Creative Entrepreneurship dalam Foodbiz Expo 2011

Foodbiz Expo 2011Creative Entrepreneurship Foodbiz Expo 2011 membuka rangkaian acara Entrepreneur Summit 2011 Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dibuka secara resmi pada hari Jumat (9/12), Foodbiz Expo 2011 menampilkan pameran multiproduk dan kuliner yang diikuti kurang lebih 120 stand. Dalam acara yang digelar di Hall C Gedung Jogja Expo Center (JEC) Yogyakarta tersebut, Management Event selalu panitia pelaksana Foodbiz Expo 2011 juga menyertakan berbagai supporting acara, seperti cooking clas, festival band, band café, lomba fashion show, lomba menyanyi, lomba menggambar, dan lomba mewarnai.

Ditemui tim liputan bisnisUKM pada hari Jumat (9/12) di lokasi pameran (JEC), Husein Yulisar (20) selaku Chief Marketing Officer Management Event berujar jika Foodbiz Expo 2011 merupakan acara tahunan dari mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM. “Dalam event kali ini (Foodbiz Expo 2011), kami berusaha mengimplementasikan ilmu yang kami peroleh di bangku kuliah dengan memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat, terutama dalam bidang kewirausahaan,” ujar mahasiswa Jurusan Manajemen FEB UGM 2010 tersebut.

peserta Foodbiz ExpoSelain diisi dengan beberapa stand mahasiswa, Foodbiz Expo 2011 juga diikuti kalangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), usaha Franchise, serta para calon pengusaha. “Pada dasarnya kami ingin mempertemukan antara mereka (UKM/ Pengusaha/ dan Calon Pengusaha) agar terjadi interaksi, jadi tidak hanya dalam transaksi jual beli saja, namun bisa menjadi referensi bagi mereka yang ingin membuka usaha,” imbuh Husein. Dengan tema Creative Entrepreneurship, Foodbiz Expo 2011 diharapkan bisa membuka wawasan serta stimulant bagi masyarakat, agar mau dan memulai berwirausaha.

Salah seorang peserta Ibu Wiwik S dari Catfish Crispy “WS” mengaku bahwa pameran seperti Foodbiz Expo 2011 kali ini menjadi media pemasaran aktif bagi usaha yang belum lama dirintisnya. Dalam pameran tersebut, Catfish Crispy “WS” menampilkan kreasi kuliner berupa crispy ikan, terutama crispy ikan lele. Kreasi unik tersebut cukup menyedot perhatian dari para pengunjung pameran, terutama bagi yang penasaran ingin mencoba merasakan gurihnya olahan ikan lele. “Melalui pameran kali ini, kami juga mengajak masyarakat untuk mendukung gerakan gemar makan ikan, karena rasanya yang nikmat dan bergizi tinggi,” jelas Ibu Wiwik dengan jiwa penuh semangat.

kerupuk kulit ikanSementara bagi Bapak Ronni Arianto yang mengusung RizQiyya, Foodbiz Expo 2011 kali ini bisa membantu memperkenalkan kreasi produknya yang tidak jauh-jauh juga dari olahan ikan. “Produk kami berupa kerupuk kulit ikan dan tepung bumbu spesial tanpa MSG,” ujarnya lantang. Dengan lima orang tenaga produksinya, Bapak Ronni mengaku bisa menghabiskan lebih dari satu ton ikan dalam sebulannya. Rata-rata produk RizQiyya dipasarkan ke berbagai kota di tanah air, seperti Jakarta, Bandung, Sumatera, dll.

Acara yang berlangsung hingga hari Minggu (11/12) tersebut akan mencapai puncaknya pada pada pagelaran Mega Seminar 2011, yang berjudul 6 Rahasia Sukses Berwirausaha. Seminar tersebut akan menghadirkan pembicara sekaligus motivator kondang Indonesia Andrie Wongso. Dalam press release panitia yang diberikan kepada media, pada seminar kali ini, Andrie Wongso akan membahas kiat-kiat berwirausaha hingga menjadi seorang pengusaha yang sukses. Selain itu, pihak panitia juga mengundang Menteri Koperasi dan Unit Kecil dan Menengah Indonesia, Bapak Dr. Syarifuddin Hasan, S.E., M.M., MBA., atau staf ahli yang mewakili, yang akan menyampaikan materi bagaimana mengakses KUR.

Tim liputan bisnisUKM

1 Komentar

  1. dear..
    wah pameran yang bagus..kontribusi mahasiswa untuk ukm..gabungan antara ilmu dan action…jadi pingin ikutan nie…biar produk cepat dikenal hehe
    dimana saya bisa dapat info jadi peserta nya ya padahal saya lulusan D3 FEB UGM yang sekarang nekat mau jadi entrepreneur..
    tolong dikirim info untuk jadi peserta dan info menarik untuk ukm di email whity_full@yahoo.co.uk
    saya ada ide: gimana setelh pameran ini selesai peserta didata dan merekrut anggota baru buat komunitas…saya tunggu ya mas panitia/penanggung jawab event ini untuk infonya.
    salam sukses dari jogja
    terimakasih

    diah

    Reply

Leave a Comment