Aktivitas, Galeri Foto

Belajar Bisnis Budidaya dan Produksi Jamur Tiram

pelatihan panen untung budidaya jamurJamur tiram putih merupakan salah satu jenis jamur yang saat ini menjadi alternatif pilihan makanan sehat yang layak dikonsumsi. Disamping rasanya yang lezat, bahkan mirip dengan daging ayam, jamur tiram juga memiliki kandungan gizi yang cukup bermanfaat. Tidak mengherankan jika saat ini permintaan pasar terhadap jamur tiram semakin meningkat, tidak hanya dari dalam negeri saja, tetapi juga berasal dari luar negeri. Untuk menciptakan petani jamur yang mampu bersaing di pasaran, Lantabura Media kembali menggelar pelatihan yang bertajuk “Panen Untung Budidaya Jamur” Jumat s.d. Sabtu (23-24 September 2011).

Pelatihan kali ini diikuti 3 (tiga) orang peserta, yaitu A. Arifin Thoha (69) dan M. Imron Rosyadi (30) dari Surabaya, serta Heru Budiwiyono (49) dari Karanganyar Jawa Tengah. Selama dua hari pelatihan, peserta memperoleh materi tentang budidaya jamur, praktik produksi media tanam (baglog) jamur, kunjungan dan konsultasi ke petani jamur, serta analisa ekonominya. Pada hari pertama Jumat (23/9), semua peserta memperoleh materi teori mengenai potensi pasar jamur konsumsi, seluk beluk budidaya jamur konsumsi, dan perlakuan budidayanya. Peserta diberikan keleluasaan mengajukan beragam pertanyaan selama penyampaian materi tersebut sampai benar-benar paham.

kunjungan ke petani jamurPada kesempatan tersebut, peserta juga diajak untuk mengunjungi salah seorang petani jamur tiram dan berkonsultasi langsung perihal pengalaman budidayanya. Selain teknik budidaya, strategi pemasaran yang dijalankan juga menjadi salah satu topik yang dikonsultasikan peserta dengan petani jamur. Setelah itu, peserta berkesempatan mencicipi aneka makanan olahan jamur dari mulai sate jamur, tongseng jamur, pepes jamur, rendang jamur, jamur bakar, lumpia jamur, dll.

kunjungan ke aneka mesinHari kedua pelatihan Sabtu (24/9), materi diawali dengan kunjungan ke Aneka Mesin untuk melihat produksi rekayasa mesin tepat guna. Peserta diberikan gambaran mengenai mesin produksi jamur, seperti press baglog jamur dan spinner untuk olahan kripik jamur. Materi berjanjut dengan praktik produksi media tanam (baglog) jamur tiram dan proses pemanenan. Ketika praktik, peserta bisa mengaplikasikan langsung materi teori yang sudah dipelajari pada hari pertama. Peserta sangat antusias mempraktikkan satu per satu arahan pemateri untuk mencoba proses produksi, dari mulai pencampuran bahan baku (serbuk gergaji, bekatul, gamping pertanian, dll), sampai dengan media baglog siap untuk dibudidayakan.

Tim training bisnisUKM

SHARE YUK!