Yuk Banting Stir Usaha Bakso Cuanki Yang Jadi Favorit Anak Milenial

Usaha bakso cuanki ini sekarang sedang naik daun, betapa tidak. Makanan ini kini menjadi salah satu makanan yang jadi favorit para anak milenial. Bakso cuanki ini disukai para kaum milenial karena menawarkan sensasi pedas pada bakso yang luar biasa. Biasanya bakso ini memiliki beberapa level kepedasan. Para anak muda yang penasaran berbondong-bondong untuk menjajal makanan yang satu ini.

Kesempatan ini tentu menjadi peluang yang cerah bagi para pengusaha bakso cuanki. Mereka berlomba-lomba menambah gerai baru untuk membuka di beberapa cabang di sekitar demi memenuhi permintaan konsumennya. Beberapa dari pengusaha bakso cuanki ini terus memiliki harapan untuk membuka cabang lagi dan lagi. Dilihat dari penikmatnya yang terus bertambah, terutama para anak muda. Menjadikan usaha ini terus mengalami perkembangan.

Untuk tetap bisa bersaing di pasaran maka beberapa pengusaha cuanki tak pernah lupa untuk melakukan inovasi pada produknya tersebut. Jadi sudah bukan rahasia lagi jika penikmat bakso cuanki ini terus mengalami kenaikan. Tidak hanya digemari oleh para kaum anak muda milenial. Bakso ini juga banyak digemari oleh banyak kalangan.

Kenalan Sama Bakso Cuanki

Bakso cuanki merupakan salah satu makanan yang lagi-lagi berasal dari Bandung. Bahan dasarnya adalah daging ikan, daging sapi dan tepung tapioka dengan campuran bumbu penyedap rasa. Kemudian disajikan bersama kuah kaldu yang berisi bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng dan tahu rebus. Ditambah dengan taburan daun bawang dan bawang goreng.

Nah pada dasarnya memang sedikit mirip dengan bakso pada umumnya. Namun komponen dalam semangkuk bakso ini jelas berbeda. Hal yang membedakan bakso cuanki dengan bakso pada umumnya adalah isian dan kuah dalam semangkuk bakso. Jika di daerah Jawa semangkuk bakso berisikan bakso, mie kuning dan putih, tahu pong, bakso goreng dengan kuah kaldu daging sapi, ditambah lagi dengan taburan daun bawang, seledri dan bawang goreng.

Sedangkan dalam semangkuk bakso cuanki berisikan bakso, siomay kukus, siomay goreng, tahu goreng dan tahu rebus. Ditambah dengan taburan daun bawang, bawang goreng dan pilus goreng. Bakso cuanki ini biasa kita kenal dengan ciri khas kuah merah merekah yang sangat pedas. Sehingga terlihat lebih menarik dan menggoda untuk dinikmati.

Asal Usul Bakso Cuanki

Bakso cuanki ini sering disebut dan lebih dikenal dengan sebutan bakso Bandung. Salah satu yang menjadi alasannya adalah kebanyakan penjual bakso cuanki ini berasal dari daerah sana. Tahukah kamu jika cuanki memiliki arti dan asal usul? Cuanki ini artinya adalah cari uang jalan kaki. Ini karena pada zaman dulu orang menjual bakso cuanki dengan cara dipikul dan berjalan kaki.

Bakso cuanki ini juga terkenal memiliki kuah yang sangat khas. Kuah ini lebih tajam dan memiliki warna kuning. Selain khas dengan kuah kaldu dan bumbu, kuah ini juga diberikan penyedap rasa. Sehingga pada saat disajikan tak perlu tambahan penyedap lagi.

Nah yang lebih menariknya lagi dari bakso cuanki ini adalah kuahnya yang terkenal pedas. Makanan Bandung memang terkenal dengan ciri khas pedas yang tajam. Namun sensasi pedas yang ditawarkan ini benar-benar bikin ketagihan. Terutama pada anak muda milenial yang sangat menyukai makan pedas.

Bakso cuanki ini memiliki cara penyajian yang cukup unik. Isian direbus terlebih dahulu hingga siomay goreng mengembang. Baru kuah dan isian disajikan bersama dalam mangkuk. Hmm benar-benar nikmat membayangkannya saja.

Usaha Bakso Cuanki Usaha Yang Menjanjikan

Menggeluti Usaha Bakso Cuanki

Nah tidak ada ruginya terjun menggeluti usaha bakso cuanki ini. Kalo kamu berani menghadirkan kuliner khas Bandung ini di kotamu tentu akan sangat menguntungkan. Usaha ini termasuk salah satu usaha yang menguntungkan untuk dijalankan. Selain penggemarnya sudah pasti banyak. Keunikan rasa dan ciri khasnya yang melekat kuat ini dengan rasa pedas sangat disukai para milenial.

Bahkan untuk mengelolanya saja cukup mudah dan inilah menjadi usaha yang tepat bagi kamu yang sedang cari usaha yang lagi banyak digandrungi para anak muda. Untuk memulai usaha ini pun tidak memerlukan modal yang besar. Gimana nih kamu tertarik dengan ide usaha bakso cuanki ini juga? Simak yuk informasi lengkap tentang usaha ini.

Tentang Usaha Bakso Cuanki

Mengenal bakso cuanki lebih jauh lagi, bakso ini tentu cocok untuk dijadikan usaha karena salah satu usaha yang menjanjikan. Ditambah lagi dengan penambahan inovasi yang semakin kreatif maka berkemungkinan besar akan terus berkembang.

Keunggulan lainnya adalah usaha ini merupakan usaha yang sederhana dan bisa dijalankan dengan modal kecil. Bahan dan peralatan sangat mudah untuk didapatkan. Untuk membuatnya pun tidak memerlukan skill yang khusus. Hanya perlu banyak belajar dan inovasi untuk membuatnya berbeda namun tetap tidak menghilangkan ciri khasnya.

Hal yang perlu diperhatikan diutamakan adalah kualitas dan rasa khas yang harus tetap dijaga. Untuk bisa menyajikan semangkuk bakso cuanki dibutuhkan beberapa bahan. Diantaranya adalah daging ikan tenggiri, telur, putih telur, tepung kanji, air es, gula pasir, merica, tahu dan lain sebagainya. Nanti kita akan bahas lebih lanjut di resep pembuatan bakso cuanki.

Resep Pembuatan Bakso Cuanki

Untuk bisa menyajikan semangkuk bakso cuanki maka diperlukan proses pembuatan yang cukup panjang. Nah untuk mengolah bakso cuanki ini tentu sangat mudah. Tidak jauh berbeda dengan bakso pada umumnya. Untuk bisa menghasilkan rasa yang sesuai maka harus tepat dengan resepnya. Begini resep pembuatan bakso cuanki :

Bahan Bakso:

  • Daging ikan tenggiri 1 kg
  • Putih telur 1
  • Telur 1 butir
  • Tepung Kanji 300 g
  • Garam 4 sdt
  • Air es 700 ml
  • Gula pasir 1 sdm
  • Tahu 10 buah
  • Merica 1 sdt

Bahan Kuah :

  • Kaldu ayam
  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • Jahe
  • Gula pasir
  • Merica
  • Garam

Pelengkap :

  • Bakso sapi
  • Seledri
  • Daun bawang
  • Sawi

Langkah Membuat :

  1. Pertama campur ikan tenggiri dengan air dingin, kemudian aduk sampai rata dan kemudian berikan garam, gula, merica, dan bumbu penyedap.
  2. Kemudian putih telur dan aduk hingga rata, lalu pindahkan dalam wadah yang besar. Aduk kembali dan tambahkan dengan tepung kanji, aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Lalu jika sudah tercampur rata maka masukkan dalam food processor.

Langkah Membuat Isian Tahu :

  1. Campuran adonan tahu dengan kerokan tahu dengan perbandingan sama, kemudian aduk sampai rata dan tambah dengan air.
  2. Kemudian tambah dengan irisan bawang dalam adonan dan masukkan dalam tahu yang telah dibelah.
  3. Lalu tahu bisa digoreng atau bahkan direbus.

Langkah Membuat Tekwan :

  1. Siapkan adonan tenggiri dan tambah dengan bawang iris lalu campur hingga bahan tercampur rata.
  2. Siapkan kulit pangsit, lalu masukkan adonan dalam kulit pangsit kemudian bungkus dan goreng.
  3. Adonan sisa bisa digunakan untuk membuat tekwan dengan bentuk sesuai selera dengan bantuan sendok.

Proses Penyajian :

  1. Pertama masukkan air kaldu dalam wadah dan didihkan serta tambahi potongan batagor serta bakso sapi.
  2. Lalu siapkan wadah dan sajikan dalam keadaan hangat
  3. Bakso cuanki siap dinikmati.

Demikian adalah informasi mengenai usaha bakso cuanki, asal usul dan resep sebagai referensi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca. Dapatkan ide menarik lainnya hanya di website Bisnisukm.com.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba