Usaha Coklat Rumahan Yang Dikemas Dengan Konsep Kekinian

Usaha coklat rumahan merupakan salah satu usaha yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga, pensiunan dan para mahasiswa di masa pandemi ini. . Usaha yang satu ini tergolong dalam usaha sederhana yang bisa dikerjakan dirumah. Selain mudah untuk dikerjakan, usaha ini tentunya bisa dikerjakan dalam skala kecil sehingga tidak memudahkan dalam memulainya termasuk para pemula yang sedang terjun dalam dunia usaha. 

Kenapa coklat bisa menjadi salah satu pilihan usaha rumahan yang cocok untuk dijalankan? Nah sekarang siapa yang tak suka coklat? Dari mulai anak-anak, remaja, bahkan hingga orang tua pun rata-rata menyukai coklat dalam berbagai bentuk olahan. Rasanya yang manis membuat siapapun tertarik untuk mencicipnya. Bahkan, kendati sekarang ini sudah banyak coklat import yang beredar luas di pasaran Indonesia, namun angka permintaan produk coklat lokal masih cukup menjanjikan. 

Usaha Coklat Rumahan Konsep Kekinian 

Dengan adanya fakta tersebut bukankah ini berarti membuka peluang bagi para pemburu ide usaha, terutama para pemula? Namun peluang usaha serta ide usaha saja tidak cukup harus diimbangi dengan inovasi dan kreasi dalam menginovasikan produk yang akan dijual. Terjun dalam bidang kuliner memang susah-susah gampang. Begitu banyak peluang dan ide usaha kuliner yang bertebaran. Namun jika tidak adanya inovasi maka akan kalah dengan persaingan pasar yang kini semakin ketat. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Usaha-Coklat-Rumahan-Yang-Dikemas-Dengan-Konsep-Kekinian-1-720x415.jpg

Lalu apa yang menarik dari coklet kemudian inovasinya? Kali ini BisnisUKM akan membagikan inovasi olahan coklat rumahan yang dibungkus dengan konsep kekinian. Pastinya para anak muda milenial sekarang ini menyukai segala sesuatu yang berbau kekinian. Coklat batangan yang sering kita temui dipasaran mungkin kita sudah tidak asing lagi. Lalu bagaimana dengan coklat kekinian yang satu ini? Nah coklat ini masih sangat jarang ditemui di Indonesia. Meski ada hanya ada dibeberapa tempat saja. 

Coklat ini merupakan salah satu coklat yang berasal dari Jepang yang biasanya ada saat perayaan acara tertentu seperti valentine. Namun seiring dengan perkembangan dan permintaan yang semakin banyak maka tak jarang jika coklat yang satu ini dijadikan sebagai jajanan. Selain itu coklat ini juga dijadikan sebagai kado maupun oleh-oleh. 

Tak heran jika banyak peminatnya dan banyak yang merekomendasikan untuk mencicipi ketika datang ke negeri matahari terbit. Rasanya yang super lezat, manis dan lumer dimulut memang sangat menggoda. Maka wajar saja jika coklat ini dinobatkan sebagai coklat terbaik di dunia. Nah bagi Anda yang sampai saat ini masih bingung menentukan peluang usaha yang menjanjikan, ide usaha coklat kekinian ini bisa Anda coba dirumah. 

Persiapan Usaha Untuk Pemula

Nah sebelum memulai untuk usaha ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa hal seperti berikut ini : 

Mempelajari Resep

Coklat yang sempurna, enak dan lumer ketika digigit adalah coklat yang berkualitas maka hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah mempelajari resep bagaimana cara membuat coklat Jepang ini. Ketika sudah mendapatkan resep pastikan jika Anda sudah mencoba membuatnya. Pastikan pula jika Anda berhasil menemukan rasa yang sesuai. Jangan lupa untuk meminta masukan kritik dari keluarga terdekat yang mencicipi coklat buatan Anda tersebut.

Memilih Bahan Baku Berkualitas

Jangan lupa untuk memperhatikan kualitas bahan baku serta kebersihan peralatan yang Anda gunakan. Hal pertama yang harus Adan lakukan adalah mencari supplier tetap untuk memasok bahan baku setiap bulannya. Cari bahan baku yang premium dan berkualitas agar rasa yang dihasilkan pun juga berkualitas. Nah agar tidak kesulitan mencari pemasok Anda bisa menggandeng para petani lokal di sekitar Anda. Pastikan pula seluruh peralatan yang Anda gunakan terjaga kebersihannya, sehingga coklat yang Anda hasilkan terjamin kualitas dan rasanya.

Strategi Pemasaran

Jangan remehkan hal yang satu ini karena merupakan sebuah kunci keberhasilan dalam berbisnis. Strategi pemasaran yang Anda gunakan mempengaruhi daya jual produk Anda. Ditambah lagi persaingan pasar yang kian semakin ketat memaksa para pelaku usaha untuk berfikir lebih kreatif memasarkan produknya.

Maksimalkan pemasaran secara offline seperti membuat spanduk, sebar brosur, berikan diskon atau promo tertentu. Serta andalkan pula pemasaran online seperti memaksimalkan penggunaan sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp, telegram, pinterest, youtube, website untuk memperkenalkan produk Anda. Untuk strategi pemasaran lebih lengkapnya bisa cek di website BisnisUKM.com tentang penggunaan sosial media untuk memaksimalkan penjualan.

Kemasan Produk Menarik

Agar produk Anda dapat bersaing dipasaran maka perhatikan pula kemasan produk yang Anda gunakan adalah kemasan yang menarik. Untuk kemasan coklat yang satu ini Anda bisa menggunakan kemasan yang premium untuk memberikan kesan good quality. Anda pun bisa menggunakan box cantik bergambarkan label dan gambar produk yang bisa mempercantik penampilan produk Anda.

Nah 4 hal tersebut adalah sebagian dari persiapan yang harus diperhatikan bagi pemula sebelum memulai sebuah usaha. Hal selanjutnya yang wajib Anda pelajari adalah bagaimana cara mengolah coklat.

Resep Coklat Kekinian

Bahan :

  • Dark chocolate 400 gram
  • Krim kocok atau heavy cream 200 ml
  • Bubuk coklat

Cara Membuat :

  1. Pertama-tama iris dark chocolate menjadi potongan kecil agar lebih mudah meleleh ketika dipanaskan.
  2. Kemudian masukkan heavy cream ke dalam sebuah panci, lalu panaskan dengan api sedang sampai mendidih.
  3. Selanjutnya angkat cream saat gelembung kecil mulai muncul. Lalu masukkan potongan dark chocolate pada panci yang berisi cream panas.
  4. Aduk-aduk hingga kedua bahan tersebut tercampur rata. Saat semua sudah tercampur rata tuang dalam sebuah loyang dan ratakan permukaan coklatnya.
  5. Kemudian dinginkan selama 5 jam dalam lemari es, jika dirasa sudah membeku ambil dan potong-potong dadu kecil atau sesuai selera.
  6. Kemudian coklat potong tadi taburi dengan bubuk coklat, dan kini coklat siap untuk dihidangkan.

Nah Anda pun bisa berkreasi dan bereksperimen dengan rasa, ketika Anda mau ras matcha, red velvet maka bisa menambahkan perasa tersebut dalam bahan-bahan diatas. Selamat mencoba !

Demikian adalah usaha olahan talas yang mengangkat usaha coklat kekinian. Kini giliran Anda untuk ekseskusi langsung di lapangan dan meraup keuntungan besar setiap bulan.

Semoga informasi usaha coklat kekinian diatas bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menjadi salah satu inpirasi usaha bagi para pemula yang sedang bingung mencari ide usaha.

1 thought on “Usaha Coklat Rumahan Yang Dikemas Dengan Konsep Kekinian”

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba