Strategi Pemasaran Menggaet Calon Konsumen Bagi UKM

pemasaranMenjalankan usaha dengan lancar dan berhasil mendapatkan pelanggan yang prospektif tentu menjadi impian besar bagi para pelaku usaha. Baik usaha kecil, usaha menengah, maupun perusahaan besar membutuhkan keberadaan pelanggan sebagai salah satu sumber pendapatan yang mendatangkan untung besar setiap bulannya.

Meskipun begitu, sampai hari ini para pelaku usaha khususnya UKM masih sering menghadapi beberapa kendala dalam hal menarik perhatian calon konsumen. Sehingga tidak heran jika banyak pelaku UKM yang memiliki pelanggan tidak terlalu besar, dan omset penjualan yang didapatkan pun juga belum bisa maksimal.

Nah, untuk membantu para pelaku UKM dalam mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari calon konsumennya. Berikut ini beberapa poin penting yang perlu kita perhatikan agar strategi pemasaran yang digunakan berhasil memikat para konsumen.

  • Mulailah Dengan Riset Pasar (Start With Market Research)

Sebelum menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan, penting bagi Anda untuk mengetahui minat dan kebutuhan pasar yang ada di sekitar daerah tersebut. Hal ini sebagai langkah awal bagi para pelaku UKM untuk menyesuaikan strategi pemasaran yang dijalankan dengan pola pembelian calon konsumen. Apabila strategi yang digunakan sesuai dengan minat konsumen, maka bisa dipastikan bila produk pun tidak terlalu sulit untuk bisa diterima pasar.

  • Menciptakan Produk Unik (Create a Unique Product  )

Salah satu daya tarik bagi para konsumen adalah apabila produk yang Anda tawarkan memiliki nilai lebih dan terlihat lain daripada yang lain (unik). Keunikan itulah yang biasanya menarik perhatian konsumen, sehingga mereka yang awalnya tidak membutuhkan produk tersebut menjadi berminat membeli setelah mereka mengetahui keunikan dan nilai lebih yang ditawarkan.

  •  Promosi (Promotion)ukm

Setelah produk tercipta, langkah berikutnya yang perlu Anda perhatikan yaitu menyusun strategi promosi untuk mendatangkan banyak konsumen. Anda bisa mulai memikirkan strategi promosi untuk wilayah lokal, nasional hingga internasional. Untuk promosi lokal bisa Anda lakukan dengan membagikan brosur, pamflet maupun poster di sekitar lokasi usaha. Sedangkan untuk pemasaran nasional dan internasional bisa memanfaatkan jaringan internet sebagai media promosi yang cukup efektif. Semakin luas jangkauan promosi yang Anda ciptakan, maka semakin besar pula peluang Anda untuk mendatangkan konsumen sebanyak-banyaknya.

  • Pemeliharaan Loyalitas Pelanggan (Maintenance of Customer )

Dari semua poin yang telah kita bahas, poin keempat merupakan salah satu hal yang paling sulit diwujudkan para pelaku UKM. Pemeliharaan layanan kepada para konsumen sering diabaikan para pelaku usaha, sehingga loyalitas yang terbangun antara konsumen dan pelaku pasar masih belum kuat. Pastikan hal tersebut tidak Anda abaikan, agar loyalitas konsumen semakin besar dan produk yang Anda ciptakan mendapatkan tempat tersendiri di hati para pelanggan.

Semoga informasi tentang strategi pemasaran menggaet calon konsumen bagi UKM ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan menjadi solusi bagi para pelaku UKM yang mengalami kendala di bidang pemasaran bisnisnya. Maju terus UKM Indonesia dan terus berkarya! Salam sukses.

[mb-bahaya]

9 Komentar

    • Terimakasih atas respon yang disampaikan, semoga informasi tips bisnis yang kami berikan bisa membantu Saudara untuk meningkatkan pemasaran bisnis Anda. Salam sukses!

      Reply
  1. permisi mas.. saya mau tanya.. untuk mempertahankan loyalitas pelanggan itu bagaimana cara pastinya?? bagaimana produk yang kita jual bisa mendapat tempat dihati pelanggan??

    Reply
    • Terimakasih telah berkunjung di bisnisukm.com. Selain menjaga kualitas produk yang kita hasilkan, untuk mempertahankan loyalitas pelanggan tentunya Anda harus memberikan nilai tambah baik dari segi keunggulan produk maupun dari segi pelayanan yang diberikan. Contohnya saja bila Anda memproduksi produk makanan bisa menambah varian rasa yang beragam, memberikan bonus atau diskon khusus bagi para konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah banyak, atau bisa juga memberikan gratis ongkos kirim bagi para agen maupun reseller. Strategi-strategi kecil seperti ini tentunya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para konsumen, sehingga tidak menutup kemungkinan bila mereka akan melakukan repeat order dan lebih loyal dengan produk Anda. Semoga bisa membantu dan salam sukses!

      Reply
  2. bagaimana cara mendapatkan mitra usaha untuk berdagang dengan fasilitator UKM. Saya baru buka usaha dagang alat listrik dan asesoris motor.
    semoga UKM bisa menjembatani pemula bisnis untuk menggerakan roda perekonomian dan mengurangi pengangguran. trima kasih

    Reply
    • bagaimana cara mendapatkan mitra usaha untuk berdagang dengan fasilitator UKM. Saya baru buka usaha dagang alat listrik dan asesoris motor.
      semoga UKM bisa menjembatani pemula bisnis untuk menggerakan roda perekonomian dan mengurangi pengangguran. Saya posisi di daerah cinunuk cileunyi trima kasih

      Reply
    • mohon maaf sebelumnya….hanya share saja, kalau tidak salah PLN kita dalam menangani proyek pengadaan sarana pemasangan listrik rakyat selalu dengan tender terbuka…..tidak ada salahnya saudara coba loby ke PLN daerah saudara untuk meloby hal tersebut…..selamat mencoba….

      Reply

Leave a Comment