pemasaran distroMengusung konsep eksklusif dengan pilihan desain baju atau kaos yang inovatif, ternyata menjadi salah satu strategi jitu bagi para pelaku bisnis distro untuk menghadapi ketatnya persaingan pasar dan mendapatkan perhatian dari calon konsumen.

Video Praktisi

Kiat Memulai Bisnis Cokelat Ndalem Jogja

Meskipun saat ini persaingan di industri garmen semakin hari semakin ketat, namun segmen pasar produk distro tidaklah sama dengan produk garmen. Sehingga tidak heran bila di tengah membludaknya produk garmen dari luar negeri, keberadaan outlet distro di Indonesia malah semakin mewabah hingga berbagai penjuru daerah.

Nah, agar bisnis distro Anda bisa tetap terus eksis, berikut ini kami informasikan beberapa konsep pemasaran unik yang bisa Anda jalankan:

1. Membuat konsep unik sesuai dengan komunitas yang Anda bidik.

Seperti kita ketahui bersama, kehadiran distro sangatlah lekat dengan gaya hidup anak muda yang cenderung senang berkumpul dan bergabung dengan komunitas-komunitas tertentu sesuai dengan minat atau hobi yang mereka miliki. Karena itu untuk memenangi persaingan, tidak ada salahnya bila Anda membidik komunitas yang ada di sekitar Anda sebagai segmen pasar yang cukup potensial. Contohnya saja seperti membidik komunitas sepeda, penggemar bola, komunitas skater, distro muslimah, dan lain sebagainya. Setelah menemukan konsep yang sesuai, selanjutnya buatlah desain produk yang mewakili ciri khas komunitas tersebut, serta mulailah mendisplay outlet Anda dengan interior atau ornamen tambahan yang senada.

2. Membuat desain unik untuk memancing respon konsumen.

Selain membidik komunitas yang ada di sekitar kita, strategi pemasaran lain yang perlu Anda jalankan yaitu berani tampil beda untuk memancing minat pelanggan. Keunggulan produk distro yang dikenal masyarakat dengan sebutan limited edition (satu kali produksi untuk satu desain) ternyata tidak menjadi jaminan kesuksesan bisnis distro Anda.

Oleh karenanya, ciptakan desain yang unik, trendi, dan inovatif, agar produk Anda memiliki ciri khas tertentu serta sentuhan nilai seni yang lebih tinggi. Misalnya saja seperti mencantumkan kata-kata motivasi dalam setiap produk yang didesain, mengangkat peribahasa plesetan untuk menarik minat pelanggan, menggunakan bentuk animasi lucu sebagai ajang untuk berinovasi, atau bisa juga membuat desain sederhana dan bersih untuk membidik konsumen yang menyukai desain-desain simpel.

3. Menjalankan strategi pemasaran jemput bola menggunakan mobil distro keliling.

Tak hanya para pelaku bisnis makanan saja yang bisa menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling. Sekarang ini ada beberapa pengusaha distro yang mulai menjalankan strategi pemasaran jemput bola menggunakan mobil keliling. Mereka mendisplay produk-produknya di dalam mobil, dan berkeliling ke pusat keramaian untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Terbukti strategi pemasaran ini tidak hanya kreatif dari segi konsep, namun juga cukup efektif untuk mendongkrak penjualan produk.

4. Memperluas jangkauan pasar dengan membuka toko online.

Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet, sekarang ini strategi pemasaran online menjadi salah satu alternatif yang banyak dijalankan para pelaku usaha. Murahnya biaya promosi yang dibutuhkan dan luasnya jangkauan pasar di dunia maya, menjadikan media online sebagai lapak dagang yang cukup potensial untuk mendatangkan banyak keuntungan. Terbukti, banyak pelaku usaha distro yang mulai mendapatkan pelanggan, reseller, bahkan agen pemasaran di setiap kota, setelah mereka mempromosikan keberadaan distronya melalui dunia maya.

5. Melayani delivery order untuk memanjakan para konsumen.

Ketatnya persaingan pasar dan banyaknya distro baru yang mulai bermunculan, menuntut para pelaku bisnis distro untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk memanjakan para konsumennya. Salah satunya saja seperti melayani delivery order untuk memanjakan para konsumen yang lokasinya cukup terjangkau dari lokasi distro Anda. Strategi pemasaran seperti ini belakangan mulai dijalankan para pengusaha yang membuka lapak distro online.

Semoga kelima konsep pemasaran unik bisnis distro ini bisa memberikan manfaat bagi para pembaca dan membantu para pemula di industri distro untuk bisa mengoptimalkan pemasaran produknya dan mendapatkan untung besar setiap bulannya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses.

Sumber gambar :
1. http://www.jotravelguide.com/images/bandung/inside_of_the_DLOOPS_store2.jpg
2. http://aryonic.com/wp-content/uploads/2012/07/264232_1_Yuendang_Distro.jpg