa orang-orang kini begitu sibuk dan tersita semua waktu yang dimilikinya. Sejak muda ia gigih berusaha, hingga ia beranjak tua pun ia masih tetap bekerja keras. Namun apa sejatinya yang ia lakukan ?

Terkadang diantara kita masih saja ada yang tidak paham akan apa yang kita lakukan sebenarnya. Semua yang kita lakukan, terkadang hanyalah sebuah rutinitas tanpa arti dan tanpa tujuan. Adapun cita-cita yang kita bangga-banggakan, terkadang hanya sebuah angan-angan belaka, karena pada kenyataannya kita sama sekali tidak berusaha mencapainya. Sia-sia.

Mengapa hal ini bisa terjadi ? Kita didalam melakukan sesuatu, terkadang hanya cenderung bertindak reaksional, bertindak atas apa yang nampak didepan mata kita. Bisa jadi apa-apa yang tampak didepan mata kita, bukanlah sesuatu yang cukup berharga, hanya “kecohan” belaka. Kebanyakan kita tidak terlatih untuk berfikir dan bertindak secara Proporsional. Kita saat ini lebih banyak kehilangan cara-cara berfikir bijak, dewasa, dan kreatif yang mana pola-pola tersebut merupakan ciri khas budaya nenek moyang negara kita.

Bukan bagaimana cara anda memulai, tetapi bagaimana cara anda akan mengakhiri. Tujuan yang kabur, tidak jelas, hanya akan membuat hidup anda, pekerjaan anda menjadi sia-sia. Anda akan berjalan tanpa arah yang jelas, dan kesemuanya itu hanya akan menghabiskan waktu anda. Beberapa catatan mengenai karaktristik Visi yang baik yaitu :
1.    Merupakan mimpi. Tujuan dengan jangka panjang.
2.    Mampu menginspirasikan jiwa anda dan orang-orang disekitar anda.
3.    Merupakan Bintang di  Lautan Langit .
4.    Bermanfaat bagi orang lain.
5.    Sesuai dengan kemampuan diri.
6.    Visi maksimal terdiri dari 14 suku kata.

Lihatlah dalam diri kita baik-baik. Nilai kembali diri kita, apakah selama ini kita sudah melakukan segala sesuatunya untuk mencapai Visi besar kita. Jangan sampai terjadi hidup kita selama ini hanya menjadi sia-sia belaka karena kesalahan kita dimasa muda. Ingat, bukan bagaimana cara Anda memulai…tetapi bagaimana cara anda akan mengakhiri!

Sumber gambar : http://www.onthesnow.com/ots/images_i/nr/3931.jpg

16 Komentar

  1. Untuk manusia yg sepanjang hidupnya di posisi ngepas dan standar2 aja, Kebingungan serta keterbatasan keahlian, kadang bikin mati’in semangatjoeang dan gk brani memulai. Bagi tipsnya,

  2. Bagaimana dengan ternak kepiting yang sangat besar potensinya untuk dikembangkan atau dilaksanakan. Sayang keterbatasan Lahan yang ada dan pelaku bisnis ini sangat sedikit. saya mohon bantuan untuk informasi tentang lahan dan tekniknya?

  3. Yups.. masalah modal… and lagi, aq yg masih SMA ini sbenere pgen action dlm bidang enterpreneur ini… tp msih bgung… pengalaman… and ilmu yg blum matang,
    ???????

  4. klo ga ada modal gimana tuch ??setiap usaha kan syarat mutlak ny hrs ad modal…

  5. Semua gak ada yang salah, untuk mencapai suatu keberhasilan mah emank banyak cara kok, lain kepala lain pikirang jude. Tapi kalo gue selalu mengerjakan kedua otak gue dimana ada otak kanan dan otak kiri, kalo kedua otak ini kita bisa pegang atau kita kendalikan, semua apa yang kita ucapkan dan semua yang kita bayangkan, amieennn,,,semua pasti bisa kita raih…kesimpulannya, apa yang kita pikirkan, baik maupun buruk…yakin itu yang yang pasti terjadi…

  6. betul betul betul .intinya cepat lakukan tindakan !!! / action.. jika kita sudah menguasai ilmunya cepat praktekkan .jangan tunggu nanti klo udah ini , klo udah itu….. reksi cepat lebih baik. ambil posisi , kuasai posisi. jangan hanya menasehati kayak gue hehehehe. itu duluuuu …sekarang gak……..

  7. Perlu ada “alasan” yang sangat-sangat kuat untuk mewujudkan mimpi menjadi nyata, alasan yang sanggup menggerakkan kaki, tangan untuk melangkah dan melakukan sesuatu (action), mengarahkan pikiran untuk tetap “focus” pada “tujuan” yang hendak dicapai, menemukan cara terbaik untuk mewujudkan “visi”.

    salam,

Comments are closed.