UMKM Harus Naik Kelas, Agar Adaptif Dengan Trend Industri Digital

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan menuturkan bahwa usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) harus terus didukung untuk segera naik kelas. Ketua Bidang Ekonomi dan Keuangan BPP HIPMI, Anggawira pun sepakat dengan pernyataan Jokowi seperti dikutip dari finance.detik.com.

“Dunia saat ini berkembang sangat cepat sekali, begitu juga dengan dunia usaha yang terus berubah mengikuti zaman, saat ini mungkin yang ngetrend adalah industri digital dan juga energi terbarukan, tapi mungkin beberapa tahun lagi trend usaha akan berubah kembali, kita harus kuatkan UMKM agar semakin adaptif,” terang Anggawira, Rabu (17/8/2022).

Anggawira menyebutkan penduduk dunia pada 2045 akan didominasi kelas pendapatan menengah (middle income class) yang diperkirakan mencapai 8,1 miliar jiwa. Kelompok inilah memiliki daya beli cukup kuat, dan menjadi segmen pasar yang potensial.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum BPD HIPMI Jawa Tengah, W. Rudy Prasetiyo mendukung langkah yang dilakukan BPP HIPMI untuk menyambangi daerah-daerah, menurutnya kegiatan forum bisnis adalah langkah positif untuk mendorong semangat pengusaha di daerah.

“Guna menaikkan kelas UMKM memang dibutuhkan langkah jemput bola seperti ini, kalau peluang bisnis hanya berputar di pusat saja kita yang di daerah tentu akan sulit mendapatkan informasi,” kata Rudy.

Rudy juga menyarankan kepada pengusaha muda yang hadir agar dapat memanfaatkan peluang yang telah dibagikan pada kegiatan ini. Ia berharap pengusaha muda di Semarang semakin banyak dan menciptakan pertumbuhan ekonomi untuk daerah.

Leave a Comment