Selalu menjadi pertanyaan bagi para calon pebisnis pemula, mungkinkah bisnis tanpa modal? Mungkin saja. Anda hanya perlu ilmu dan rahasianya. Sudah banyak orang sukses berbisnis tanpa modal berupa cash money yang besar. Sebut saja Purdi E. Candra dengan jaringan Primagamanya. Purdi hanya mengandalkan kemampuan melobinya, sekaligus kecerdikan untuk memulai usaha. Andapun bisa melakukannya.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Menjalankan Usaha Konveksi

Saat mencari ide usaha, Anda dapat memilih usaha seperti menjual barang atau jasa. Menjual barang memerlukan modal, Andapun perlu membeli barang atau memproduksi barang terlebih dahulu baru Anda bisa menjualnya. Berapa modal yang tak kembali? Berbeda dengan bisnis jasa. Anda benar-benar dapat memulai usaha dari modal dengkul. Bisnis jasa tidak membuat Anda mengeluarkan banyak biaya. Contohnya Purdi, dengan memulai bisnisnya dengan bimbingan belajar. Bermula dari 2 siswa dan menempati salah satu ruang rumah kontrakannya, siapa mengira bisnis ini dapat berkembang besar. Memang cara terbaik untuk menjaga overhead tetap rendah adalah memulai bisnis dari rumah. Anda dapat menghemat biaya untuk sewa kantor, membayar resepsionis, membayar pajak, izin usaha, dan lain-lain. Janganlah berasumsi bahwa binis rumahan hanya bisnis kacangan. Banyak bisnis besar yang dimulai dari rumah, sebut saja Martha Tilaar, The Body Shop dan lain-lain.

Sebagian dari Anda mungkin memutuskan untuk berwirausaha disaat Anda sudah bekerja sebagai karyawan. Mundur dari pekerjaan saat mengawali usaha dari nol mungkin kurang bijaksana. Anda akan kehilangan sumber penghasilan, sementara usaha Anda belum memberikan hasil yang nyata. Karena itu, pertahankan pekerjaan sembari Anda memulai usaha. Mulailah dengan bisnis paruh waktu, bila bisnis Anda tampak berkembang barulah boleh melepaskan pekerjaan sebagai karyawan.
Aturan utama bisnis adalah lihat kebutuhan pasar. Anda harus menawarkan jasa yang dibutuhkan oleh banyak orang dan mereka bersedia membayarnya.

Lakukan riset pasar. Saat ini ada bayak usaha jasa yang bisa dilakukan. Apabila Anda suka menulis, buka saja jasa penulisan entah biografi, web content, scripwriter, company profil, dan sebagainya. Suka menggambar dan desain, buatlah jasa desain iklan, website, cover buku, atau illustrator. Bahkan suka omongpun dapat dijadikan ladang usaha. Jadi presenter, misalnya. Jika Anda suka memasak, Anda bisa membuka jasa terima pesanan masakan. Dan masih banyak lagi bisnis jasa yang dapat dilakukan sebagai pekerjaan sambilan, misalnya jasa translete bahasa, pengetikan, mempayet, memberikan les privat, dan lain sebagainya. Yang jelas, pastikan ada konsumen yang membutuhkan jasa Anda. Anda telah mengetahui rahasianya. Jika Anda melakukannya, peluang sukses Anda akan jauh lebih besar. Selamat berusaha!

sumber gambar:www.google.co.id/imglanding?q=bisnis jasa&imgurl=http://w12.itrademarket.com/pdimage/66/177966_turtle.jpg&imgrefurl