Pakai Jasa Kemas Sachet, Biar Produk Kopimu Naik Kelas!

Jasa kemas sachet saat ini menjadi alternatif yang mampu mengatasi permasalan para pelaku usaha khususnya para pengusaha kopi yang baru merintis bisnisnya tapi belum punya mesin pengemas otomatis. 

Kalau sebelumnya para pelaku bisnis kopi pakai kemasan stand pouch atau kantong gusset untuk mengemas produk kopi ukuran besar, sekarang ini tren permintaan kopi di pasaran ternyata mulai bergeser ke kemasan sachet kopi.

Alasan inilah yang membuat para pengusaha kopi mulai mencari jasa kemas sachet rentengan. Dengan menggunakan jasa kemas sachet, pemilik merek tidak perlu pusing memikirkan proses pengemasan produk. Jadi, pemilik merek bisa lebih fokus pada urusan pemasaran dan penjualan produk.

Jadi, jasa kemas sachet adalah semua pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu produk tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa.

Sedangkan spesifikasi, bahan baku, barang setengah jadi, bahan pembantu yang akan diproses sebagian atau seluruhnya disediakan oleh pengguna jasa, dan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa. 

Pada dasarnya, perusahaan pengguna jasa akan memberikan bahan baku produk dan spesifikasi kemasannya kepada penyedia jasa kemas sachet yang akan mengemas produk tersebut ke dalam bentuk sachet sesuai dengan standar yang diberikan pemilik produk.

Layanan Jasa Kemas Sachet

Sekarang ini kemasan produk menentukan sukses atau tidaknya sebuah produk di pasaran. Kalau kemasan yang digunakan kurang menjual, jangan berharap suatu produk laris manis di pasaran. 

Hal inilah yang sekarang sedang ramai diperbincangkan kalangan UKM, termasuk pelaku usaha yang memproduksi kopi. Mengingat modal usaha yang dimiliki masih terbatas, banyak UKM produsen kopi yang mengaku kesulitan untuk membuat kemasan sachet kopi yang tampilannya estetik dan berkualitas.

Sejauh ini untuk membuat kemasan sachet kopi dengan desain menarik ada batas minimal order yang harus dipenuhi pelaku UKM, dan nilai transaksinya tidaklah kecil. Belum lagi untuk investasi mesin pengemas otomatis juga harganya tidak murah. 

Kondisi inilah yang membuat jasa kemas sachet semakin banyak dicari pelaku UKM yang memproduksi kopi. Kalau selama ini petani kopi hanya memasarkan produknya dengan kemasan plastik polos yang dibungkus kiloan, sekarang ini sudah banyak UKM yang mulai memanfaatkan jasa kemas sachet untuk mempercantik tampilan produknya dengan cetak rotogravure.

Dalam dunia percetakan, rotogravure artinya cetak dalam. Lebih mudahnya merupakan teknologi cetak yang biasa digunakan untuk mencetak media yang terbuat dari bahan yang fleksibel seperti berbagai jenis plastik, kertas, metalize dan aluminium foil.

Bahan yang akan dicetak adalah dalam bentuk roll atau gulungan. Plastik hasil cetakan dilaminasi terlebih dahulu dengan menempatkan roll yang telah dicetak ke mesin laminasi. Kemudian plastik roll tersebut dilapisi dengan bahan perekat dan ditempelkan ke media lain berupa metalize dan aluminium foil.

Bentuk kemasan sachet yang dikemas dengan mesin otomatis juga beragam. Ada yang bentuk pillow atau sepeti bantalan, stik, mau pun sachet kecil vertikal dengan model center seal atau three side seal. Jadi untuk mengembangkan bisnis saat ini para pengusaha kopi lebih dimudahkan dengan adanya jasa kemas sachet.

Bahan Kemasan yang Digunakan

Kebutuhan untuk meningkatkan kualitas bahan kemasan dan kapasitas produksi, seringkali terhalang dengan tingginya biaya investasi pembelian bahan kemasan, mesin pengemas dan kebutuhan tim operasional. 

Dengan layanan jasa kemas sachet, kamu tidak perlu direpotkan membeli mesin kemasan, merekrut tim baru dan menyiapkan tempat. Sehingga kamu bisa lebih fokus pada pengembangan bisnis.

Untuk produk kopi, idealnya menggunakan bahan kemasan aluminium foil. Bahan aluminium foil dinilai paling baik dalam hal menjaga kualitas produk dalam waktu lama. Produk kopi bubuk juga tidak mudah menggumpal.

Selain bahan aluminium foil, kemasan kopi juga banyak yang menggunakan bahan metalize. Meski secara kualitas di bawah alufoil, tapi harga yang lebih terjangkau menjadi pilihan kebanyakan pelaku usaha. Harga jual produk kopi yang dibanderol 1.000-an banyak yang menggunakan bahan kemasan ini.

Biasanya penyedia jasa kemas menggunakan bahan sachet seperti kemasan aluminium foil, kemasan metalize, dan bahan kertas (paper pack). Jenis material kemasan sachet yang digunakan tentunya disesuaikan dengan jenis produk yang akan dikemas.

Kelebihan Menggunakan Jasa Kemas Sachet

Dengan memanfaatkan layanan jasa kemas sachet untuk produk kopi, ada beberapa kemudahan yang bisa kamu dapatkan, antara lain :

  • Konsultasi kemasan, Gratis!
  • Uji bahan kemasan, Gratis!-
  • Tidak perlu investasi mesin pengemas
  • Bebas biaya desain kemasan
  • Biaya penggunaan jasa terjangkau

Kemudian, produk apa saja yang bisa dikemas menggunakan layanan jasa kemas sachet? diKemas.com sebagai jasa cetak kemasan yang juga menawarkan layanan jasa kemas, sudah banyak dipercaya oleh produk atau brand lokal untuk mengerjakan pengemasan produk mereka. mulai dari melayani jasa pengemasan produk sachet berbahan baku powder atau bubuk, granule atau biji-biijian, dan liquid atau cairan.

Pertimbangan Pemilihan Kemasan

Hal pertama yang harus dipertimbangkan ketika akan memilih kemasan produk adalah disesuaikan dengan karakteristik produk. Pastinya produk pangan dalam bentuk padat, bubuk, cair masing-masing akan berbeda. Kedua adalah distribusi produk, kalau produk yang dijual adalah siap makan atau sudah matang berarti distribusinya lebih singkat. Beda dengan produk instan yang distribusinya lebih panjang.

Ketiga adalah penjualan produk. Kalau produk yang kamu jual termasuk produk fast moving dalam artian sejak produksi selesai dan dijual ke pasaran dalam kurun waktu kurang dari tiga bulan produk sudah terjual maka bisa pilih kemasan yang lebih terjangkau. Keempat pertimbangannya adalah target konsumen.

Kalau produk yang kamu jual menyasar segmen pasar menengah ke atas atau menjadi produk premium, maka kemasan yang digunakan juga harus disesuaikan. Begitu pun ketika menyasar segmen pasar reguler, bisa pilih kemasan yang lebih terjangkau.

Pertimbangan terakhir adalah sesuaikan dengan budget yang kamu punya. Termasuk dalam menggunakan jasa kemas sachet untuk menjadikan produk kamu berkualitas dan siap naik kelas.

Produk bisnis kamu apa nih? Kamu punya produk, tapi bingung mau bikin kemasan di mana? Jangan khawatir, diKemas.com bisa memberikan solusi terbaik untuk perkembangan usaha kamu.

Ayo gunakan jasa maklom kemasan aja. Selain lebih praktis dari segi materi, waktu produksi tidak akan terganggu karena diKemas.com akan mengatasi kebutuhan kemasannya. Klik di sini

Itulah ulasan seputar jasa kemas sachet untuk menunjang bisnis yang kamu jalankan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Bagikan juga tulisan ini ke teman kamu yang lain supaya makin banyak orang yang punya pengetahuan soal pentingnya kemasan produk.

Ikuti terus informasi menarik seputar kemasan produk UKM lainnya hanya di BisnisUKM.com

Leave a Comment