lebaran saleSuka cita menyambut lebaran tiba, ternyata tidak hanya dimanfaatkan masyarakat untuk merayakan kemenangannya setelah sebulan lamanya berpuasa. Namun juga menjadi ajang bagi sebagian warga untuk mendatangkan untung besar dari beragam jenis bisnis lebaran yang mereka jalankan.

Video Praktisi

Membangun Kerjasama Tim Bisnis Roti van Java

Beragam strategi dan jurus pemasaran pun sengaja dijalankan para marketer untuk menarik minat para konsumen dan mendatangkan lonjakan omset penjualan. Mulai dari menawarkan diskon gede-gedean menjelang lebaran, membuat bulan promo bertabur hadiah, memberikan harga termurah bagi para pelanggan setia, obral bonus dan voucher belanja gratis, serta masih banyak lagi program promosi lainnya yang dijalankan para pelaku usaha untuk menggaet pembeli di musim lebaran tiba.

Tak bisa kita pungkiri bila sampai hari ini promosi diskon gede-gedean menjadi salah satu strategi pemasaran yang ampuh mendatangkan banyak pelanggan. Bahkan banyak yang bilang strategi promosi yang kreatif dan inovatif, menjadi kunci kesuksesan dalam pemasaran produk. Karena itu, untuk membantu para pemula dalam mengoptimalkan pemasaran di musim lebaran. Berikut ini kami informasikan beberapa cara promosi efektif di musim lebaran yang bisa Anda jalankan dari sekarang.

Manjakan konsumen Anda
Seperti kita ketahui bersama, para pelaku usaha mulai berlomba-lomba memanjakan para konsumennya menjelang hari lebaran tiba. Contohnya saja seperti beberapa merek ternama di dunia otomotif (Honda, Toyota, Suzuki) yang sengaja membuka layanan servis gratis di beberapa titik strategis untuk memperlancar perjalanan para pelanggan yang mudik ke kampung halamannya. Tidak hanya itu saja, bahkan beberapa perusahaan besar di Indonesia seperti Sido Muncul, Sari Wangi, Extra Joss, Indosat, Telkomsel, Holcim, BNI dan lain sebagainya, sengaja menyelenggarakan program mudik gratis dari Jakarta ke seluruh daerah di Indonesia sebagai tanda terima kasih mereka kepada para pelanggan setianya. Karena itu, tidak ada salahnya bila Anda pun mencoba strategi pemasaran tersebut untuk membangun loyalitas konsumen.

Penuhi kebutuhan konsumenstrategi pemasaran
Bisa dikatakan perputaran uang bakal melonjak tajam ketika menjelang lebaran tiba. Karena itu, jangan ragu untuk memanfaatkan moment tersebut sebagai ajang untuk meningkatkan omset penjualan bisnis Anda. Caranya yaitu dengan memenuhi semua kebutuhan konsumen yang banyak dicari di hari lebaran. Misalnya saja menyediakan jasa layanan mudik seperti biro atau agen perjalanan, mengembangkan usaha rental mobil, menawarkan beragam jenis kue kering, camilan ringan, serta aneka macam kudapan lainnya yang banyak digemari masyarakat untuk menjamu para tamunya.

Selain itu, Anda juga bisa membidik bisnis fashion dan melayani jual beli peralatan ibadah umat muslim untuk menjaring banyak pelanggan. Biasanya masyarakat berlomba-lomba mencari baju baru dan peralatan ibadah seperti sarung dan mukena baru untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Tingginya angka kebutuhan konsumen dan loyalnya para pembeli di hari lebaran, menjadi sebuah peluang bagi Anda untuk mendatangkan untung besar di musim libur lebaran.

Berikan diskon besar-besaran
Seperti halnya mall-mall besar yang selalu ramai dikunjungi para konsumen karena program diskon gede-gedean yang mereka berikan, Anda pun bisa mencoba melakukan hal yang sama untuk memancing minat calon konsumen. Contohnya saja dengan menyelenggarakan program cuci gudang untuk memberikan diskon besar-besaran menjelang musim lebaran. Strategi pemasaran seperti ini belakangan mulai dijalankan para pemilik butik, factory outlet, maupun pengusaha distro di kota-kota besar untuk meningkatkan daya tarik bagi para pelanggan.

Melalui tiga cara sederhana ini, diharapkan para pelaku usaha bisa mengoptimalkan pemasarannya dan mendatangkan untung besar ketika musim lebaran tiba. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://3.bp.blogspot.com/_jyyrmuDwKL4/THdqCZQoJFI/AAAAAAAAANk/BeRAPiyDoUI/s400/lebaran-sale-01.jpg
2. http://4.bp.blogspot.com/_Z-G85IO3Yhc/RysRsx7bQ9I/AAAAAAAAAN0/MbM7kmpBotg/s320/100_0008.jpg