5 Tips Sukses Bisnis Reseller Modal Kecil

Bisnis reseller modal kecil menjadi salah satu peluang usaha yang masih punya potensi besar untuk menghasilkan keuntungan. Sebab saat ini keterbatasan modal usaha bukanlah menjadi penghambat seseorang untuk menjalankan bisnis. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal bisnis. Mulai dari mencari investor, kerjasama bisnis, atau mengajukan pinjaman modal bisnis dengan jumlah tertentu. Tapi ada juga yang lebih memilih menjalankan usaha dengan modal kecil. Salah satunya adalah bisnis reseller modal kecil yang banyak dilakukan oleh para pemula.

Bisnis Reseller Modal Kecil

Saat ini usaha online seperti bisnis reseller modal kecil telah menjadi aktivitas untuk mencari penghasilan melalui internet. Pada mulanya bisnis reseller modal kecil banyak dijadikan oleh orang-orang sebagai usaha sampingan saja. Tapi karena menjalankan bisnis reseller modal kecil ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Jadi tidak heran kalau sekarang ini bisnis reseller modal kecil banyak diminati oleh banyak orang untuk mendapatkan penghasilan.

5 Tips Sukses Bisnis Reseller Modal Kecil
freepik.com

Bisnis reseller modal kecil mampu mendatangkan keuntungan besar dengan risiko yang kecil. Sebab untuk menjalankan bisnis reseller tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Selain memiliki risiko yang kecil, bisnis reseller juga memiliki pangsa pasar yang sangat luas karena banyak pilihan produk yang bisa dijual. Bahkan dengan menjalankan bisnis reseller kamu bisa berjualan dan mempromosikan produk ke semua orang di seluruh dunia.

Tapi banyak orang yang masih ragu untuk menjalankan bisnis reseller karena banyak yang berpikir apakah benar dengan menjadi seorang reseller bisa menguntungkan seiring dengan makin banyaknya penipuan online sehingga banyak orang takut untuk melakukan transaksi atau pembelian secara online. Tapi saat ini hal tersebut persentasenya semakin sedikit, apa lagi dengan kehadiran media sosial dan marketplace yang bisa menjadi media untuk melakukan transaksi online dengan aman.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Reseller Modal Kecil

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika menjalankan bisnis reseller modal kecil. Selain keuntungan secara materi ada juga keuntungan lain yang membedakan dengan jenis bisnis atau usaha lainnya. Kali ini Bisnis UKM akan membagikan ulasan mengenai keuntungan apa saja yang akan kamu dapatkan ketika menjadi seorang reseller. Simak selengkapnya berikut ini!

1. Lebih Punya Banyak Waktu

Saat kamu menjalankan bisnis reseller waktu yang dibutuhkan atau digunakan untuk menjalankan bisnis ini cenderung singkat dan juga efisien. Apalagi kalau kamu bisa menjalin kerjasama yang baik dengan para pemasok atau supplier. Maka waktu yang kamu butuhkan untuk bekerja juga akan terasa lebih ringan dan hasil yang diperoleh tetap akan memuaskan. Kalau berkaitan dengan pelayanan pelanggan kamu bisa tentukan jam operasional sesuai kebutuhan.

2. Pendapatan Bisnis Reseller

Jika dilihat dari segi pendapatan, menjadi seorang reseller pastinya akan mendapatkan banyak keuntungan. Terutama ketika kamu bisa mendapatkan pemasok atau supplier yang punya tawaran harga murah. Misalnya kamu bisa mendapatkan untung 15% sampai 25% dari harga yang kamu ambil dari pemasok. Tapi pastikan bahwa produk yang kamu jual sebanding dengan harga yang kamu tawarkan ya. Jangan sampai bisnis reseller yang kamu jalankan penawaran harganya tidak sesuai dengan segmen pasar.

3. Bisnis Reseller Punya Banyak Relasi

Menjadi seorang reseller biasanya tidak hanya mempunyai satu pemasok saja. Maka dari itu dengan menjadi seorang reseller kamu akan mempunyai banyak relasi. Mungkin pada kesempatan lain kamu bisa ajak bekerjasama untuk memulai bisnis lainnya yang lebih besar lagi. Jalinlah kerjasama dan relasi yang baik dengan para pemasok atau supplier supaya bisnis yang kamu jalankan makin lancar.

Tips Bisnis Reseller

Untuk memulai bisnis reseller modal kecil ada beberapa hal yang kamu persiapkan. Apa lagi untuk kamu yang merupakan pemula dalam dunia bisnis. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk menjalankan bisnis reseller modal kecil.

1. Tentukan Produk yang Dijual

Sebelum memulai bisnis dengan menjadi seorang reseller, cobalah cari tahu produk seperti apa yang ingin kamu jual. Apakah itu pakaian, make up, automotif, aksesoris, atau produk yang lain. Jangan lupa untuk menentukan siapa yang menjadi target pasar kamu supaya proses penjualan produk jelas. Pastikan produk yang dijual sesuai dengan permintaan pasar agar proses pemasaran produk lebih mudah. Kamu perlu mengetahui mengenai seluk beluk dari produk yang dijual. Jadi ketika konsumen menanyakan detail dari produk yang kamu jual, kamu bisa menjelaskannya dengan baik dan lengkap.

2. Harga Jual Terjangkau

Selanjutnya adalah menentukan harga jual produk. Penetapan harga jual harus sesuai dengan segmen pasar yang akan dibidik dari produk yang kamu jual. Tetapkan harga produk yang bisa dijangkau oleh segmen pasar. Hindari menjual dengan harga yang terlalu mahal dan tidak masuk akal untuk segmen pasar yang kamu sasar. Tetaplah hitung persentase keuntungan dari harga yang kamu ambil dari pemasok.

3. Amati Kompetitor Bisnis Reseller

Makin banyak reseller, semakin ketat pula persaingannya. Maka dari itu proses perputaran barang semakin lambat. Apa lagi jika pesaing memonopoli harga barang di mana harga yang ditetapkan pesaing jauh lebih murah dibandingkan harga yang kamu tetapkan. Lain halnya jika sudah memiliki pelanggan tetap. Proses perputaran barang tidak terkena dampak yang terlalu besar. Selain persaingan harga, kamu juga akan bersaing di sektor kualitas produk dengan kompetitor. Begitu juga dalam hal pelayanan pelanggan. Maka dari itu amati kompetitor jadikanlah apa yang tidak ada pada mereka menjadi keunggulan bisnis reseller milik kamu.

4. Strategi Pemasaran Bisnis Reseller

Tips selanjutnya adalah strategi pemasaran yang tepat. Ketika kamu hanya menjual produk di satu pasar saja, kapan bisnis akan berputar? Bisa jadi bisnis hanya bergerak di situ-situ saja atau bahkan mengalami kemunduran. Ada metode pemasaran yang tepat untuk menjajakan bisnis online adalah melalui media sosial seperti instagram. Buatlah konten yang menarik di instagram melalui foto produk yang asli dan menarik. Begitu juga dengan konten informatif lainnya. Sebab saat ini media sosial sudah menjadi alat marketing yang efektif untuk bisnis reseller. Manfaatkan juga marketplace untuk memasarkan produk yang kamu jual.

5. Buatlah Promo Menarik

Jadilah reseller yang royal artinya jangan enggan untuk memberikan promo menarik kepada para konsumen. Tidak perlu terlalu sering untuk memberikan promo, cukup dalam event tertentu saja. Misalnya promo ramadan atau perayaan hari-hari besar lainnya. Pemberian promo menarik dipercaya ampuh menarik para konsumen untuk membeli produk yang kamu jual.

Itulah ulasan mengenai bisnis reseller modal kecil yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Teruslah berkembang untuk menjadikan bisnis yang kamu jalankan semakin #NaikKelas Ikuti terus informasi menarik tentang bisnis hanya di bisnisukm.com Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak yang terdorong untuk menjalankan bisnis. Salam suskses!

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba