Manajemen Bisnis

Motivasi Bisnis Buat Kamu Yang Dilema Memilih Peluang Usaha!

tips membuka peluang usaha

Motivasi bsinis sangat penting sekali perananya, karena bisa memberikan sugesti dan membantu memberikan kepercayaan dan keyakinan diri dalam mengambil peluang bisnis. Seperti yang kita tahu memilih peluang usaha yang menguntungkan, ternyata tidak semudah apa yang kita bayangan. Meski sekarang ini ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan dengan modal terbatas, nyatanya ada berbagai kendala yang sering dihadapi pemula ketika mau membuka peluang usaha.

Apa kamu juga pernah mengalaminya? Pengalaman seperti ini pastinya sering kita alami sebelum memutuskan terjun di dunia usaha. Bahkan tak sedikit pemula yang akhirnya ciut nyali tak jadi membuka peluang usaha karena takut dengan berbagai resiko yang bakal mereka hadapi.

Nah, biar kamu bisa tetap berani terjun di dunia usaha, kali ini BisnisUKM.com akan memberikan 3 tips bisnis untuk menyiasati kendala memulai usaha serta langkah mudah untuk bisa segera membuka peluang usaha.

Apa saja dilema yang sering kamu hadapi sebelum memulai usaha?

1. Ketakutan akan kegagalan

Hampir semua orang mengurungkan niatnya untuk memulai sebuah usaha karena mereka takut menghadapi resiko kegagalan. Yang mereka inginkan hanyalah cara instan untuk meraih kesuksesan tanpa modal usaha yang cukup besar. Keadaan inilah yang sering menurunkan motivasi para pemula, sehingga mereka memilih mundur teratur dan mengubur dalam-dalam keinginan mereka untuk menjadi seorang pengusaha sukses.

2. Terbiasa dengan posisi nyaman

Pada kenyataannya tidak semua orang berani mengambil resiko besar dengan menekuni dunia usaha, mereka lebih memilih posisi aman dengan menjalani hidup nyaman sebagai seorang karyawan. Pola pikir seperti inilah yang menjadi kendala besar bagi kita untuk segera beralih dari jiwa seorang karyawan menjadi pengusaha sukses yang memiliki keberanian penuh untuk menghadapi segala rintangan.

3. Belum bisa fokus

Kendala yang ketiga yaitu belum bisa menemukan fokus usaha yang ingin ditekuni. Kebanyakan orang masih bingung ketika mereka hendak memulai sebuah usaha. Mereka menginginkan untung besar namun belum yakin dengan fokus usaha yang ingin mereka jalankan. Sehingga tidak heran bila mimpi mereka hanya menjadi impian kosong yang belum bisa terwujud karena kendala dari dalam dirinya. Lalu, bagaimana caranya kamu bisa segera memulai usaha?

Motivasi Bisnis Buat Kamu Yang Mau Mulai Bisnis

1. Tentukan ide bisnisnya

Langkah pertama yang perlu kamu persiapkan adalah menentukan ide bisnis yang akan dijalankan. Pencarian ide bisnis tersebut bisa dimulai dari hobi maupun skill yang kamu miliki, selanjutnya bisa kamu tekuni sebagai peluang bisnis baru yang menjanjikan untung besar setiap bulannya. Selain itu, dalam menentukan ide bisnis yang terpenting adalah menyesuaikannya dengan modal usaha yang kamu miliki, mengetahui selera pasar, dan sesuai dengan bidang yang kamu sukai.

2. Siapkan modal untuk memulai usaha

Sebelum menjalankan sebuah usaha, penting bagi kamu untuk mengetahui seberapa besar modal usaha yang kamu butuhkan. Buatlah anggaran biaya serta analisa ekonomi dari bisnis tersebut, dan siapkan segala modal yang dimaksudkan. Mulai dari peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan, besarnya dana yang diperlukan, serta modal kemampuan yang perlu dikembangkan untuk mendukung kemajuan usahamu.

3. Motivasi bisnis yang selanjutnya adalah menghilangkan rasa gengsimu

Kebanyakan orang masih merasa gengsi bila mereka harus terjun langsung untuk menjalankan usaha dari nol. Padahal, memulai sebuah usaha membutuhkan niat, tekad, dan mental baja untuk bisa mewujudkan kesuksesan bisnis yang mereka impikan. Bahkan tak jarang seorang pemula harus berjuang seorang diri untuk merintis sebuah usaha, mulai dari mempersiapkan produk, lokasi usaha, mencari pasar, sampai melayani para konsumen. Karenanya, hilangkan rasa gengsimu untuk menjemput kesuksesan yang ada di depan mata.

4. Yakinkan dirimu

Menekuni suatu usaha memanglah tidak mudah. Banyak hambatan dan resiko yang akan dihadapi. Bahkan semua pengusaha sukses pasti pernah mengalami jatuh bangun dalam mengembangkan usahanya. Namun yakinlah bahwa kamu bisa melewati dan pasti akan ada jalan keluar. Dengan semangat dan rasa keyakinan yang penuh maka segala hambatan yang datang akan dengan mudah terlewati.

5. Menentukan visi dan misi

Sebelum memulai usaha tentukan arah dan tujuan usahamu. Merancang konsep dengan menentukan visi dan misi yang akan dicapai demi kemajuan usahamu. Dengan begitu usahamu akan lebih terorganisir dan terstruktur konsepnya dalam menentukan arah tujuan usaha untuk mengembangkannya.

6. Organisir diri

Sebelum usahamu semakin besar dan berkembang tentunya kamu akan semakin banyak partner dan mitra maka sebelum kamu mengorganisir orang lain alangkah lebih baiknya kamu mulai belajar dari dirimu sendiri untuk mengorganisir dirimu sendiri.

7. Fokus pada satu bisnis

Menekuni beberapa bisnis sah-sah saja jika kamu ingin mengembangkan usaha lebih banyak lagi. Namun alangkah lebih baiknya fokuslah pada satu bisnis saja, tekuni dengan sungguh-sungguh. Tentu akan membuat kamu tidak maksimal dalam menghandle usaha jika kamu menekuni beberapa usaha dalam satu waktu .

8. Motivasi bisnis selanjutnya adalah mencintai pekerjaan

Kunci utama untuk sukses dalam menjalankan bisnis adalah dengan mencintai pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Dengan begitu tentu kamu akan mengerjakanya dengan hati-hati dan teliti. Tidak hanya itu ketika kamu mencintai pekerjaanmu tentunya kamu menjalaninya dengan senang hati. Sehingga akan lebih mudah untuk belajar dan terus mengembangkan tanpa sebuah paksaan.  Hasilnya pun pastinya akan lebih maksimal.

9. Terbuka dengan segala kritik dan saran

Tak selamanya kritikan itu menjatuhkan, pasti ada sisi positif didalamnya. Untuk mengembangkan suatu usahapun butuh kritikan, masukan dan saran untuk dapat mengetahui kesalahan-kesalahan yang ada seperti, pelayanan yang belum maksimal, sesuatu yang kurang dan hal-hal yang perlu diperbaiki. Adanya kritik dan saran membantu sekali dalam proses mengembangkan usaha dan memperbaiki apa yang kurang.

10. Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Menjadi seorang pengusaha tidak akan pernah lepas dari resiko kegagalan. Semua pasti pernah merasakan jatuh bangunnya. Ketika kamu memilih menekuni suatu bisnis maka saat itu juga kamu mengambil peluang sekaligus resiko masing-masing. Nah seorang pengusaha selalu punya percaya diri yang tinggi. Mereka akan selalu siap dengan kemungkinan terburuk yang akan dihadapi. Sehigga sudah mempersiapkan strategi yang akan digunakanya.

11. Terus belajar dan belajar

Seorang pebisnis akan selalu belajar dari pengalaman untuk membangun usahanya agar menjadi lebih baik lagi. Mereka tidak akan pernah puas dengan apa yang sudah dicapai dan merasa perlu perbaikan terus dan terus. Meskipun mereka sudah belajar banyak hal mereka akan terus mencari hal baru untuk dipelajari.

12. Belajar mengambil resiko

Mau tidak mau seorang pengusaha pasti akan ada saatnya mengalami kesalahan ataupun kegagalan dalam menekuni usahanya. Namun hal yang perlu kamu ingat setiap usaha pasti memiliki resiko masing-masing.

Hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan belajar mengambil resiko demi mengembangkan usahamu. Setiap kesempatan yang kamu ambil dalam usaha pasti memiliki resiko. Namun jika kamu mampu mensiasati maka kesuksesan akan kamu dapatkan. Nah kalau kamu tidak berani dalam mengambil kesempatan yang beresiko maka kamu juga tidak akan tahu jalan mana yang akan membawamu dalam kesuksesan.

Semoga sedikit informasi tips bisnis ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula untuk mempersiapkan diri mereka dalam memulai sebuah usaha. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.