Pemasaran

3 Kunci Sukses Memenangkan Persaingan Pasar

kunci sukses menghadapi persaingan

kunci sukses menghadapi persaingan

Ketatnya persaingan pasar dan tingginya pertumbuhan jumlah UKM di Indonesia, tentu menuntut para pelaku usaha untuk bisa tetap eksis di bidang usahanya. Bahkan tak jarang berbagai macam cara dan upaya rela dijalankan para pelaku usaha untuk memenangkan persaingan pasar yang ada di sekitarnya.

Soklat Banget, Murah Banget

Soklat Banget, Murah Banget

Paket mulai dari 3,8 Juta mendapatkan semua perlengkapan lengkap.

Karenanya, agar bisnis Anda tak tenggelam di tengah ketatnya persaingan pasar. Berikut ini kami informasikan kepada para pelaku UKM tentang 3 kunci sukses memenangkan persaingan pasar yang wajib mereka jalankan dari sekarang.

Kunci sukses yang pertama adalah menghasilkan desain produk yang lebih unggul dibandingkan para kompetitor. Strategi pemasaran ini perlu Anda gali secara berkala untuk menciptakan ide-ide baru dan mengevaluasi secara rutin desain-desain produk yang sudah diluncurkan di pasaran. Hal ini sangatlah penting untuk mendukung penampilan produk Anda serta meningkatkan nilai tambah lainnya seperti kenyamanan, kepraktisan, menyesuaikan selera konsumen, dan mampu menjawab kebutuhan para pelanggan. Dengan strategi tersebut, Anda bisa menciptakan produk-produk inovatif yang banyak dicari calon pelanggan.

kualitas produk

kualitas produk

Kunci sukses yang kedua adalah konsisten dalam menjaga kualitas produk. Untuk bisa bersaing dengan pasar yang cukup luas, tentunya Anda tidak hanya dituntut untuk bisa lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan desain produk namun juga harus bisa konsisten dalam menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Untuk bisa mendukung poin tersebut, sekarang ini para pelaku UKM mulai menggunakan bantuan mesin tepat guna yang dioperasikan secara otomatis untuk menjamin keseragaman kualitas produk serta meningkatkan keterampilan dan pengalamannya untuk mengoptimalkan hasil produksi.

Kunci sukses yang ketiga adalah perluas jaringan distribusi produk. Agar Anda bisa berhasil menguasai pasar, penting bagi Anda untuk memperluas jaringan distribusi ke berbagai lini. Contohnya saja untuk membidik konsumen kelas atas, Anda bisa menjalin kerjasama dengan pemilik supermarket, swalayan, maupun minimarket untuk menitipkan produk dagangan Anda. Sedangkan untuk membidik konsumen kelas bawah Anda bisa memperluas jaringan distribusi dengan menitipkannya di warung-warung kelontong, maupun mempromosikannya langsung dari mulut ke mulut. Semakin luas jangkauan pasar yang Anda miliki, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Semoga dengan mengaplikasikan tiga tips pemasaran tersebut, para pelaku UKM bisa mengoptimalkam pemasarannya dan mendatangkan banyak orderan setiap bulan. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://kueinacookies.files.wordpress.com/2012/08/mengatasi-perang-harga-kue-kering-lebaran.jpg?w=463&h=290
2. http://www.randrproducts.com/Uploads/ImageItems/Quality.jpg