Pemprov Banten Pasarkan 300 Produk UMKM Lokal Lewat Media Online

Pemprov Banten Pasarkan 300 Produk UMKM Lokal Lewat Media OnlinePemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mulai pasarkan produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di wilayahnya via media online. Setidaknya sekarang ini yang sudah siap untuk dipasarkan secara online ada sekitar 300 produk UMKM.

“Kita pertamanya 100, sekarang udah 300. Target kita kalau mencukupi 2.000 ditahun 2017. Kalau online kan lihat dulu kualitas dan bungkusnya,” kata Nurhanah, Kepala Dinas Perindustrian dan Koperasi (Disperindagkop) Banten, di kantor Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Banten, di Kota Serang, dikutip dari Poskotanews.com.

Nurhanah juga bercerita bahwa Pemprov Banten sendiri memiliki potensi besar produk UMKM yang bisa dipasarkan secara online. Berdasarkan data yang diperoleh sejak tahun 2013 saja, sedikitnya ada 984.116 pelaku UMKM di Provinsi Banten. Namun sampai hari ini yang sudah terdaftar di Disperindagkop baru ada sekitar 15 ribu UMKM. Hingga kini Disperindagkop Banten terus berusaha memperbaharui pendataannya.

“Masih butuh banyak pembinaan untuk meyakinkan UMKM, mereka ada juga yang mandiri. Misal sate bandeng, kualitas dan bungkusnya diperbaiki. Karena bisa menjual 200 per hari,” terangnya.

Disamping itu, Pemprov Banten yang kini telah memiliki Bank Pembangunan Daerah (BPD) Banten juga mengharapkan hadirnya bank daerah tersebut mampu memberikan bantuan kredit usaha bagi UMKM. Selama ini kesulitan yang kerap dihadapi para pelaku UMKM adalah terkait dana untuk  pengembangan produk dan biaya promosi. Pada kesempatan itu pula, Nurhanah berharap kehadiran Bank Banten banyak memberikan fasilitas kemudahan khususnya dalam hal pembiayaan UMKM.

Leave a Comment