Membudidayakan Cacing Tanah Ternyata Mudah

cacingCacing tanah (Lubricus rubellus) termasuk hewan tingkat rendah karena tidak mempunyai tulang belakang (invertebrata). Cacing tanah termasuk kelas Oligochaeta. Famili terpenting dari kelas ini Megascilicidae dan Lumbricidae. Kebanyakan orang akan jijik ketika dihadapkan langsung dengan cacing. Namun, hewan ini sebenarnya mempunyai banyak potensi yang berguna bagi kehidupan manusia. Misalnya dalam bidang pertanian, cacing berfungsi menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi dan struktur tanah. Akibatnya lahan menjadi subur dan penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi baik karena cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yang menguntungkan tanaman.

Beberapa fungsi cacing tanah yang umum diketahui masyarakat antara lain:

a. Pakan ternak

– Berkat kandungan protein, lemak dan mineralnya yang tinggi, cacing tanah dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti unggas, ikan, udang dan kodok.

b. Bahan baku obat untuk penyembuhan penyakit

–  Secara tradisional cacing tanah dipercaya dapat meredakan demam, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan bronchitis, reumatik sendi, sakit gigi dan tipus

c. Bahan baku kosmetik

– Cacing dapat diolah untuk digunakan sebagai pelembab kulit dan bahan baku pembuatan lipstik

d. Makanan Manusia

– Cacing bisa dijadikan sumber protein yang berpotensi untuk dimasukkan sebagai bahan makanan manusia seperti halnya daging sapi atau ayam. Binatang ini mengandung gizi tinggi antara lain protein 64-76, lemak 7-10 %, energi 900-1400 kal serta mineral air dan asam amino paling lengkap.

Dalam membudidayakan cacing tanah, peralatan yang digunakan juga tidak terlalu rumit. Bahkan alat dan bahan yang dibutuhkan ada di sekitar kita yang merupakan perlengkapan sehari-hari. Beberapa peralatan tersebut antara lain:

  1. Kotak untuk memelihara cacing, dapat memakai papan kayu atau bahan dari plastik maupun dari kaca. Jangan lupa untuk melubangi bagian bawah kotak sehingga dapat menampung ‘pupuk cair’ yang keluar.
  2. Kompos sebagai media hidup cacing yang akan dibudidayakan.
  3. Sampah sisa makanan atau sampah organik lainnya.
  4. Ember dengan penutup.
  5. Penutup kotak cacing yang dapat dibuat dari kayu dan kawat jaring.
  6. Minyak atau oli untuk menghalau serangga yang tidak diinginkan, misalnya: semut, kecoa, dll.
  7. Sarung tangan karet.
  8. Bibit cacing tanah.
  9. Lokasi yang terlindung dari hujan dan sinar matahari yang berlebihan.

Setelah semua peralatan dan perlengkapan tersebut sudah siap, maka proses pembudidayaan cacing bisa segera dilakukan. Adapun langkah-langkah pembudidayaan yang bisa dilakukan yaitu:

  1. Masukkan kompos setinggi 15 cm ke dalam kotak pemeliharaan secara merata.
  1. Potong kecil-kecil sisa-sisa makanan atau sampah organik untuk kemudian dimasukkan ke dalam kotak pemeliharaan.
  2. Tambahkan sedikit air ke dalam media hingga cukup basah dan gembur.
  3. Aduk semuanya hingga tercampur merata. Anda dapat menggunakan sarung tangan yang telah disiapkan jika merasa jijik.
  4. Perlahan masukkan bibit cacing tanah ke dalam kotak pemeliharaan.

PERSYARATAN LOKASI YANG DIBUTUHKAN DALAM BUDIDAYA CACING:

  1. Tanah sebagai media hidup cacing harus mengandung bahan organik dalam jumlah yang besar.
  1. Bahan-bahan organik tanah dapat berasal dari serasah (daun yang gugur), kotoran ternak atau tanaman dan hewan yang mati. Cacing tanah menyukai bahan-bahan yang mudah membusuk karena lebih mudah dicerna oleh tubuhnya.
  2. Untuk pertumbuhan yang baik, cacing tanah memerlukan tanah yang sedikit asam sampai netral atau ph sekitar 6-7,2. Dengan kondisi ini, bakteri dalam tubuh cacing tanah dapat bekerja optimal untuk mengadakan pembusukan atau fermentasi.
  3. Kelembaban yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing tanah adalah antara 15-30 %.
  4. Suhu yang diperlukan untuk pertumbuhan cacing tanah dan penetasan kokon adalah sekitar 15–25 derajat C atau suam-suam kuku. Suhu yang lebih tinggi dari 25 derajat C masih baik asal ada naungan yang cukup dan kelembaban optimal.
  5. Lokasi pemeliharaan cacing tanah diusahakan agar mudah penanganan dan pengawasannya serta tidak terkena sinar matahari secara langsung, misalnya di bawah pohon rindang, di tepi rumah atau di ruangan khusus (permanen) yang atapnya terbuat dari bahan-bahan yang tidak meneruskan sinar dan tidak menyimpan panas.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber gambar: http://lh4.ggpht.com/_zKM27OxT3V0/SpVsV4Z7_LI/AAAAAAAAAMw/gzzpa9Xf6zM/Foto139.jpg

150 Komentar

  1. bisa minta rinci ternak cacingnya.emailin dong saya sangat tertarik.ditempat saya banyak yang memelihara ternak unggas dan ikan air tawar.sekaligus pengelolaan hasil panen menjadi pakan ternak dan ikan

  2. Di balikpapan ada tidak ya pengepulnya? kami akan mengumpulkan peternak cacing agar menjadi nilai plus buat peternak

  3. assalammualaikum, saya udah sekitar 5 bln ini beternak cacing,awalnya sya mencari di kebun saya,lalu sya jual, cacing yang saya ternak jenis cacing putih/ cacing bayam,saya jual langsung ke toko” pancing,awalnya si agak susah,dor to dor,tp lama kelama,an mereka tnggl kontak saya,lalu say kirim,
    sekarang banyak toko pancing minta kiriman rutin,yang penting jangan menyerah cari celah untuk memasarkan,semoga bermanfa’at
    ini no hp saya ;085655714782 (gresik – jatim)

  4. Ass.sayapun trtarik u/ ternak cacing.soalnya kami ternak lele,yg hrg pakan 781 trs mngkat hingga 300rb / karung.mhn info ternak cacingnya d nmer 0853 5705 6550 / 0857 64 2012 65.

    • Kami brada d Jambi, kab Bungo, Kec pelepat ilir, kuamang kuning 7. mhon info n bantuanya tentang ternak cacing.. Salam kompak / Mamin.

    • mang btul mas juda, ternak mudah, tp pemasaran blm ad kejelasan, tetapi paling tidak untuk kita integrasikan dengan usaha kita yang lain/cacing hanya hasil ikutan aja, bkn yang primer. selama 1 th ak juga cari pengepul cacing blm dpt.

  5. Ass. Saya pembudidaya cacing, sudah 2 x panen, blum mrasakan hasilnya, malah cacingnya saya buang2-, saya bingung karena didaerah medan, tidak ada (pemasaran) penampung cacing tersebut. kira2- pemasaran untuk wilayah Sumatera Utara (Medan), Mohon bantuan relasi-kenalan Bapak2-. Tolong….

    • mas zul,saya sangat tertarik ingin budidaya cacing,tapi mendengar anda kesulitan untuk memasarkan nya,saya jadi merasa ragu pangsa pasarnya untuk di aceh dan sumut.lrna kbetulan saya tinggal di kuala simpang ,aceh tamiang,
      anginributa_topan@yahoo.com

    • Pak zulfikar.. Saya mahasiswa s2 biologi usu yg lg nyarik peternak cacing tanah utk peneltian saya,,,mohon info kemana saya bisa hubungi bapak.. Emal saya arico_zulfan@yahoo.co.I’d
      Terima kasih pak..

    • buat pak Zul Di Medan, saya berdomisili di Labura,dan ingin mulai berternak cacing rubelus,kalau pak zul ada banyak stok,saya pesan 20 kg,hub 08197492927

    • Saya domisili di Medan membutuhkan cacing tolong email kan alamat nya ke yb6mw@yahoo.com
      atau hp 085262154048

    • pak zulfikar saya butuh bibit cacing Lubricus rubellus, lokasi saya di pematangsiantar. Bapak ada stok tidak, tapi saya hanya membutuhkan 1 kg bibit tersebut…trim’s..email saya witaariani59@yahoo.co.id

  6. TAK PERLU BINGUNG KALAU MASALAH BIBIT,,, ANAK-ANAK KECIL DISEKITAR RUMAH ANDA BISA ANDA SURUH NYARI DI TEMPAT SAMPAH ATAU DEKAT KANDANG AYAM,, DIKASIH Rp.5000 MAU TUH NGUMPULIN SEKALENG SUSU KENTAL MANIS,,,,, TINGGAL ANDA PILAH2 AJA JENIS YANG MAU DITERNAKIN…. SELAMAT MENCOBA

  7. saya punya minat yg sangat besar untuk budidaya cacing tanah tetapi saya tidak tau dimana saya harus beli bibit berapa harganya

  8. saya sangat tertarik pada usaha cacing tanah ini,untuk mendapatkan bibit dan pemasarannya di mana ya???????

  9. Saya sangat tertarik usaha cacing tanah, prospek sekarang masih cerah. utk penjualan bibit dan pemasarannya di daerah pekalongan, Jawa Tengah dinama? mhn bantuannya

  10. saya mau kerjasama barangkali ada yg mau bergabung dalam bisnis cacing, kami siap menampung dengan membuat asosiasi budidaya cacing

    • kalo boleh tahu, Bapak dari daerah mana???
      Apakah siap menerima dalam jumlah besar???
      Harga cacing saat ini sekitar berapa????

    • mohon petunjuk,, info pemasaran hasil panen cacing daerah bekasi dmn yaa,,?atau ada yang minat kerjasama memasarkan hasil panennya.

  11. pak,saya tertarik dgn ternak cacing tanah,utk penjualan bibit dan pemasarannya dimana utk di daerah malang?bales

  12. Terima kasih atas informasi nya yang ingin saya tanyakan gimana sekarang perkembangan ternak cacing dan di mana pemasaran nya, saya berada di daerah cianjur.

  13. pak,saya tertarik dgn ternak cacing tanah,utk penjualan bibit dan pemasarannya dimana utk di daerah malang?bales

    • masalah jual cacinggampang,d skitar ciputat n skitar y,bnyak orang buka pmancingn gla tma ikan lele.dsana kita dpat menjual y.klau sya lg d sana hampir seratus persen2 nanyain cacing

    • saya sring bwa cacing tanah sbanyak satu embercor.itu d hargai 50 sampai200 rb dalam satu jam langsung habis,n saya bingung mau yari d mana lg.klau anda nernak,sayamau masarin y saya banyak cnel n lobang buat pmasaran

  14. saya tinggal diMakassar yang aku mau tahu untuk PEMASARAN cacing tanah di Makassar itu adanya dimana…???

    • Pak awwing yang terhormat,
      Saya mencari cacing tanah siapa tahu cocok dengan kebutuhan saya. Kalau bisa saya di hub di No. 0821 89 144 770 atau 085 656 246 146. saya tunggu info dari bapak secepatnya. Terima kasih atas perhatiannya.
      NB: – saya butuh alamat bapak di makassar.

      Salam

      Musmulyadi – Makassar (Sul-Sel)

    • Assalamu Alaikm, wr wb
      Untuk Cacing Tanahnya masih ada? saya butuh pemasok cacing tanah untuk wilayah Makassar, kebutuhan kami 2-5 kg cacing perhari, bagi yang berminat silahkan Hubungi, 082196450001 (telkomsel) atau 085656789930 (indosat).
      Harry – Makassar (Sulawesi Selatan)

    • Pak Awwang, boleh tahu lokasinya di mana, sy mau beli sdkt cacing Bapak. Kalau boleh tolong diinfokan kembali di 082187325725 / phoen85jj@yahoo.com
      Trimakasih.

  15. saya budidaya cacing tanah dari limbah jamur/ baglog dicampur tanah & kompos lalu hasilnya jadikan pelet untuk pakan ikan lele, silahkan mencoba.

  16. ass, saya tertarik pada budidaya cacing . untuk daerah bojonegoro, beli bibitnyadinama? dan menjualnya dimana

  17. ass , saya tertarik dengan budidaya cacing , untuk daerah bojonegoro , beli bibit nya dimana ?terus menjualnya dimana ?

  18. untuk daerah jogja penjualan bibitnya dmn? dan brp harga?,berapa lama pembesaran sampai siap jual?..,matur nuwun..mhn blz

    • assalamu’alaikum khusus riau ……… kita siap nampung law ada berapa pun tolong konfirmasi casanova_smooth@yahoo.co.id & cantumkan no HP langsung law ada secepatnya Ky.

    • Pak Alimji yang terhormat,
      Saya tertarik dengan cacing tanah yang bapak b.daya siapa tahu cocok dengan kebutuhan saya. Kontak person saya 0821 89 144 770 atau 085 656 246 146. Saya tunggu info bapak secepatnya dan tolong alamatnya di makassar.
      Terimas kasih atas perhatiannya.

      Salam,

      Musmulyadi – Makassar (sul-Sel)

    • Assalamu Alaikm, wr wb
      Untuk Cacing Tanahnya masih ada? saya butuh pemasok cacing tanah untuk wilayah Makassar, kebutuhan kami 2-5 kg cacing perhari, bagi yang berminat silahkan Hubungi, 082196450001 (telkomsel) atau 085656789930 (indosat).
      Harry – Makassar (Sulawesi Selatan)

    • Pak Alim, boleh tahu lokasinya di mana, sy mau beli sdkt cacing Bapak. Kalau boleh tolong diinfokan kembali di 082187325725 / phoen85jj@yahoo.com
      Trimakasih.

    • Kami mau memesan cacing lumbricus, Tolong pak alim mengirim data alamat mks dan no hp ke ridwangoogle@yahoo.com

  19. Bismillaah, kalau di Makassar di mana yah.. persatuan peternak cacing..? soalnya saya tertarik juga pak

  20. Pak mnta informasinya tntang budidaya cacing tanah, soalnya di daerah sy banyak yang memelihara Sidat dan Belut. rumah sya di Banyuwangi

    • wah saya malah pengen budidaya belut,caranya gemana soalnya di tempatku banyak yang pelihara cacing…kebetulan banget nih…

Komentar ditutup.