ilustrasi membangun loyalitas konsumenDalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya semua pengusaha selalu menginginkan bisnisnya dapat memberikan keuntungan yang besar. Keuntungan yang dimaksud tidak hanya keuntungan materiil semata, namun juga keuntungan yang bersifat non materiil.

Video Praktisi

Temukan Ide Bisnis dari Hobi Travelling

Keadaan tersebut menjadikan para pelaku usaha untuk mengeluarkan energi ekstra dalam menentukan strategi pemasaran yang paling menguntungkan. Baik keuntungan berupa omset yang besar setiap bulannya maupun keuntungan non materiil berupa loyalitas konsumen yang selalu terjaga.

Loyalitas konsumen merupakan keuntungan terbesar bagi para pengusaha.  Jadi tidak mengherankan bila loyalitas  tersebut dijadikan target utama dalam berbisnis. Karena dengan terciptanya loyalitas konsumen yang tinggi, maka hal tersebut merupakan kabar baik bagi perkembangan bisnis kedepannya.

Namun, bagaimanakah cara menciptakan loyalitas konsumen tersebut?

Yang dimaksud dengan loyalitas konsumen adalah terciptanya kepercayaan dan komitmen para pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, karena mereka mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa tersebut. Keadaan seperti itu tentu sangat menguntungkan bagi para pelaku usaha, sebab konsumen yang sudah loyal dengan sebuah produk atau jasa akan melakukan pembelian secara rutin terhadap produk Anda. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akhirnya menjadi agen pemasaran terbaik bagi bisnis Anda.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan untuk membangun loyalitas konsumen?

1.  Berikan nilai lebih pada produk Anda. Buatlah konsumen untuk selalu membutuhkan produk atau jasa Anda, tawarkan suatu solusi yang benar-benar dibutuhkan konsumen. Dengan begitu bisnis Anda akan selalu dicari para konsumen. Ingat, bahwa penggunaan produk atau jasa secara rutin, akan mengarahkan konsumen semakin loyal dengan bisnis Anda.

2.  Selalu berikan yang terbaik bagi para konsumen. ilustrasi loyalitas konsumenLoyalitas konsumen terbangun dari adanya kepuasan pelanggan. Oleh karena itu upayakan untuk selalu mengontrol kualitas produk maupun kualitas pelayanan yang ditawarkan. Dan jangan lupa perhatikan pula harga produk yang Anda tawarkan, sebab harga yang bersahabat menjadi hal paling penting bagi konsumen.

3.  Buat kegiatan rutin atau forum khusus untuk para pelanggan Anda. Langkah awal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mendata seluruh member Anda. Ajak para konsumen untuk menjadi member tetap, dengan menawarkan keuntungan yang menarik konsumen. Misalnya dengan mengadakan diskon khusus member di setiap akhir bulan, atau membuat forum khusus bagi para member untuk bertukar informasi seputar produk-produk yang Anda tawarkan. Dengan begitu konsumen merasa memiliki keterikatan dengan pelaku bisnis.

4. Ciptakan citra yang baik. Tak bisa dipungkiri bahwa citra atau image menjadi magnet tersendiri bagi para konsumen. Semakin baik citra sebuah produk, maka semakin loyal pula konsumen pada merek tersebut. Lihat saja produk-produk dengan merek ternama, mereka berhasil menguasai pasar karena mereka memiliki konsumen yang loyal.

Beberapa keuntungan yang diperoleh dari loyalitas konsumen, antara lain :

  • Penjualan produk yang semakin meningkat setiap harinya
  • Menciptakan peluang produk tersebut dapat menyebar dari mulut ke mulut (word of mouth)
  • Pembelian produk dalam jangka waktu yang lama dan berkelanjutan
  • Mengurangi biaya pemasaran, sebab konsumen yang sudah loyal akan sangat membantu pemasaran bisnis Anda

Dapat dikatakan terciptanya loyalitas konsumen, menjadi langkah awal bisnis Anda menuju kesuksesan. Karena itu, jangan pernah berhenti memberikan pelayanan terbaik bagi pada konsumen Anda. Berikan kepuasan pada mereka, agar konsumen tidak beralih pada produk atau jasa lainnya. Semoga informasi membangun loyalitas konsumen dalam berbisnis ini cukup membantu Anda. Salam sukses.

sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/_kdZXGydSoOs/S0IlBtVVqAI/AAAAAAAAAOA/9CmJgM7VsWg/s400/shaking-hands-customer.jpg dan http://xlnworld.files.wordpress.com/2010/10/survey.jpg