Wajib Riset Pasar Dulu Sebelum Mulai Bisnis dan Memasarkan Produk

Berbicara soal bisnis tentu tidak akan lepas dari yang namanya riset pasar. Riset pasar menjadi salah satu hal terpenting dalam dunia bisnis. Hasil dari riset pasar nanti yang akan menentukan strategi pemasaran apa yang cocok untuk digunakan.

Jika riset pasar yang dilakukan sesuai dengan hasil yang diharapkan maka efeknya akan berdampak positif. Dampak tersebut akan berimbas pada pertumbuhan dan keuntungan yang dimiliki. Buat para pelaku bisnis wajib untuk memahami dengan benar cara melakukan riset pasar. Tujuan riset tersebut agar bisnis berjalan dengan lancar dan produk disukai masyarakat.

Tujuan Riset Pasar Bagi Perusahaan

Kenapa riset pasar harus dijalankan dengan baik? Tujuan utamanya untuk kemajuan bisnis. Berikut ini adalah tujuan riset pasar dalam dunia bisnis :

Bahan Menyusun Strategi Pemasaran

Riset pasar yang digunakan oleh pelaku bisnis pada umumnya berupa penelitian yang dilakukan secara berkala, sistematis. Data tersebut merupakan data yang diperoleh dari keadaan pasar yang sebenarnya terjadi. Dengan melakukan riset pasar maka kalian akan mendapatkan informasi yang tepat dan akurat. Dengan begitu akan mudah pelaku bisnis untuk melakukan branding dan mneyusun strategi marketing.

Menganalisis Tanggapan Pasar

Tujuan dari adanya riset pasar adalah untuk melihat potensi produk dipasaran, apakah produk mudah dijual atau tidak, sesuai dengan kebutuhan konsumen atau tidak. Riset pasar sendiri kajiannya harus dilakukan sebelum memperkenalkan produk. Sebelum itu kalian bisa melakukan survei terlebih dahulu tujuan untuk meningkatkan pemasaran produk.

Menjadi Lebih Objektif

Tujuan utama dari riset pasar bagi pelaku bisnis adalah agar perusahaan dapat menghindari pengaruh keinginan yang bersifat subjektif. Subjektif dalam hal ini adalah keinginan pribadi yang bukan kebutuhan dari bisnis. Sifat objektif ini akan bermanfaat untuk manajemen perusahaan dalam menentukan sasaran konsumen yang berpotensi terhadap bisnis.

Menganalisis Evektivitas Iklan

Riset pasar akan membantu pelaku bisnis untuk memilih media iklan paling efektif yang akan digunakan. Kemudian media iklan mana yang paling cocok dan lebih ekomomis untuk dipilih. Akan tetapi menghasilkan sesuatu yang lebih besar dan lebih baik. Dengan begitu kalian akan tahu mana media pemasaran yang lebih efektif digunakan.

Identifikasi Masalah Pasar

Mengidentifikasi kegiatan biasanya dimulai dari perumusan masalah hingga eksekusi yang terjadi dalam riset perusahaan. Tujuan dari riset pasar ini akan membuat pelaku bisnis mengetahui permasalahan dipasaran. Dengan begitu pelaku usaha dapat fokus mencapai hasil yang diharapkan.

Menentukan Metode Riset Pasar Yang Tepat

Tujuan riset pasar yang dilakukan pelaku bisnis adalah menyesuaikan metode yang akan digunakan untuk pertumbuhan bisnis. Kaitannya ini nanti dengan realita yang terjadi dilapangan apakah sesuai dan cocok atau tidak. Hal ini juga mempermudah dalam proses pengumpulan data dan informasi.

Oleh sebab itu riset pasar sebelum memulai bisnis adalah suatu keharusan dan penting, karena ini akan berdampak baik bagi pelaku bisnis. Untuk itu pelaku bisnis perlu dalam melakukan riset pasar sebelum memulai bisnisnya.

Metode Riset Pasar

Ada beberapa metode yang bisa digunakan pelaku bisnis untuk melakukan riset pasar, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kuisioner

Riset pasar yang selanjutnya menggunakan kuisioner. Metode yang satu ini dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan terhadap target pasar. Pertanyaan yang diajukan biasanya mengenai data yang diperlukan, misalnya produk apa yang paling dibutuhkan konsumen, promo apa yang diinginkan konsumen dsb. Contohnya dengan mempersiapkan calon konsumen yang akan menjadi responden untuk menjawab pertanyaan. Kemudian melakukan pertanyaan seusai yang sudah disiapkan dan meminta responden menjawab dengan jujur dan benar.

Survey

Metode ini dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan yang sederhana tentang produkmu. Metode ini biasa disebut metode yang bersifat acak dan sukarela. Untuk itu usahakan pertanyaan yang diajukan tidak menganggu.

Pengamatan

Untuk metode yang satu ini dengan cara mengamati target. Misalnya saja dengan melakukan pengamatan kepada kompetitor. Kalian bisa membeli produk dari sana dan mengamati bagaimana packagingnya, harganya, startegi pemasarannya, promo yang diberikan, iklan yang dipakai. Kalian pun bisa mengamati dari sisi konsumen tentang produk apa yang paling banyak dicari dan apa yang mereka inginkan.

Riset Pasar Melalui Grup

Metode ini dijalankan dengan cara membentuk sebuah kelompok orang dari pasar potensial. Tugas yang dilakukan adalah menyampaikan semua yang dibutuhkan. Mencoba produk yang disajikan dan memberikan pendapatnya tentang produk tersebut.

Riset pasar harus dilakukan secara hati-hati dan teliti, jika ada sedikit kesalahan maka akan menimbulkan efek yang buruk. Strategi meningkatkan dan pengembangan bisnis pun akan terhambat. Riset pemasaran yang salah akan berpotensi menimbulkan masalha baru. Oleh sebab itu riset pasar harus dilakukan secara hati-hati agar diperoleh hasil yang maksimal.

Sekian bahasan kita tentang pentingnya riset pasar, semoga informasi tadi bermanfaat ya guys! Jika ada yang mau ditanyakan bisa diskusi kolom komentar.

Ikuti terus informasi menarik seputar peluang usaha lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment