Usaha Dagang Rumahan 6

Video Praktisi

Kunci Pemasaran Bisnis Kuliner Roti van Java

Usaha ini memang bisa dibilang gampang sekali dilakukan. Kita hanya perlu mengambil produk barang atau kulakan ke pedagang besar, grosir misalnya kemudian menjualnya lagi ke konsumen.

Walaupun keuntungan yang didapat dari tiap jenis barang tidak begitu banyak, namun jika semakin banyak barang yang kita jual tentulah keuntungan yang didapatkan akan semakin banyak pula.

Begitu pula yang dilakukan Tunik Riwayanti yang akrab dipanggil dengan mbak Tunik. Ibu dengan 4 orang anak ini memang dari kecil menyukai usaha dagang, pekerja keras dan terbilang sangat ubet, kata orang Jawa.

Usaha dagang apa saja pernah ia lakoni. Bahkan dari usia remaja jika sang nenek dan ibunya mempunyai barang dagangan, ia selalu meminta ijin untuk coba dijual ke teman-temannya dan ke beberapa orang tetangganya. Itulah usaha yang ia tekuni sampai sekarang.

Konsumen
Kebanyakan pembeli produk-produk yang dijualnya adalah teman-temannya, tetangga dan ibu-ibu dari teman anaknya  yang sudah sekolah. Banyak juga kenalan lain yang ditemuinya secara tidak sengaja baik dari teman, sahabat sesame wali murid atau dari pameran-pameran yang sering ia kunjungi guna melihat barang-barang dengan kualitas bagus yang bisa dijualnya lagi.