kainaraKasih sayang seorang ibu memang tiada duanya. Semboyan inilah yang mendorong Christien Ismuranty rela berhenti bekerja setelah 10 tahun lamanya bergabung dengan Yayasan Kehati yang merupakan salah satu lembaga swadaya untuk keanekaragaman hayati. Meskipun saat itu posisi Christien bisa dibilang mapan, yakni sebagai Program Manager untuk Program Konservasi Pelestarian dan Pemanfaatan Keanekaragaman Hayati. Namun demi putra keduanya Kay Saidpurnama Ismunara yang memiliki kebutuhan khusus, Ia rela melepas jabatannya dan mencurahkan seluruh waktu, tenaga, dan pikirannya, untuk menjadi seorang ibu rumah tangga dan mengurus kebutuhan buah hatinya.

Video Praktisi

Strategi Mengenalkan Produk Baru Brownies Telo

Keputusannya untuk berhenti bekerja dan menjadi seorang ibu rumah tangga, sengaja dipilih Christien agar Ia bisa lebih total untuk mendampingi Kay. Mengingat anak dengan autisme seperti Kay membutuhkan asupan makanan sesuai dengan aturan diet yang dianjurkan dokter, Christien mulai terdorong untuk memproduksi sendiri aneka jenis makanan sehat bebas gluten (gandum), kasein (susu sapi), telur, garam, gula, dan pengawet sesuai dengan anjuran dokter.

Memanfaatkan umbi-umbian lokal seperti misalnya garut, ganyong, kimpul, singkong, ubi, uwi, dan lain sebagainya. Wanita kelahiran Kupan, 2 Desember 1969 ini tergerak untuk menyediakan aneka jenis makanan sehat dan enak sesuai dengan kebutuhan diet putra kesayangannya. Terbukti, setelah 2 bulan mengkonsumsi makanan sehat buatan sang ibu, Kay bisa tidur lebih tenang dan teratur, tidak emosional, serta hiperaktifnya mulai berkurang.

Melihat perkembangan Kay yang cukup bagus, banyak terapis dan teman sesama orang tua anak berkebutuhan khusus (autisme) mendorong Christien untuk mengembangkan inovasi tersebut menjadi peluang usaha. Sebab, banyak orang tua anak penyandang autisme yang membutuhkan menu makanan diet bagi putra-putri mereka. Dari sinilah lahir Kainara sebagai salah satu bisnis rumahan yang menawarkan aneka makanan sehat bagi anak berkebutuhan khusus (ABK).makanan sehat

Dalam merintis usahanya, Christien mencoba beragam jenis resep yang sesuai dengan anjuran diet dokter tanpa mengurangi cita rasa makanan yang akan ditawarkan kepada konsumen berkebutuhan khusus. Dengan memanfaatkan tepung umbi-umbian yang bebas pestisida, Christien mulai memproduksi sekitar 40 jenis makanan sehat yang Ia buat sendiri dan bekerjasama dengan para mitra kerja yang telah dipercaya Christien sebagai suplier makanan di outlet Kainara. Dari usaha itulah, Christien berhasil menawarkan aneka jenis makanan sehat bagi anak-anak berkebutuhan khusus seperti misalnya cookies, cake, keripik, abon, olahan ayam, kecap, tepung/pati, beras biji-bijian, es krim, mie, dan lain sebagainya.

Meskipun produknya terbilang sederhana, namun dengan bantuan promosi dari mulut ke mulut, bisnis Kainara bisa berkembang pesat dan ternyata produk Kainara laris manis diburu konsumen setiap harinya. Untuk masalah harga, Christien mematok produknya dengan harga yang sangat terjangkau, yakni berkisar antara Rp 7.500,00 sampai Rp 36.000,00.

Kesabaran, keuletan, dan kreativitas Christien Ismuranty yang sukses membuat makanan sehat bagi anak berkebutuhan khusus, kini tidak hanya mengatasi kesulitan para orang tua penyandang austisme dalam memenuhi kebutuhan nutrisi bagi putra-putri mereka, namun juga bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Semoga kisah sukses pengusaha makanan sehat bagi anak berkebutuhan khusus ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula yang ingin terjun di dunia usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://kainara.com/Photo/item/73_2_2-Photo.jpg
2. http://kainara.com/Photo/item/102_1_4-Photo.jpg