3 Tips Agar Motivasi Diri Anda Tetap Terjaga

Motivasi dalam diri seseorang tak jarang menjadi modal utama yang mereka butuhkan untuk bisa mencapai sebuah impian. Meskipun begitu, motivasi yang dimiliki seseorang cenderung tidak stabil. Seperti halnya roda kehidupan yang terus berputar, motivasi diri seseorang terkadang bisa naik dan sering kali juga bisa turun.

Kondisi inilah yang kemudian membuat banyak orang mulai mengeluhkan motivasi dirinya yang belum bisa bertahan lama. Sehingga wajar adanya bila sering kali semangat kerja yang kita miliki mulai menurun dan menjadi pribadi yang cenderung pesimis ketika menghadapi sebuah permasalahan.

Motivasi Hidup

Untuk mengatasi turunnya motivasi dalam diri seseorang, yang terpenting kita harus tahu bagaimana caranya memotivasi diri saat kehilangan semangat dan berusaha bangkit untuk mencapai impian yang telah ditentukan. Baik itu dengan belajar dari pengalaman orang yang telah sukses, mengambil hikmah penting setelah mengalami kegagalan, atau bisa juga mencari cara mudah dengan membaca buku-buku motivasi.

Mengapa mereka yang gagal bisa bangkit lagi? Mereka mampu bangkit lagi karena kemampuan memotivasi dirinya tinggi dan adanya keinginan dari dalam dirinya untuk mencoba sekali lagi. Berbeda dengan orang-orang yang menyerah, mereka tidak mampu lagi memotivasi dirinya untuk bangkit lagi dan terpuruk dalam kegagalan.

Karenanya ketika Anda sedang mengalami kondisi yang tidak semangat, maka hanya ada dua pilihan untuk Anda, yaitu tetap terpuruk dalam kondisi lemah atau bangkit kembali untuk mencapai impian besar Anda. Lalu bagaimana caranya agar kita bisa terus menjaga motivasi dalam diri kita? Berikut kami berikan 3 tips agar motivasi diri Anda tetap terjaga.

Tips pertama mencoba membangkitkan motivasi diri
Cara yang bisa Anda lakukan untuk membangkitkan motivasi Anda yaitu dengan mengelola energi dan emosi Anda, misalnya dengan membaca buku tentang motivasi atau bisa juga melihat dan mendengarkan kisah-kisah orang sukses. Cara ini cukup efektif, agar Anda bisa memotivasi diri sendiri di saat sedang down. Yakinlah diri Anda bahwa orang yang sukses juga pernah mengalami kegagalan, tapi mereka tidak berlarut-larut di dalamnya dan segera bangkit untuk mendapatkan motivasi yang jauh lebih besar.

Tips kedua menyalurkan motivasi diri ke dalam bentuk tindakan
Banyak orang yang mempunyai motivasi untuk menjadi lebih baik tapi hal itu sering tidak berhasil karena mereka belum action. Motivasi yang tidak diubah menjadi tindakan akan menjadi motivasi kosong. Anda hanya bisa bersemangat, tetapi tidak menghasilkan output apa pun. Lakukan action segera mungkin saat motivasi Anda masih tinggi.

MotivasiTips ketiga mempertahankan motivasi diri agar tidak cepat padam
Banyak yang bilang bahwa membangkitkan itu lebih mudah dari pada mempertahankan ataupun menjaga konsistensinya. Karena itu untuk menjaga motivasi diri dibutuhkan usaha dan niat yang kuat dari dalam diri kita, untuk terus berusaha lebih baik dari hari-hari sebelumnya

Jika Anda bisa melakukan tiga tips motivasi diri tersebut, maka bisa dipastikan bila Anda juga mampu mempertahankan motivasi tanpa harus ada faktor dari luar, karena pada dasarnya motivasi itu sudah ada di dalam diri Anda, hanya perlu disegarkan dan dibangkitkan lagi. Selamat berkarya dan jangan pernah mudah putus asa! Salam sukses.

Sumber gambar:
1. http://fc00.deviantart.net/fs71/i/2011/266/2/2/motivation_poster_by_martz90-d4aoqn8.jpg
2. http://www.motivasikeren.com/wp-content/uploads/2013/03/Motivasi-Hidup.jpg

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba