Seduhan Kopi Asli Senikmat Kopi Sachet di Lembayung Heartquarters

Bayu Pratama (Manado), Pengelola Lembayung Heartquarters. Lembayung ini adalah bisnis keluarga pemilik rumah yang kini digunakan untuk outlet Lembayung Heartquarters ini.
Nama Lembayung Heartquarters sendiri artinya markas besar yang sebenarnya kantor travel agent.

Bisnis utamanya adalah travel agent. Karena ingin berbadan hukum yang mana harus ada kantor. Maka berdirilah sebuah kantor yang mana dimanfaatkan pula untuk mendapatkan penghasilan harian karena memang lingkungan berdekatan dengan mahasiswa.

Maka jadilah Lembayung Heartquarters, nah untuk kedepanya bukan cuman jadi cafe akan tetapi tetap menjadi kantor Lembayung Tour and Travel makanya namanya tetap mempertahankan Lembayung Heartquarters.

seduhan-kopi-senikmat-kopi-sachet-di-lembayung-heartquarters

Markas Besar Lembayung Heartquarters

Konsep Cafe

Konsep cafe yang awalnya adalah sebuah kantor travel agent, makanya ingin membuat cafe yang ramah lingkungan. Jadi slogan dari Lembayung adalah Diinginkan Indonesia. Dan menu menu dibuat sedemikian rupa.

Walaupun menunya modern tapi dibuat ada kaitanya dengan budaya Indonesia, culture Indonesia dan tempat – tempat di Indonesia. Untuk menjual alam Indonesia sendiri, mencoba ramah lingkungan menjaga lingkungan dan mengurangi penggunaan plastik. Kecuali take away karena itu agak susah pastinya.

Kopi Untuk Para Pemula

Produk yang ditawarkan Lembayung, fokusnya memang tidak dikopi. Jadi Lembayung menjual apa yang dibutuhkan dan terima oleh pasar jadi kita adalah orang yang belum pernah ngopi. Jadi gimana caranya orang yang belum pernah ngopi ini bisa menikmati kopi susu seperti kopi susu sachet.

Padahal kopi yang dibuat adalah kopi seduhan asli yang diolah dari biji kopi. Jadi akhirnya orang – orang bisa menikmati kopi biji asli seperti minum kopi sachet. Pengelola ingin menjadikan kopi yang dinikmati oleh para pemula penikmat kopi di Lembayung menjadi pengalaman pertamanya menikmati kopi asli dari biji pilihan.

Tema Kopi Lembayung

Kopi susu bertemakan saat – saat yang indah di Indonesia. Jadi kopi susunya namanya senja sendiri, siang hari, es kopi susu malam sepi, es kopi susu semangat pagi. Jadi itu bener – benar saat – saat terindah di Indonesia.

Untuk yang nonkopi, kita punya arum manis, puncak bogor, coklat, orang hutan. Nah untuk yang hot temanya megambil dongeng atau mitos jadi ada kopi roro jongrang, kopi sangkuriang, roro kidul, kopi putri mandalita, klenting kuning. Jadi kita ingin menjual budaya Indonesia.

Makanan Khas Lembayung

Untuk makanan sendiri kita tidak ada makanan berat, jadi cuma menjual mie instant. Dan untuk snacknya kita seperti di desa ada bancakan yang terbagi dalam 3 macam yakni sendiri, sekeluarga dan sekampung. Kalo sendiri memilih 2 item dari 5 item yang diberikan, kalo keluarga memilih 3 item kalo sekampung memilih 4 item yang diberikan.

markas-besar-lembayung-heartquarters

Respon Masyarakat Sekitar Dengan Cafe Kopi Lembayung

Respon dari lingkungan dari awal berdirinya sampai sekarang. Di daerah tambak bayan yang mana kan lingkungan kampus tapi kalau malam benar – benar sepi.

Jadi kayag desa mati, kalau mahasiswa biasanya kenal tempat makan kan burju yang mana biasanya buka 24 jam nah kalo di Tambak Bayan ini burju tutup jam 19.00 malem dan sepi. Nah Lembayung buat cafe yang buka sampai malam jadi cafe ini satu – satunya daerah yang buka dan terang pada malam hari di lingkungan sekitar.

Resepon target pasar kebanyakan adalah wanita yang belum pernah ngopi sebelumnya, kita kasih coba ini adalah es kopi susu Lembayung. Nah untuk mengejar target ini dengan cara menggunakan barista perempuan juga. Jadi ada 2 barista dan 1 orang dengan Bayu sehingga ada 3 pegawai. Jadi berfikirnya akan sama – sama enak karena sama – sama perempuan.

Setelah dicoba nyatanya mbak – mbak yang bener – bener belum pernah ngopi mengatakan “Kok rasanya mirip dengan kopi sachet merk ini?”, begitu katanya. Nah ketika ada customer mengatakan hal ini bahagia berarti target tercapai. Jadi dimana mereka bisa menikmati kopi seduhan dari bini kopi asli pilihan namun rasanya mirip dengan kopi sachet.

Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran yang digunakan untuk merangkul target pasar, nah Lembayung ini sudah buka sekitar 6 bulan. Sebenarnya tidak punya strategi pasar sejauh ini. Tapi kita punya rancangan tapi sejauh ini belum dilakukan. Karena tanpa melakukan pemasaran, respon yang diterima dari omzet yang diperoleh sudah bagus.

Intinya Lembayung Kopi mau mencari penghasilan tambahan sampingan saja, namun ada beberapa rancangan baru atau marketing plan yang akan mulai di eksekusi akhir bulan Januari 2020.

Perbadingan Pendapatan Take Away Dengan Dine In

Perbandingan antara take away dan dine in, 90% dine in dan take away 10%. Lembayung Heartquarters orang lebih mengenalnya untuk ngopi nongkrong dan ngerjain tugas akhir bisa berjam – jam. Kalau untuk take away masih sedikit karena belum banyak yang mengenal karena memang belum maksimal untuk pemasarannya.

Sebenarnya Lembayung Heartquarters sudah bekerja sama dan aktif di ke 2 ojek online untuk fasilitas food. Cuman belum blow up, jadi transaksi dari kedua ojek online tersebut memang belum maksimal.

kopi-lembayung-heartquarters-senikmat-kopi-sachet

Team Manajemen

Untuk team manajemen total ada 3, 2 barista dan Bayu. Dan untuk target pasar sudah tercapai hanya saja masih ada beberapa kendala atau yang masih ada banyak sektor yang bisa dikembangkan seperti memaksimalkan take away ojek online, mengembangkan variasi menu, karena mengejar omzet shift siang masih sangat jauh dengan omzet shift dua.

Jam operasional 11.00 – 01.00 terbagi dalam 2 shift. Pendapatan shift pertama dan kedua perbedaaanya masih jauh makanya masih berusaha untuk mengembangkan agar shift pagi omzetnya bisa mengimbangi shift malam.

Harapan Lembayung Heartquarters

Harapan agar Lembayung Heartquarters ini benar – benar menjadi markas besar, visi kedepan pengen jadi one stop traveling. Kepengen disini ada travel agent, ada cafe dan disini akan ada homestay dan laundry.

“Jadi kalau mau nginep disini, kalau laper tinggal ke cafe, mau paket wisata tinggal hubungin tour and travel dan kalo mau nyuci baju tinggal ke laundry. Jadi pengen konsepnya one stop traveling, jadinya para traveler di Lembayung Heartquarters aja semua tersedia”. Begitu katanya.

Pesan dari Bayu pengelola Lembayung Heartquarters ini “Coba rasain faight yang kita bentuk, kita yakin dengan kita buat dengan apa yang kita tata, faight buat sekedar ngerjain tugas atau sekedar kumpul temen-teman bisa banget, menu kita sangat ramah buat yang suka ngopi bisa buatkan yang strong, buat yang belum pernah cobain kita yakin kalo kalian bisa abisin kopi buatan kami”.

Sekian inspirasi dari pengelola Lembayung Heartquarters ini semoga bermanfaat dan bisa memberikanmu banyak inspirasi dan motivasi untuk usahamu. Semangat terus para pejuang usaha, semoga usaha kalian sukses dan berhasil. Selamat berjuang, maju terus dan semoga sukses.

Jangan lupa pantau terus website bisnisukm.com untuk mendapatkan update informasi bisnis lainnya dan inspirasi bisnis lainya. Sedikitnya ada 4000 lebih artikel yang disediakan gratis untukmu ! Ayo pelajari dan semoga bisa membantu memberikan banyak inspirasi.

Leave a Comment

Bingung Cari Peluang Usaha?

Yuk Gabung Jadi Agen/ Mitra Waralaba