Wedang uwuh merupakan minuman asli Yogyakarta terutama berasal dari daerah Imogiri, Bantul. Minuman ini merupakan campuran dari serutan kayu secang, jahe, daun pala, daun kayu manis, ranting cengkeh, cengkeh, daun cengkeh. Dalam bahasa Jawa, wedang artinya minuman sedangkan uwuh artinya sampah. Jika dirangkaikan menjadi minuman sampah. Maksud minuman sampah adalah minuman yang terdiri dari campuran beberapa bahan. Wedang uwuh ini biasa dijual di dekat makam raja-raja di Imogiri, Bantul dan dijual dalam kemasan plastik.

Video Praktisi

Strategi Pemasaran Menjalankan Usaha Konveksi

Peluang bisnis wedang uwuh sampai saat ini masih jarang yang menekuninya.  Selain belum banyak pesaing, selama ini wedang uwuh dijual hanya dalam kemasan plastik yang direkatkan dengan lilin. Oleh karena itu masih banyak yang bisa dilakukan untuk menambah nilai jualnya seperti pembuatan wedang uwuh celup atau sirup yang telah dibuat oleh mbak Syari yang tergabung dalam Protepa Jogja ini. Mbak Syari membuat kemasan yang cukup menarik untuk produk wedang uwuhnya. Sehingga dapat menarik konsumen lebih banyak. Wedang uwuh merupakan kuliner asli Imogiri Bantul, Yogyakarta, Indonesia yang harus dilestarikan. Selain rasanya yang enak, wedang uwuhpun tidak memiliki efek samping sehingga aman dikonsumsi oleh siapa saja dan mengandung beberapa khasiat antara lain sebagai aroma terapi, mengatasi capek, memulihkan stamina dan anti oksidan yang tinggi

Biasanya, minuman ini dihidangkan dalam keadaan hangat. Namun untuk yang berbentuk sirup dinikmati dinginpun  terasa enak dan segar. Sebagai pengganti gula pasir, wedang uwuh menggunakan gula batu sebagai pemanis. Rasanya akan menjadi lebih nikmat. Sensasi rasa ketika minum wedang uwuh adalah pedas, hangat, wangi dan berbagai sensasi dari bahan-bahan yang dicampurkan. Setelah di minum, badan akan menjadi hangat dan lebih segar.

Bahan-bahan terdapat dalam minuman ini ternyata kaya akan antioksidan dan memberikan efek tenang setelah meminumnya. Beberapa komponen dalam secang, cengkeh, pala, dan jahe diduga memiliki aktivitas antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa penangkal radikal bebas sehingga mampu menghambat penuaan atau kerusakan sel pada tubuh.

Radikal bebas adalah senyawa yang sangat reaktif yang berasal dari dalam tubuh sebagai hasil metabolisme dari lingkungan luar. Sumbernya seperti polusi dari kendaraan bermotor, industri, asap rokok, mesin foto copy, AC dan makanan yang tidak sehat.

Selain faktor dari luar, radikal bebas bisa juga bersumber dari internal, seperti proses alami respirasi dan fungsi metabolisme yang buruk. Radikal bebas sendiri sebetulnya memiliki arti yang penting bagi kesehatan dan fungsi tubuh yang normal, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Bila jumlahnya berlebihan dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker dan jantung koroner.
Wedang uwuh dapat dijadikan usaha yang cukup menjanjikan seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. Dengan segmentasi pasar yang jelas dan pemasaran yang efektif bisnis wedang uwuh dapat semakin berkembang. Cintai minuman Indonesia wedang uwuh, rasakan nikmat dan hangatnya.

Anda dapat membuat wedang uwuh dengan menyiapkan beberapa bahan seperti:
1.    Jahe, kayu secang, daun kayu manis, daun cengkih, daun pala, dan cengkih.
2.    Gula Batu
3.    Air panas

Cara Pembuatan :
1.    Masukkan bahan-bahan tersebut dalam air panas.
2.    Aduk hingga menghasilkan warna merah.
3.    Diamkan selama 3 menit.
4.    Setelah 3 menit masukkan gula batu kedalam cangkir.
5.    Wedang uwuh siap untuk dinikmati. Jika anda menginginkan wedang uwuh bebas ampas, Anda dapat menyaringnya terlebih dahulu.

sumber gambar : tim bisnisUKM