membuka-bisnis-rumahanBila awalnya bisnis rumahan dianggap sebagai peluang usaha sampingan yang eksistensinya masih diragukan banyak orang. Ternyata sekarang ini banyak bisnis rumahan yang bisa sukses berkembang dengan pesat dan menjadi sektor industri baru yang menjanjikan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.

Video Praktisi

Temukan Ide Bisnis dari Hobi Travelling

Bahkan, tidak hanya memberikan tambahan penghasilan bagi keluarganya saja, kemunculan bisnis rumahan kini juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang di sekitarnya. Adanya keinginan masyarakat untuk bisa sukses merintis sebuah usaha tanpa harus meninggalkan kenyamanan suasana rumah, menjadi salah satu alasan yang mendorong pertumbuhan bisnis rumahan di berbagai pelosok daerah. Tentu Anda juga ingin menjadi pengusaha sukses tanpa harus meninggalkan keluarga Anda bukan?

Nah, untuk mengetahui keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan ketika merintis usaha dari rumah, berikut kami informasikan 5 alasan mengapa Anda harus membuka bisnis rumahan dari sekarang.

Alasan pertama, bebas menyalurkan ide, hobi, passion, serta bakat yang kita miliki melalui bisnis rumahan yang kita rintis. Terkadang sebagai seorang karyawan kita harus membatasi ide, hobi, serta bakat yang kita miliki sesuai dengan tuntutan kerja yang kita tekuni. Keterbatasan inilah yang kemudian mendorong masyarakat untuk mencari sebuah kebebasan dengan merintis bisnis kecil-kecilan dari rumah, sesuai dengan hobi, passion, atau bakat yang mereka miliki.

Alasan kedua, bebas berbisnis tanpa mengesampingkan keluarga. Ketika Anda bekerja untuk orang lain, bisa dipastikan bila hampir seluruh waktu Anda akan tercurahkan di luar rumah dan mengesampingkan kebersamaan dengan keluarga. Lain halnya bila Anda membuka peluang bisnis rumahan, bisa dipastikan bila waktu Anda bersama keluarga tidak akan tersita dan bisa tetap mengontrol jalannya usaha tanpa harus meninggalkan keluarga tercinta.

Alasan ketiga, bebas menentukan besarnya pendapatan setiap bulan. Jika seorang karyawan menerima besarnya gaji setiap bulan berdasarkan ketentuan perusahaan, maka sebagai pelaku usaha Anda bebas menentukan besarnya target pendapatan atau omzet usaha yang ingin Anda capai setiap bulannya. Faktor inilah yang membedakan kondisi perekonomian seorang karyawan dengan pelaku usaha. Karena sebagai seorang pengusaha Anda memiliki kebebasan mutlak untuk menentukan besarnya target pendapatan maupun laba usaha yang ingin diraih bisnis Anda.tips bisnis rumahan

Alasan keempat, bebas mewariskan kesuksesan bisnis Anda kepada keluarga besar. Apabila kita bekerja di perusahaan orang lain, maka prestasi kerja yang pernah kita raih hanya akan menjadi sejarah bagi perusahaan tersebut. Namun apabila kita memutuskan merintis bisnis rumahan, kesuksesan bisnis tersebut bisa kita wariskan kepada anak, cucu, atau keluarga besar lainnya yang siap melanjutkan perjalanan bisnis tersebut. Tidak heran bila banyak bisnis rumahan yang awalnya dirintis dengan modal kecil, kini mulai sukses berkembang menjadi bisnis keluarga yang cukup besar.

Alasan kelima, memberikan kepuasan bagi pelakunya. Tak hanya mendatangkan materi yang berlimpah, menjalankan bisnis dari rumah juga memberikan kepuasan tersendiri bagi para pelakunya. Sebab, mereka bebas untuk memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya, bebas menentukan besarnya pendapatan setiap bulan, bebas mengatur jam kerja dan waktu untuk keluarga, serta bebas menentukan tujuan usaha yang ingin mereka capai.

Setelah membahas kelima tips bisnis tersebut, kini saatnya Anda bertindak dan mulai merintis bisnis rumahan dari sekarang. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Sumber gambar :
1. http://www.empowernetwork.com/jdiaz/files/2012/10/home-based-business-1.jpg
2. http://www.homebusinessproductreports.com/wp-content/uploads/2012/10/home-based-business.jpg